Beranda Updates Kemenperin Terus Dorong Penggunaan AMMDes dan Esemka

Kemenperin Terus Dorong Penggunaan AMMDes dan Esemka

BENGKULU, 24 September 2019 — Kementerian Perindustrian memfasilitasi sejumlah pelaku industri dalam negeri untuk ikut berpartisipasi dalam gelaran Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XXI tahun 2019 di Bengkulu. Kegiatan yang diselenggaran oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) ini akan berlangsung di Bengkulu selama 4 hari, pada 22-25 September 2019.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin, Putu Juli Ardika mengatakan Kemenperin menampilkan produk unggulan dari PT. Solo Manufaktur Kreasi (SMK), PT. Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI), dan PT. Sefator Deos Maks. Selain itu, Kemenperin menampilkan produk hasil riset Balai Besar dan Balai Riset dan Standarisasi (Baristand) Industri.

Putu menjelaskan, pihaknya mendukung penuh pelaksanaan TTG nasional ini karena menjadi ajang bagi para inventor, kreator, dan inovator teknologi dari desa-desa di berbagai daerah untuk mempromosikan hasil temuannya. Apalagi, tema tahun ini mengaitkan dengan upaya meningkatkan inovasi teknologi dalam kesiapan menyongsong era industri 4.0, yang dapat dimanfaatkan bagi masyarakat pedesaan.

“Guna mendukung tujuan tersebut, maka kami tunjukkan beberapa karya anak bangsa dari industri kita. Contohnya, Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) yang diproduksi PT KMWI telah mendapat pujian dari Bapak Eko Putro Sandjojo karena dapat meningkatkan produktivitas di pedesaan secara lebih efektif sehingga mendorong kegiatan ekonomi dan penguasaan teknologi tepat guna,” katanya di Jakarta, hari ini (24/9).

Gelar TTG Nasional XXI dibuka secara resmi oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo pada Minggu (22/9). Mendes PDTT melihat langsung dua unit AMMDes, yakni yang menggunakan aplikasi pengolah serabut kelapa dan perontok multiguna.

Dalam waktu dekat, AMMDes pengolah serabut kelapa akan dilakukan pilot project di Kabupaten Indragilir Hilir, Kab. Pangandaran dan Kab. Ciamis dengan menggandeng koperasi dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di wilayah setempat. Sementara itu, AMMDes perontok multiguna bisa dimanfaatkan sebagai pengupas berbagai komoditas, di antaranya beras, jagung, dan kopi.

“Sangat luas penggunaannya. Karena AMMDes ini juga dilengkapi power take off (PTO), yang bisa menggerakkan alat-alat pertanian dan defential lock dengan ban yang bisa disesuaikan dengan medan jalannya, sehingga tidak selip untuk menempuh medan ekstrim dan infarstruktur minim,” jelas Putu.

Selanjutnya, para pengunjung Gelar TTG Nasional XXI cukup antusias memperhatikan mobil Esemka yang tengah dipajang, yaitu tipe pick up dengan merek Bima. Kendaraan produksi PT SMK ini telah melakukan kerja sama dengan 30 industri komponen lokal.

Pada tahun pertama, PT SMK menargetkan produksi sebanyak 3.500 unit pick up Bima. Pabrik yang beroperasi di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah ini akan menyerap tenaga kerja lokal hingga 300 orang. “Kami mengapresiasi kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu yang menandatangani pembelian 12 unit Esemka. Kami juga optimistis, Esemka dapat meningkatkan produktivitas masyarakat desa,” ungkapnya.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menegaskan, pihaknya bangga terhadap kehadiran mobil Esemka sebagai produk industri dalam negeri. Oleh karenanya, Pemerintah Provinsi Bengkulu berminat untuk memesan karya anak bangsa tersebut.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza



Last Updates

Astra Peugeot Ikut Dukung Meet Up Komunitas Mobil Perancis

JAKARTA, 21 Oktober 2019 – Akhir pekan lalu di Jakarta digelar Saturday French Automobile Meet Up (SFAM) 2019, yang menjadi tempat berkumpulnya mobil dan...

Pekan Raya Suzuki New Carry Meriahkan Kota Cirebon

JAKARTA, 21 Oktober 2019 – Guna lebih memperkenalkan Suzuki New Carry pada konsumen, PT Cinta Damai Putra Bahagia (PT CDPB)...

Sudah Bangkrut, Merek Hummer akan Bangkit Lagi?

DETROIT, 21 Oktober 2019 – Masih ingat merek Hummer?  Pabrikan SUV berukuran besar itu telah dinyatakan bangkrut saat ditutup oleh General Motors (GM) pada...

Toyota C-HR Facelift Ada Versi Transmisi Manual

TOKYO, 21 Oktober 2019 -- Toyota C-HR facelift sudah dijual di pasar Jepang. Tampilannya makin sporty dengan tambahan varian GR...
video

VIDEO: Mobil-Mobil Polisi Keren di Berbagai Negara

JAKARTA, 21 Oktober 2019 – Di Indonesia, mobil polisi umumnya berjenis sedan dan digunakan untuk kegiatan patroli, baik itu di jalan raya maupun lingkungan...