McLaren 720S, Super Series dengan Kemampuan 0-100 km/jam dalam 2,9 Detik

McLaren 720S, Super Series dengan Kemampuan 0-100 km/jam dalam 2,9 Detik
JENEWA, 10 Maret 2017 – Salah satu mobil yang paling ditunggu di ajang Geneva Motor Show 2017 alah Super Series milik McLaren. Mobil yang diplot sebagai pengganti 650S tersebut adalah Mclaren 720S. Mobil ini menjadi penanda era baru bagi McLaren.

McLaren 720S diklaim hadir dengan tawaran lebih cepat, lebih ringan dan lebih aerodinamis model Super Series dari pendahulunya, yakni 650S. McLaren 720S memiliki penggunaan struktur serat karbon baru produsen tersebut, yaitu Monocage II.

Seperti dilansir dari Carscoops, teknologi yang disematkan Mclaren di 720S akan memberikan kekuatan ekstrim, sementara kerangka aluminium angkasa pula memegang suspensi dual wishbone di depan dan belakangnya. Pengaturan ini adalah kunci untuk berat hanya 1.283 kg pada 720S - 18 kg lebih ringan dari sebelumnya.

Untuk masuk ke bagian kabin Mclaren 720S Anda membuka pintu jenis dihedral yang dibuka 80 derajat ke atas layaknya wing. Tapi ini bukan sekedar pintu. Pintu ini juga berfungsi menggantikan saluran udara bagian sisi. Bagian bawah juga dapat mengendalikan angin yang datang dar bagian depan roda.

Di dalam, walaupun banyak terdapat tombol-tombol namun suasananya nampak ringkas. Fitur utama di sini adalah McLaren Driver Interface, yang terdiri dar Folding Driver Display dan Central Infotainment Screen.



Pada Folding Driver Display, terdapat dua mode yang bisa dipilih – Full Display dan Slim Display. Mode pertama adalah layar digital berukuran penuh yang memaparkan informasi kendaraan dengan grafik yang terang. Sedangkan mode kedua lebih kecil dan hanya memaparkan informasi penting secara ringkas.

Bagian Central Infotainment Screen, yang diletakkan di tengah, tersedia berbagai fungsi seperti sistem pendingin kabin dan fungsi telefon. Di sebelahnya pula terdapat barisan tombol yang mengoperasikan sistem baru Proactive Chassis Control. Sistem ini memberikan pengemudi pilihan mode berkendara –Comfort, Sport dan Track.



Selain platform baru, styling 720S juga mengutamakan fitur aerodinamis. Pada bagian depan, perumah lampunya, selain menempatkan lampu utama dan lampu siang LED, turut memiliki jalur udara ke bagian tepi mobil. Bagian bawah di depannya juga memiliki penepis udara anti-lift untuk membuat mobil lebih stabil saat kecepatan tinggi.

“Ini adalah pertama kalinya kami telah menggantikan keluarga produk dan 720S baru benar-benar benar untuk semangat kepeloporan McLaren dalam menjadi depan lompatan revolusioner, baik untuk merek kami dan segmen supercar,” kata Mike Flewitt, Chief Executive Officer McLaren Automotive.



Bagian belakang mengingatkan kita pada masa kejataan Le Mans. Sedangkan bagian sayap, McLaren menghunakan trik yang membuat active wing kini bisa berperan dalam membantu pengereman seperti pada P1 dan 675 LT. Bagian belakang juga terlihat ruang mesin yang diterangi lampu untuk menunjukkannya secara lebih jelas.

Nah, bagaimana dengan mesin. Mclaren 720S menggunakan mesin M840T 4.0 liter twin-turbo V8 bertenaga 720 PS pada 7.500 rpm dan 770 Nm torsi pada 5.500 rpm. McLaren bukan sejauh membesarkan silinder dari 3,8 liter M838T, bahkan 41% bagian dalam mesin juga adalah baru.



Semua kekuatan ini disampaikan ke roda belakang melalui gearbox kopling ganda tujuh kecepatan SSG, yang selanjutnya memungkinkan kendaraan ini melaju dari 0-100 km/jam dalam waktu hanya 2,9 detik dan berhenti dari 100-0 km/jam dalam waktu 2,8 detik. Sedangkan kecepatan maksimum mencapai 341 km/jam.

McLaren sudah membuka pemesanan bagi mereka yang tertarik. Jika Anda berminat, siap-siap memrogoh kocek sekitar 208.600 pound sterling, ini baru harga di Inggris. Ada tiga varian yang ditawarkan yaitu Standard, Performance dan Luxury.

https://www.youtube.com/watch?v=qONckKNrkT8

RAJU FEBRIAN

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya