Beranda Updates Mudik Pakai Daihatsu, Perhatikan 9 Hal Ini

Mudik Pakai Daihatsu, Perhatikan 9 Hal Ini

JAKARTA, 27 Mei 2019Mudik menjadi salah satu kegiatan yang menuntut kondisi fisik prima baik untuk pengendara maupun kendaraannya itu sendiri, demi perjalanan yang aman dan nyaman. Karena tujuan dari mudik adalah bisa berkumpul bersama keluarga besar merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Sebelum melakukan perjalanan menggunakan kendaraan, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal penting sebagai persiapan. Baik untuk diri sendiri atau kendaraan sekalipun, penting untuk mendapat perhatian agar perjalanan mudik berlangsung lancar dan selamat di tujuan.

Daihatsu membagikan beberapa tips sebelum bepergian mudik, demi menambah keamanan dan kenyamanan untuk perjalanan yang menyenangkan, khususnya yang menggunakan kendaraan pribadi.

1. Persiapan Kondisi Kendaraan

Pastikan kendaraan dalam kondisi yang prima dan telah melakukan service rutin di bengkel resmi terdekat. Pengecekan manual juga bisa dilakukan terhadap bagian mesin seperti oli, air radiator, serta bagian kemudi seperti minyak rem, brake pad, ball joint, kondisi ban dan tekanan angin, dan juga bagian kelistrikan meliputi lampu-lampu (head lamp, fog lamp, hazard, dan lain-lain) termasuk AC.

2. Cek kaca film

Lakukan pengecekan kondisi kaca film khsusnya untuk perjalanan siang hari dan bawa pelindung mata agar tidak cepat lelah saat berkendara nantinya.

3. Pastikan perlengkapan

Bawa perlengkapan yang dibutuhkan seperti dongkrak, ban cadangan, kotak P3K, kunci-kunci, serta tool kit lainnya.

4. Pastikan kondisi fisik

Pastikan kesehatan badan dalam kondisi yang baik dan membawa obat-obatan pribadi jika diperlukan.

5. Bawa kelengkapan surat

Membawa kelengkapan surat-surat yang diperlukan dan uang tunai secukupnya.

6. Atur barang bawaan

Menaruh muatan di dalam kabin mobil sehingga lebih aman. Perhatikan juga muatan, jangan sampai menghalangi visibilitas terutama kaca spion ke arah belakang mobil.

7. Gunakan fitur sesuai peruntukan

Menggunakan fitur kendaraan sesuai dengan peruntukkan, seperti selalu menggunakan sabuk pengaman, serta menggunakan lampu hazard hanya untuk saat kondisi darurat.

8. Patuhi aturan lalu lintas

Patuhi peraturan dan rambu lalu lintas, serta selalu waspada dan memperhatikan kondisi di sekitar, hindari rem mendadak dengan selalu menjaga jarak aman, selalu hidupkan lampu sein saat ingin pindah lajur, dan jangan menelfon saat mengemudi.

9. Istirahat setiap 3 jam

Beristirahatlah apabila dalam perjalanan yang cukup panjang maksimal 3 jam setelah berkendara. Lakukan senam ringan atau istirahat kecil untuk mengembalikan kebugaran dan fokus ketika melanjutkan perjalanan.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Hyundai i20 N 2021 mendebut, Versi Kencang Hanya Tersedia Girboks Manual

SEOUL, carvaganza.com – Memang mobil-mobil kecil dengan tenaga besar agak mengalami kemunduran. Cupra Ibiza, Audi S1 dan Renault Clio R.S sudah out, tapi masih...

Kisah Penyelamatan Menembus Tembok Berlin Dengan Bersembunyi Di Dalam BMW Isetta (Chapter-3)

Klaus-Günter Jacobi berhasil membawa sahabatnya, Manfred Koster keluar dari Jerman Timur menggunakan BMW Isetta yang telah dimodifikasi. Rencananya ini dibantu dua orang pelajar yang...

Kisah Penyelamatan Menembus Tembok Berlin Bersembunyi Di Dalam BMW Isetta (Chapter-2)

Menyembunyikan orang di dalam mobil yang lebarnya tak lebih dari 127 cm dan panjang 228 cm itu jenius sekaligus gila. Jenius karena orang lain...

Kisah Penyelamatan Menembus Tembok Berlin, Bersembunyi Di Dalam BMW Isetta (Chapter-1)

Klaus-Günter Jacobi mempertaruhkan nyawanya demi menyelamatkan seorang sahabat. Sahabatnya itu ia sembunyikan di dalam mobil beroda tiga yang berukuran sangat kecil, BMW Isetta. Berikut...

Modifikasi Suzuki Jimny, Racing Style to Sleeper Style

DENPASAR, Carvaganza -- Siapa yang tidak kenal dengan Suzuki Jimny? Yup SUV buatan Suzuki ini memang tenar sejak jaman kehadiran perdananya 1979. Sebagian pemilik...