Beranda Updates Kia Telluride Sabet World Car of the Year 2020

Kia Telluride Sabet World Car of the Year 2020

Kia Telluride

JAKARTA, Carvaganza.com – Ajang World Car of the Year 2020 diumumkan. Kia dan Porsche masing-masing menyabet dua penghargaan. Kia meraih penghargaan utama, World Car of the Year 2020, lewat Telluride. Satu raihan lain didapatkan Soul EV yang dinobatkan sebagai sebagai World Urban Car.

Kia Telluride mendapatkan nilai tertinggi dari panel juri karena desainnya yang khas dan kepraktisannya yang mengesankan. Gelar “World Car of the Year” merupakan penghargaan lain untuk kendaraan yang telah meraih lebih dari 70 penghargaan sejak diperkenalkan pada 2019.

Soul EV yang sepenuhnya merupakan kendaraan listrik dinobatkan sebagai mobil yang ideal untuk kota oleh juri, menggabungkan kinerja nol-emisi dan daya jangkau baterai yang mengesankan dengan badan yang ringkas, desain yang berani, dan kepraktisan tingkat tinggi.

“Semua orang di Kia benar-benar merasa terhormat untuk menerima tidak hanya satu, tetapi dua penghargaan dari panel juri World Car of the Year,” kata Thomas Schemera, Wakil Presiden Eksekutif dan Kepala Divisi Produk di Kia Motors Corporation. “Ini adalah salah satu kompetisi yang paling sulit di industri otomotif global, membuktikan bahwa Telluride dan Soul EV keduanya kendaraan yang benar-benar luar biasa.”

Kia Soul EV

86 Juri

Pemenang World Car Awards diputuskan oleh juri internasional independen yang terdiri dari 86 jurnalis otomotif yang sangat berpengalaman dan sangat dihormati dari 24 negara di seluruh dunia.

Kia Telluride menggabungkan desain eksterior yang kuat dengan kabin yang luas, praktis, dan berkualitas tinggi yang dapat menampung hingga 8 penumpang. Diperkuat penggerak semua roda, dan sistem bantuan pengemudi, Telluride diklaim sangat ideal untuk petualangan keluarga di dalam dan di luar jalan raya.

Sedanngkan Kia Soul EV memiliki powertrain baterai-listrik yang kuat dengan pilihan paket baterai 64 atau 39,2 kWh. Mobil ini mampu melakukan perjalanan hingga 452 kilometer dengan sekali pengisian daya (model 64 kWh). Serangkaian teknologi peningkatan jangkauan canggih, termasuk pengereman regeneratif, memastikan pengemudi dapat memaksimalkan jarak dengan sekali pengisian daya.

Mazda3

Mazda3

Sementara Mazda3 diakui di berbagai belahan dunia sebagai mobil dengan desain terbaik tahun ini. Pasalnya, baru-baru ini Mazda3 berhasil meraih titel 2020 World Car Design of The Year. Tak mengherankan bila Mazda3 meraih penghargaan bergengsi World Car Award (WCA) di kategori desain.

Urusan desain sesuai selera namun eksekusi estetika ‘Kodo’ terkini patut diacungi jempol. Dirancang dengan menganut filosofi bahwa mobil adalah sebuah seni. Pendekatan “Less is More” menghasilkan rancangan tubuh unik daripada kebanyakan pabrikan. Kontur permukaan mengedepankan permainan refleksi cahaya nan halus untuk mendefinisikan lekuk tubuh.

Rancangan ini pun sanggup memukau para juri WCA, yang terdiri dari 86 jurnalis internasional. Tidak sembarangan, sebelumnya ditunjuk tujuh panelis desainer terkemuka dunia untuk mengulas desain. Barulah rekomendasi mereka digunakan sebagai bahan penilaian. Diantaranya ada Anne Anne Asensio Gernot Bracht, Ian Callum, Patrick le Quément, Tom Matano, Gordon Murray, dan Shiro Nakamura.

Porsche Taycan

“Sebelum menerima hadiah, Mazda Motor Corporation bersimpati atas semua yang terdampak oleh virus korona,” ujar Akira Marumoto, Representative Director, President and CEO, Mazda Motor Corporation dalam keterangan resmi dari WCA. “Kami benar-benar merasa terhormat dapat menerima penghargaan World Car Design of the Year dalam tahun spesial ini, menandakan ulang tahun ke-100 Mazda. Kami akan terus menyajikan konsumen dengan keunikan produk, desain, teknologi, serta pengalaman,” tambahnya.

World Car Awards sendiri berdiri sejak 2004 oleh sekelompok jurnalis otomotif internasional. Ada lima kategori penilaian seperti World Urban Car, World Luxury Car, World Performance Car, World Car Design of the Year, sampai World Car of the Year.

Untuk World Urban Car, Kia Soul EV merebut titel dari Mini Electric dan Volkswagen T-Cross. Porsche mendominasi kategori mobil performa dengan tiga finalis yakni 911, 718 Spyder/Cayman GT4, dan Taycan. Trofi World Performance Car inipun ditujukan untuk Taycan. Tak hanya itu, sports car elektrik Porsche turut menyabet piala World Luxury Car. Kia boleh berbangga lantaran Telluride keluar sebagai pemenang World Car of the Year.

Pemenang World Car of The Year 2020:

2020 World Car of the Year: Kia Telluride
2020 World Luxury Car: Porsche Taycan
2020 Word Urban Car: Kia Soul EV
2020 World Performance Car: Porsche Taycan
2020 World Car Design of the Year: Mazda3

AHMAD KARIM | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

video

VIDEO: Mobil Toyota Paling Buas Muncul Di Trek Le Mans

SARTHE, Prancis, Carvaganza.com – Akhirnya hypercar hybrid Toyota GR Super Sport diperkenalkan untuk pertama kalinya ke publik. Padahal ini mobil sudah dijadikan bahan pemberitaan...

Velozity Chapter V – Kapur Gelar Kopdar Kemanusiaan Donor Darah

KARAWANG, Carvaganza.com -  Di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, sesama manusia harus meningkatkan saling kepedulian. Wabah Corona telah menimbulkan dampak terhadap ragam sektor...

Lengkapi Versi Hybrid, Honda CR-V PHEV Mendebut Di Pameran Beijing

BEIJING, Carvaganza.com – Ketika Indonesia masih sibuk dengan pandemi COVID-19, Cina sudah berencana menggelar pameran off-line otomotif. Bukan lagi secara virtual, melainkan sebuah kegiatan...

Karena PSBB, Daihatsu Perkecil Jumlah Karyawan Masuk Kantor

JAKARTA, Carvaganza.com – Pabrikan Daihatsu menerapkan kebijakan baru untuk menanggapi Pergub DKI mengenai penerapan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pergub DKI Jakarta itu...

TEST DRIVE: Renault Kwid Climber, Kesan yang Membekas

JAKARTA, Carvaganza.com -  Saya memarkir Renault Kwid Climber di salah satu kedai kopi di bilangan Fatmawati, Jakarta dan memilih meja di area terbuka tidak...