Lebih Dekat Lagi Dengan Kemewahan dan Safety Kia Grand Carnival

Kia Grand Carnival

JAKARTA, Carvaganza - Kehadiran Grand Carnival menjadi penegasan arah bisnis Kia di Tanah Air. Brand asal Korea Selatan itu ingin menyajikan portfolio lengkap untuk memenuhi semua karakter konsumen di Indonesia. Grand Carnival memang bertransformasi menjadi High Multi Purpose Vehicle (High MPV). Di mana tak hanya rasa nyaman yang menjadi faktor utama, tapi juga rasa mewah yang dapat meningkatkan prestise sang pemilik.

KEY TAKEAWAYS

  • Merek sistem audio yang terpasang di Kia Grand Carnival?

    Bose premium sound system yang didukung oleh 12 speaker.
  • Apa saja fitur safety yang terpasang di Kia Grand Carnival?

    Di antaranya Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Stability Control (ESC) dan Hill Start Assist (HAS) dan Forward Collision – Avoidance Assist (FCA) + Junction Turning.
  • Beragam fitur disematkan, termasuk perlindungan yang sudah menganut semi-otonom kekinian. Hal ini tentu bisa menjadi bahan pertimbangan Anda yang ingin mencari MPV mewah. Disuguhkan dalam dua varian, yakni CRDi – Premiere yang merupakan varian tertinggi seharga Rp 908 juta, dan CRDi – Dynamic di angka Rp 808 juta. Apa saja fitur kenyamanan dan keselamatannya?

    Fitur Kenyamanan

    Dari luar, paling mencolok adalah dual power sunroof. Mungkin untuk sebagian orang fitur ini tak perlu-perlu amat. Namun, tidak dapat dipungkiri kehadirannya dapat meningkatkan aura mewah kendaraan. Secara fungsi juga bisa dimanfaatkan pengguna dalam memaksimalkan sirkulasi udara dan meningkatkan rasa lapang secara visual.

    Masuk ke kabin, head unit masif menyambut. Berukuran 12,3 inci, modelnya floating atau timbul dari dasbor. Posisinya jadi terasa pas bagi pengemudi maupun penumpang depan untuk mengaksesnya. Tentu saja layar sentuh ini dapat memutar berbagai media, termasuk dari smartphone melalui piranti konektivitas.

    Kia Grand Carnival

    Berkat sambungan tersebut, mencari jalan juga lebih praktis. Lantaran bisa menampilkan peta dengan jelas, karena dukungan ukuran layar. Perangkat itu turut didukung sistem audio mumpuni dari BOSE premium sound system. Terdapat 12 speaker yang tersebar di seluruh kabin. Memastikan penerimaan suara merata kualitasnya.

    Komponen lain yang sebenarnya bukan bagian dari entertainment, tapi bisa menghibur pengemudi adalah panel instrumen. Ukurannya juga 12,3 inci dan penempatannya seolah menyatu dengan head unit, lantaran berada dalam satu bingkai. Bersifat digital, tampilannya atraktif dengan permainan warna dan detail kompleks. Beragam informasi terkait mobil bisa ditemukan di sini.

    Baca juga: Berlebaran Dengan Kia Seltos GT Line, Seberapa Asik Sensasinya?

    Selain digital cluster, terdapat pula Drive Mode Selector dan Paddle Shift Levers. Sesuai namanya, pengemudi dapat mengatur mode berkendara yang tentu mempengaruhi karakter mesin. Terdapat opsi Eco agar lebih hemat bahan bakar, Normal, Sport untuk pengalaman lebih seru dan Smart yang merupakan kombinasi semuanya. Sementara Paddle Shift Levers mengizinkan pengemudi memainkan perpindahan gigi, meski sebenarnya Grand Carnival memakai sistem transmisi otomatis. Perpaduan perangkat tersebut bisa jadi hiburan tersendiri yang sangat menarik untuk dicoba.

    Kembali ke fitur kenyamanan, MPV berdimensi 5.155 mm x 1.995 mm x 1.750 mm (PxLxT) ini dilengkapi Smartphone Wireless Charger. Posisinya di baris depan. Meski begitu, penumpang belakang tak perlu khawatir harus mengirim gadgetnya ke depan. Soalnya colokan daya juga disediakan di tiap baris. Fitur kenyamanan berikutnya adalah pendingin kabin. Punya konfigurasi 3-zone, artinya masing-masing area bisa diatur sesuai kebutuhan, bukan seragam.

    Urusan berkendara ada kemudahan berupa Smart Cruise Control (SCC). Sesuai namanya, mobil bisa berakselerasi atau deselerasi tanpa menginjak pedal gas maupun rem. Sistem secara langsung mendeteksi kecepatan kendaraan di depan, kemudian mengikutinya dengan batas jarak aman.

    Interior Kia Grand Carnival

    Safety Kia Grand Carnival

    Banderol yang tidak bisa dikatakan murah, perlindungan total terhadap pengguna menjadi kewajiban Kia ketika menyajikan Grand Carnival. Sebagai permulaan, perangkat safety standar yang umum ditemukan pada mobil-mobil sekarang tentu saja sudah diaplikasikan. Mulai dari Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Stability Control (ESC) dan Hill Start Assist (HAS).

    Airbags sudah 7 buah yang tertanam di beberapa sisi, yakni bagian depan pengemudi dan penumpang depan, lutut, di sisi depan dan seluruh kaca samping. Lanjut soal parkir, terbilang mudah memarkirkan mobil berbadan besar ini. Bagaimana tidak, selain punya 8 sensor yang tertanam di sekitar bodi depan dan belakang, ada kamera yang mencakup seluruh area. Dinamakan Surround View Monitor, ditampilkan di layar head unit.

    Naik ke yang lebih canggih ada beberapa fitur. Pertama yakni Forward Collision – Avoidance Assist (FCA) + Junction Turning. Ia menggunakan kamera dan radar depan untuk mendeteksi kendaraan atau objek bergerak lain di depan. Ketika mendapati bahaya menabrak, FCA memberikan peringatan kepada pengemudi, sekaligus melakukan aksi pengereman otomatis. Ini dipadukan Junction Turning yang memaksimalkan jangkauan deteksi dari samping.

    Smart Cruise Control Kia Grand Carnival Smart Cruise Control Kia Grand Carnival

     

    Lanjut Blind-Spot Collision – Avoidance Assist (BCA). Berguna ketika akan pindah jalur. Sistem membaca kendaraan lain yang berada di blind spot, lalu mengirimkan peringatan ke pengemudi. Bila hal tersebut tak diindahkan, BCA langsung mengambil alih. Berguna juga ketika keluar parkir paralel.

    Perangkat di atas turut dibantu Blind-Spot View Monitor (BVM). Lantaran ada kamera di spion, proyeksi dari sisi kendaraan akan ditampilkan di panel instrumen. Jadi bisa mengawasi jalur sebelah dengan lebih praktis. Masih ada lagi, yaitu Lane Following Assist (LFA) dan Lane Keeping Assist (LKA). Masing-masing berfungsi memperingatkan dan menjaga mobil tetap berada di tengah jalur bermarka.

    Terakhir fitur kecil tapi sangat bermanfaat. Seperti Auto Wiper yang dapat menggerakkan wiper secara otomatis ketika terdeteksi bintik air. Kemudian headlamp dengan fitur Auto Light Levelling yang mengontrol cahaya penyinaran saat kondisi beralih dari terang ke gelap. Ditambah headlamp berfitur Auto Levelling, mengatur arah pencahayaan sesuai bobot yang ditampung mobil. Sehingga arahnya tidak mendongak dan mengganggu pengendara lain. Serta spion dengan heater, sangat bermanfaat ketika cuaca dingin penyebab kaca berembun.

    Dari penjabaran fitur kenyamanan dan safety, Kia Grand Carnival bisa menjadi pilihan. Apalagi bagi yang bosan dengan pilihan High MPV yang itu-itu saja. Kelengkapannya sudah cukup dan mumpuni, meski memang harus merogoh kocek cukup dalam untuk meminangnya. (MUHAMMAD HAFID/EK)

    Baca juga:  Desain Baru All New Kia Grand Carnival Ingin Goda Kaum Hawa Tanah Air

    Pelajari lebih lanjut tentang KIA Grand Carnival

    • Tampak Depan Bawah KIA Grand Carnival
    • Tampak Depan KIA Grand Carnival
    • Tampak atas Grand Carnival
    • Tampak Grille Grand Carnival
    • Fog lamp depan Grand Carnival
    • Lampu depan Grand Carnival
    • Pelek Grand Carnival
    • Tampak belakang Grand Carnival
    • KIA Grand Carnival Front Side View
    • Tampak depan medium KIA Grand Carnival
    KIA Grand Carnival
    Rp 808 - 908 Juta Cicilan mulai dari : Rp 18,44 Juta

    Mobil KIA Lainnya

    • KIA Sonet
      KIA Sonet
    • KIA Seltos
      KIA Seltos
    • KIA Sonet 7-Seater
      KIA Sonet 7-Seater
    • KIA Carens
      KIA Carens
    • KIA Grand Carnival
      KIA Grand Carnival
    • KIA Grand Sedona
      KIA Grand Sedona
    • KIA Picanto
      KIA Picanto
    • KIA Rio
      KIA Rio
    • KIA K2700
      KIA K2700

    Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

    Mobil KIA Pilihan

    Pilihan mobil untuk Anda

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Review
    • Artikel Feature