Membandingkan All New Honda HR-V SE dan Hyundai Creta Prime, Mana Lebih Menarik?

All New Honda HR-V

JAKARTA, Carvaganza – Tidak lama setelah ‘diusik’ oleh kehadiran Hyundai Creta pada akhir tahun 2021 lalu, Honda menjawab dengan meluncurkan All New HR-V untuk pasar Indonesia. Keduanya mengisi segmen yang sama, di mana HR-V tampil kuat sebagai penguasa pasar. Kini setelah generasi baru HR-V hadir, persaingan dengan Creta semakin kuat, baik dari sisi harga maupun spesifikasi.

KEY TAKEAWAYS

  • Harga Honda HR-V dan Hyundai Creta

    Honda HR-V SE Rp 399,9 juta dan Hyundai Creta Rp 397,5 juta
  • Menariknya,  kedua SUV ini disambut meriah dengan angka pemesanan kendaraan yang melimpah. Hyundai Creta meluncur Februari lalu dah sudah berhasil terjual sebanyak 1.265 unit. Honda melaporkan, sehari setelah perkenalannya HR-V juga sudah dipesan dengan total angka yang sama. Sangat menarik.

    Lantas bagaimana jika membandingkan kedua produk di atas kertas? Kali ini kami akan membandingkan Hyundai Creta Prime varian teratas dan HR-V terbaru varian SE. Kita singkirkan sejenak HR-V varian RS Turbo karena secara spesifikasi produk ini bermain sendiri dengan mesin turbonya dan dibanderol Rp499 jutaan.

    Hyundai Creta

    Dimensi

    All New HR-V menawarkan ukuran panjang 4.330 mm, lebar 1.790 mm dan tinggi 1.590 mm dengan jarak sumbu roda mencapai 2.610 mm. Jarak pijak depannya sejauh 1.545 mm dan jarak pijak belakang sejauh 1.550 mm.

    Baca Juga: Ragam Fitur Honda HR-V Varian Terbawah Selain Honda Sensing

    Hyundai Creta menawarkan ukuran panjang 4.315 mm, lebar 1.790 mm dan tinggi 1.630 mm dengan sumbu roda sejauh 2.610 mm. Creta menawarkan ground clearence setinggi 200 mm.

    Perbandingan ukuran ini memperlihatkan HR-V sedikit lebih panjang dibandingkan Creta. Ukuran lebarnya serupa, dengan Creta hadir lebih tinggi . Menariknya, kedua produk ini menawarkan jarak sumbu roda yang sama yakni 2.610 mm.

    Mesin

    Performa All New HR-V SE didukung oleh mesin 1.498 cc DOHC 4 silinder segaris i-VTEC + DBW (drive-by-wire). Mesin ini menghasilkan tenaga 118 hp pada putaran 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada putaran 4.300 rpm. Mesin ini lebih bertenaga 1 hp dibanding mesin model lawas.

    Hyundai Creta menggunakan mesin Smartstream G1.5 MPi inline 4 silinder 1.497 cc yang menghasilkan tenaga 113 hp pada putaran 6.300 rpm dan torsi 143,8 Nm pada putaran 4.500 rpm. Kedua produk sama-sama menggunakan transmisi CVT (Continuous Variable Transmission) yang pada Creta disebut sebagai IVT. Di atas kertas, performa mesin HR-V lebih unggul dibandingkan dengan Creta.

    Honda HR-V

    Beberapa data di atas kertas lainnya, HR-V terbaru menggunakan rem depan cakram berventilasi dan belakang cakram solid. HR-V menawarkan ukuran velg 18 inci dengan ban berukuran 225/50R18. Suspensi depannya menggunakan MacPherson Strut di depan dan H-Shape Torsion beam di belakang.

    Fungsi pengereman Hyundai Creta Prime hadir lewat pengereman cakram berventilasi model floating caliper di depan dan cakram solid dengan model floating caliper di belakang. Ukuran velg di semua varian Creta sama yakni 17 inci dengan penggunaan ban 215/60 R17. Suspensi, bagian depan Creta menggunakan MacPherson Strut dan bagian belakangnya menggunakan coupled torsion beam axle.

    Dari data ini terlihat kedua produk memberikan teknologi yang sama pada bagian kaki-kaki. Hanya soal ukuran velg Creta Prime dan HR-V SE berbeda.

    Fitur

    Kita mulai dari bagian eksterior. All New HR-V varian SE menawarkan teknologi headlamp LED dengan LED DRL (Daytime Running Light) juga lampu LED tiga dimensi di belakang. Kesan modernnya hadir dari lampu sein dengan fitur LED sequential serta fog lamp dengan LED. Varian SE sudah diberikan fitur auto foldable door mirror, rear parking camera, shark fin antenna, dan Smart Entry System.

    Hyundai Bluelink

    Pada Creta Prime, terdapat headlamp dengan fitur LED multireflektor dengan DRL LED tipe hidden khas Hyundai yang terdapat pada desain parametric jewel grille miliknya. Hadir juga shark fin antenna, high mount stop lamp dengan rear spoiler serta lampu belakang LED kombinasi.

    Masuk ke interior, HR-V terbaru varian SE menawarkan layar TFT Meter Cluster berukuran 4.2 inci, layar head unit 7 inci kapasitif dengan kemampuan memutar beragam format hiburan, sambungan smartphone, voice command dan lainnya. Head unit ini disambungkan dengan empat speaker yang berada di interior HR-V.

    Kenyamanan lainnya untuk penumpang dan pengemudi hadir dari audio steering switch, tiga mode berkendara, eco assist, fitur cruise control, lingkar kemudi dengan balutan kulit, serta kehadiran panoramic glass roof. Hadir juga beberapa USB port di baris pertama dan kedua untuk kemudahan pengisian daya gadget selama berkendara. Pengaturan AC juga sudah digital dengan tombol dial berkemampuan Auto AC serta hadirnya ventilasi AC di baris kedua.

    Beralih ke interior Creta Prime. Perhatian pertama hadir pada meter cluster berukuran 10,25 inci full TFT LCD dengan beragam informasi. Head unitnya memiliki ukuran 8 inci dengan kemampuan memutar beragam format hiburan, serta sambungan dengan telepon genggam. Pada varian ini sudah hadir sound system Bose dengan 8 speaker di dalam kabin. Head unit ini dapat tersambung dengan smartphone yang nantinya akan menyambung ke fitur voice command, serta Bluelink sebagai fitur keselamatan.

    Honda HR-V

    Beberapa fitur interior Creta Prime ini antara lain jok berbahan kulit, ambient lamp pada kabin, cooling glove box, tilt telescopic, air purifier, wireless charger, push start button, audio steering switch dan cruise control. Pengaturan AC sudah hadir full automatic temperature control, semburan AC di baris kedua, ventilated seat untuk kenyamanan serta hadirnya beberapa USB port untuk pengisian daya gadget di baris pertama dan kedua.

    Soal fitur keselamatan, All New HR-V menawarkan struktur rangka G-CON Ace dengan side impact beam. Terdapat empat airbags di depan dan samping, sabuk keselamatan di baris pertama dan kedua, ISOFIX, sensor parkir dan kamera belakang. Ada juga hill start assist, hill descent control, vehicle stability assist, emergency stop signal, dan brake overdrive system. Untuk keamanan, HR-V hadir dengan kunci smart key, auto door lock by speed, immobilizer, alarm system, rear seat reminder dan walk away auto lock.

    Tidak lupa Honda Sensing di semua varian HR-V terbaru. Honda Sensing ini terdiri dari Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC) dengan Low SpeedFollow, Auto-High Beam, dan Lead Car Departure Notification System (LCDN). Teknologi Honda Sensing sebelumnya juga telah diterapkan pada model-model seperti Honda Odyssey, Honda Accord, All New Honda Civic RS, Honda CR-V dan All New Honda BR-V.

    Bagaimana dengan Creta Prime? Fitur pengereman anti-lock braking system, electronic stability control, brake assistant control, vehicle stability management, hill start assist control, emergency stop signal dan speed sensing auto door lock. Ada juga impact sensing auto door unlock, child protector rear door lock, kamera belakang, tire pressure monitoring system, airbags enam buah di depan dan bagian samping. Masih ada fitur immobilizer, rear occupant alert dan burglar alarm.

    All New Honda HR-V

    Hyundai juga menyertakan fitur Hyundai SmartSense yang menyerupai Honda Sensing. Terdapat fitur high beam assist, forward collision avoidance assist, manual speed limit assist, lane keeping assist, lane following assist, driver attention warning, driver rear view monitor, blind spot collision avoidance assist, safe exit warning dan rear cross traffic collision avoidance assist.

    Tidak lupa fitur internet of vehicle pada Creta yang memiliki beragam fitur. Lewat aplikasi di telepon genggam, pengguna Creta dapat menyalakan dan mematikan mesin dari jauh, menyalakan AC, mengunci dan membuka pintu, menyalakan klakson dan lampu serta mampu menemukan lokasi kendaraan. Ada juga fitur SOS, road side assistance, stolen vehicle immobilization, stolen vehicle tracking dan stolen vehicle notifcation.

    Harga dan Varian

    All New Honda HR-V ditawarkan dalam empat varian. Varian termurah adalah S CVT dengan harga Rp 355,9 juta. Varian E ditawarkan dengan harga Rp 379,9 juta, SE yang dibahas di angka Rp 399,9 juta. Masih ada varian Turbo RS dengan angka Rp 499,9 juta. Ada enam varian warna yang bisa dipilih yakni platinum white pearl, crystal black pearl, meteoroid gray metallc, lunar silver metallic, sand khaki pearl dan ignite red metallic yang hadir khusus di varian Turbo RS. Warna sand khaki pearl dan ignite red metallic memiliki opsi two tone dimana konsumen menambah biaya Rp 1,5 juta untuk pemesanan ini.

    Hyundai Creta ditawarkan dalam enam varian dan empat tipe. Terdapat Creta Active dengan transmisi manual yang dibanderol Rp 279 juta, varian Trend MT yang ditawarkan dengan harga Rp 299 juta, Trend IVT dengan harga Rp 319 juta, Style IVT dengan harga Rp 359 juta, Prime IVT dengan harga Rp 397,5 juta dan Prime IVT two tone dengan harga Rp 399 juta.

    Hyundai Creta

    Hyundai juga menyertakan fitur pemesanan Hyundai My Own Creta. Program ini membuat calon pemilik Creta dapat menciptakan Creta sesuai dengan kebutuhannya, termasuk memilih fitur-fitur yang diinginkan dan tambahan body kit serta red colorpack.

    Kesimpulan

    Perbandingan di atas kertas ini memperlihatkan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing produk jika dibandingkan satu sama lain. Keduanya juga menawarkan harga yang sama yakni Rp 390 jutaan. Masing-masing juga sudah membuktikan sebagai pilihan mayoritas masyarakat dari pencapaian penjualan.

    Lalu pilih siapa? Kembali pada preferensi konsumen dan juga layanan purna jual dari masing-masing merek. Paling jelas, pertarungan medium SUV di harga serupa menjadi cukup panas dengan kehadiran kedua produk ini. Keduanya juga memberikan standar tinggi bagi siapapun rival yang akan hadir di segmen yang sama. (SETYO ADI / WH)

    Baca Juga: Laris, Pemesanan All New Honda HR-V Sudah Lebih Dari 1.200 Unit

    Pelajari lebih lanjut tentang Honda HRV

    • Tampak Depan Bawah Honda HRV
    • Tampak belakang serong HRV
    • Tampak Depan Honda HRV
    • Tampak Grille HRV
    • Fog lamp depan HRV
    • Lampu depan HRV
    • lampu belakang HRV
    • Honda HRV Drivers Side Mirror Front Angle
    • handle pintu HRV
    • Pelek HRV
    • Knalpot HRV
    • Antena atap HRV
    • Tampak depan medum angle HRV
    • Fog lamp belakang HRV
    Honda HRV
    Rp 364,9 - 515.9 Juta Cicilan mulai dari : Rp 8,33 Juta

    Mobil Honda Lainnya

    • Honda Brio
      Honda Brio
    • Honda BRV
      Honda BRV
    • Honda CRV
      Honda CRV
    • Honda HRV
      Honda HRV
    • Honda City Hatchback
      Honda City Hatchback
    • Honda Accord
      Honda Accord
    • Honda City
      Honda City
    • Honda Civic RS
      Honda Civic RS
    • Honda Civic Type R
      Honda Civic Type R
    • Honda Mobilio
      Honda Mobilio
    • Honda Mobilio
      Honda Mobilio
    • Honda WRV
      Honda WRV

    Don't Miss

    Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

    Mobil Honda Pilihan

    • Upcoming

    Pilihan mobil untuk Anda

    • Hyundai Creta
      Hyundai Creta
      Rp 288 - 404 Juta
      • Petrol
      • Crossover
      • 1497 cc
      • CVT, Manual
    • Honda CRV
      Honda CRV
      Rp 515,9 - 668.4 Juta
      • Petrol
      • Crossover
      • 1997 cc
      • CVT
    • Honda BRV
      Honda BRV
      Rp 281,1 - 348.6 Juta
      • Petrol
      • SUV
      • 1497 cc
      • Manual, CVT
    • Suzuki SX4 S Cross
      Suzuki SX4 S Cross
      Rp 340,4 Juta
      • Petrol
      • Crossover
      • 1491 cc
      • Otomatis

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Review
    • Artikel Feature