Mercedes-Benz World Premiere E-Class LWB Khusus Pasar Cina

BEIJING, carvaganza.com – Pasar mobil di Cina adalah salah satu yang unik dalam dunia otomotif. Konsumen di sana senang dengan mobil besar dan lebar. Mungkin karena jalannya besar-besar. Sehingga mendorong pabrikan mengeluarkan produk-produk versi melar dibandingkan versi regulernya.

Mobil-mobil mewah versi wheelbase lebih panjang dibanding standarnya laku keras. Yang terbaru adalah Mercedes-Benz E-Class LWB (long wheelbase) yang hanya dibuat dan dijual eksklusif untuk pasar Tirai Bambu. Kendaraan premium itu menjalani global premiere di Beijing International Automotive Exhibition 2020, yang diselenggarakan dari 26 September sampai 4 Oktober 2020.

Mercy E-Class facelift tersebut memiliki panjang 5.056 mm sehingga jarak as roda depan dan belakang melar 140 mm dibandingkan E versi regular. Bahkan lebih panjang 22 mm dibandingkan versi E-Class LWB yang diperkenalkan APM Beijing Benz Automotive Co., Ltd (BBAC) empat tahun lalu.

Baca juga: Mercedes-Benz E-Class Facelift, Makin Sporty dan Lengkap



Memanjangnya dimensi membuat kenyamanan kabin bertambah. Legroom penumpang belakang bertambah lega bin lapang. Namu kisah LWB tidak berhenti hanya pada sentuhan dimensi. Mercy E-Class spek Tiongkok juga dilengkapi dengan konsol tengah yang baru plus satu layar sentuh built-in anyar. Ditambah dengan dua USB port.

Versi Cina juga mendapat sistem infotainment MBUX terbaru dengan ragam multi fungsi yang dapat dikontrol dari layar sentuh di dashboard. Sentuhan anyaran juga diberikan pada lampu depan LED multibeam dan lampu belakang LED.

Mercedes-Benz E-Class LWB bukan hanya produk Mercy yang world debut di Beijing. Mercedes juga membawa produk lokalan V-Class dan AMG GLA 35 serta GLB 35. Tampil pula world debut Mercy S-Class (W223) sebagai produk flagship pabrikan.

Baca juga: Mercedes-Benz E-Class Hybrid Resmi Dijual di Indonesia



Seperti disinggung di atas, pasar Cina memang senang dengan mobil-mobil berbadan besar dan panjang. Makanya selain E-Class melar, BBCA sebagai mitra Mercy di Cina merilis C-Class versi panjang. Bahkan SUV GLC pun pernah dibuat panjang, diluncurkan akhir 2018, begitu juga dengan A-Class dan AMG 35. Tentunya, jika konsumen ingin membeli versi panjang harus ditebus dengan harga yang lebih mahal.

Mercy E-Class merupakan salah satu model premium pabrikan Jerman yang paling sukses di Tirai Bambu. Angka penjualan E-Class  antara 11.000 sampai 16.000 unit per bulan berdasarkan data tahun 2019.

Selain menjadi pasar mobil listrik terbesar di dunia, negeri ini juga merupakan pasar menggiurkan untuk brand-brand premium. Termasuk Mercedes-Benz sehingga mereka pun memiliki produk-produk yang secara eksklusif hanya diproduksi untuk pasar lokal saja.

Sumber: www.motor1.com dan ragam sumber. 

EKA ZULKARNAIN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda