Mercedes-Benz E-Class Facelift, Makin Sporty dan Lengkap

STUTTGART, Carvaganza.com – Sedan premium Mercedes-Benz E-Class mendapat tampilan baru pada versi facelift awal tahun ini. Karakter tampilannya kini lebih sporty, disertai rangkaian teknologi baru untuk kenyamanan, performa dan pembaruan lainnya agar semakin kompetitif hadapi BMW Seri 5. E-Class facelift ini juga termasuk model yang seharusnya diperkenalkan untuk Geneva Motor Show 2020. Batalnya pameran tidak mengurungkan niat Mercedes untuk tetap mengungkap wajah baru sedan andalannya kepada publik dunia. Ubahan tampilan E-Class ini turut berlaku untuk versi Estate, All-Terrain, serta seluruh varian AMG. Paling terlihat adalah desain lampu utama yang ukurannya mengecil, namun memiliki garis tegas dan sporty, seperti diterapkan pada GLC facelift. Jika sebelumnya E-Class dibedakan dari dua strip LED DRL, kini hanya ada satu strip DRL sebagai ‘alis’ berbentuk L. Ubahan  drastis ada pada lampu belakang, yang meruncing di sisi dalam, seperti CLS dan A-Class terbaru untuk menambah kesan lebih sporty.

Interior

Bagian interior masih menggunakan layout dashboard sama seperti sebelumnya, lengkap dengan dua buah layar 10,25 inci sebagai panel instrumen dan infotainment MBUX. Sistem infotainment juga sudah mendapat touchpad seperti model terbaru lainnya, serta voice control dan gestur tangan untuk mengendalikannya. Gaya desain baru Mercedes ditunjukkan oleh bentuk setir, yang kini palang kanan dan kiri terbelah menjadi dua. Tombol pengatur infotainment dan cruise control kini tidak lagi disertai touchpad seperti sebelumnya. Jok depan E-Class facelift disematkan fitur ‘Energizing Seat Kinetics’, yang dapat mengubah bentuk permukaannya sesuai manuver, demi postur duduk ternyaman. Kabinnya bisa menggunakan pilihan lapisan material kulit Nappa dan Artico dengan jahitan berlian. E-Class kini dilengkapi oleh banyak fitur keselamatan pendukung seperti Active Brake Assist, Active Speed Limit Assist, Active Distance Assist Distronic, Active Steering Assist, Active Blind Spot Assist, Active Parking Assist with Parktronic 360-degree Camera, serta Acfive Stop-and-Go Assist.

Plug-In Hybrid

Mercedes menawarkan lebih banyak format plug-in hybrid untuk E-Class ini, yang setidaknya ditawarkan dalam tujuh konfigurasi berbeda. Kini E-Class plug-in hybrid sudah tersedia pada versi E-Class Sedan, Estate, baik penggerak roda belakang maupun all-wheel drive, serta mesin bensin dan diesel. Melalui E-Class baru ini, kini hadir varian mesin enam silinder segaris 3.0 liter bensin untuk pertama kalinya, berkode M256. Mesin ini digabungkan dengan transmisi otomatis 9-speed yang berlabel 9G-TRONIC, seperti semua varian lainnya. Mobil ini baru akan mulai dipasarkan pada pertengahan tahun ini, termasuk untuk versi long wheelbase yang khusus untuk pasar China. Namun facelift ini belum berlaku untuk E-Class Coupe dan Cabriolet, yang menyusul akan diperkenalkan kemudian tahun ini. WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda