Beranda Updates Lebih Pilih Ricciardo, Vettel Ternyata Bukan Prioritas McLaren

Lebih Pilih Ricciardo, Vettel Ternyata Bukan Prioritas McLaren

Foto: www.thestar.com

WOKING, Carvaganza.com – Siklus perpindahan pembalap tim besar Formula 1 untuk 2021 sekiranya sudah terungkap, dengan pengumuman Carlos Sainz dan Daniel Ricciardo. Lalu, ke mana Sebastian Vettel akan berlabuh musim depan, dengan kursi McLaren telah diisi oleh Ricciardo.

Sebelum memutuskan hengkang dari Ferrari, Vettel ramai diisukan akan pindah ke McLaren. Namun akhirnya tim asal Inggris tersebut memilih Ricciardo daripada Vettel. Rupanya, Vettel tidak pernah benar-benar menjadi incaran bagi McLaren untuk direkrut.

CEO McLaren Racing, Zak Brown mengatakan langsung hal tersebut, meski Vettel memiliki track record sebagai juara dunia empat kali. “Tentunya Seb adalah pembalap yang hebat dan seorang juara empat kali. Tapi saya pikir kami cukup jauh dari luar musim dan sudah tahu kami akan pilih antara Daniel atau Carlos,” kata Brown dilansir Sky F1.

“Kami tidak pernah benar-benar tertarik oleh siapa pun di luar itu, dan terutama dengan berita terbaru Seb – kami berada di ujung jalan pada saat itu,” tambah dia.

Kemana Vettel?

Dengan belum adanya tim baru untuk berlabuh musim depan, Brown juga memprediksi masa depan Vettel setelah 2020. Dirinya menebak Vettel akan mengambil keputusan untuk pensiun dari F1. Terlebih saat ini nyaris tidak ada peluang nyata untuk pindah ke tim papan atas lain.

Begitu juga dengan musim terakhirnya bersama Ferrari, Brown prediksi akan terjadi friksi kuat antara Vettel dengan rekan setimnya, Charles Leclerc. Kedatangan Leclerc yang kemudian menjadi prioritas Ferrari diyakini telah membuat Vettel tidak betah di Ferrari, tanpa ada status nomor satu.

“Jelas itu bukan lingkungan yang baik di dalam garasi Ferrari saat ini dengan para pembalap dan manajemen, tampaknya bukan keluarga yang bahagia saat ini,” lanjutnya.

Peluang

Bagaimana dengan tim lain? “Yang menurut saya akan menjadikan balapan cukup seru di 2020 karena saya rasa kita lihat di Brazil percikan yang tidak terhindarkan dan menumpuk. Itu sangat tergantung, kalau Seb melihat sekitarnya, tampak tidak ada peluang di Mercedes atau Red Bull untuknya, tidak ada peluang McLaren untuknya, jelas bukan di Ferrari, jadi yang terbaik berikutnya adalah Renault.

Renault sendiri saat ini bukanlah tim yang punya kemampuan nyata untuk meraih kemenangan, apalagi bertarung raih gelar juara. Bahkan kabarnya Renault siap memboyong lagi Fernando Alonso yang sudah tinggalkan F1. Situasi ini memberikan tekanan semakin kuat untuk Vettel mencari tim baru.

Salah satu hal yang mengganjal Vettel untuk bergabung ke tim lain adalah gajinya yang terbilang tinggi, di saat kondisi keuangan para tim sedang menurun. Tidak adanya balapan karena ditunda dan dibatalkan berpengaruh pada pemasukan tim yang jauh berkurang.

Sumber: Sky Sport, Crash

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto