Beranda New Cars Lamborghini Siapkan Supercar Spesial Berbentuk Speedster

Lamborghini Siapkan Supercar Spesial Berbentuk Speedster

SANT’AGATA, Carvaganza.com – Model speedster sepertinya telah menjadi tren baru di kalangna pabrikan supercar, hampir dua tahun terakhir ini. Kini giliran Lamborghini yang ketahuan sedang mempersiapkan satu model istimewanya, yang berbentuk speedster. Mobil baru ini diuji di sirkuit balap, tanpa memiliki atap.

Sosok prototipe ini dilansir oleh Lamborghini langsung, melalui divisi Squadra Corse, yang merupakan divisi motorsportnya. Sejauh ini, supercar speedster yang dimaksud belum memiliki nama dan jadwal peluncuran. Namun, sosoknya sepintas mirip dengan Essenza SCV12, hypercar khusus sirkuti yang Lamborghini rilis belum lama lalu.

Desain mobil ini cenderung meneyrupai Aventador SVJ dan Sian FKP 37, bila dilihat dari belakang. Komposisi bentuk sayap belakang, knalpot dan fascia belakang yang dipakai tampak masih satu basis. Hal ini mengisyaratkan calon speedster Lamborghini ini akan bisa digunakan di jalan raya, alias road legal. Siluet sampingnya juga masih identik dengan Aventador, hanya kehilangan atap dan kaca depan.

Lamborghini Sian FKP 37

Pabrikan asal Bologna, Italia ini melansir foto prototipe ini dengan pesan “Attenzione macchina veloce aperta”. Kalimat tersebut jika diartikan adalah, “Perhatian: mobil kecang (atap) terbuka”. Tidak banyak informasi tersedia sejauh ini terkait sosok berkamuflase oranye tersebut.

Yang pasti, Lamborghini akan melahirkan Kembali sebuah speedster, untuk ikut bermain dengan Ferrari Monza SP1/SP2, McLaren Elva, dan Aston Martin V12 Speedster. Namun ini bukan akan menjadi speedster pertama hasil kreasi Lambo’. Pada tahun 2005, pernah dibuat Concept S berbasis Gallardo, yang tidak diproduksi. Kemudian pada 2012 lalu, pernah dibuat Aventador J Speedster yang diproduksi hanya 1 unit.

Prediksi saat ini, kemungkinan Lamborghini tidak akan membuat speedster terbaru ini hanya sebanyak 1 unit. Itu terkait dengan situasi ekonomi global di tengah masa pandemi saat ini. Kemungkinan aka nada jumlah setidaknya puluhan unit dibuat, dengan tetap menjaga eksklusivitasnya.

Lamborghini Aventador SVJ

Spesifikasi juga belum tersedia informasinya. Namun bisa saja mengadopsi powertrain yang digunakan oleh Sian FKP 37, yaitu mesin V12 6,5 liter bertenaga 818 hp, dengan sokongan sistem hybrid. Dengan akselerasi 0-100 km/jam lebih singkat daripada Aventador SVJ, mesin ini sanggup diajak berlari hingga 350 km/jam.

Antara dua kemungkinan, apakah speedster ini akan menjadi varian spesial dari Sian FKP 37 atau Essenza SCV12. Sian sendiri sudah mendapatkan versi roadster, yang diproduksi hanya 19 unit. Namun jika melihat keseluruhan wujudnya sejauh ini, sepertinya akan menjadi derivatif dari Sian, menjadi mobil road legal.

Saat nantinya benar diluncurkan sebagai model produksi, artinya speedster Lamborghini akan menjadi salah satu model pertama di bawah kepemimpinan baru. Seperti diketahui, Stefano Domenicali akan meninggalkan posisinya sebagai CEO, untuk menjadi presiden dan CEO Formula 1 tahun depan.

Sumber: Autocar, Carscoops

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Generasi Baru Mazda2 akan Pinjam Basis Yaris Hybrid

HIROSHIMA, Carvaganza.com – Bila ingat beberapa tahun lalu, Mazda dan Toyota menjalin kemitraan yang salah satunya diwujudkan lewat rebranding Mazda2. Saat itu, Mazda2 digunakan...

Kisah Nyata Di Balik Mercedes-Benz 600 Pullman John Lennon

JAKARTA, carvaganza.com – Tak ada nama yang lebih tenar selain dari John Lennon dalam hal perdamaian dunia. Bebeda dari John F. Kennedy atau tokoh...

Nissan Terra Dapat Facelift, Adopsi Nama SUV Klasik

YOKOHAMA, Carvaganza.com – Setelah cukup lama beredar, Nissan Terra akhirnya resmi mengalami penyegaran alias facelift tahun ini. Untuk versi improvement ini, Nissan mengadopsi nama...

MODIFIKASI: Mitsubishi Bravo, Yang Masih Sedarah Dengan Suzuki Every Dan Wuling

NEW YORK, carvaganza -  Ada yang pernah dengar Mitsubish Bravo? Mungkin tak pernah karena nama itu tak familiar dan memang nama mobil tersebut tak...

Tertarik Balapan Lain, Audi akan Tinggalkan Formula E

INGOLSTADT, Carvaganza.com – Audi memberikan kejutan di akhir tahun 2020 ini, dengan mengumumkan akan menyudahi partisipasinya di Formula E. Strategi baru Audi di motorsport...