Jeep Wrangler BEV Sudah Bisa Diintip

JAKARTA, CARVAGANZA  Jeep Wrangler BEV versi konsep dipastikan akan diperkenalkan Maret 2021 mendatang. Inilah cikal bakal Jeep Wrangler dengan tenaga listrik yang menggantikan mesin legedaris Hemi.

Video dengan judul The Road Ahead dirilis Jeep pada laman resminya memastikan itu. Video itu menampilkan perjalanan Jeep di masa lalu menuju  masa depan lewat kendaraan listrik. Beberapa model Jeep yang sudah resmi menggendong mesin listrik pun muncul di video berdurasi 1 menit 25 detik tersebut.

Perubahan yang paling menonjol tampak pada desain grill yang tampaknya agak berbeda dengan model terdahulunya. Selain itu, desain headlightnya pun berubah dan terlihat lebih modern. Beberapa detail juga tampak pada video teaser tersebut hingga sekilas pada interior tersemat beberapa layar hiburan di tengah dashboard

Wrangler BEV dipastikan akan menggunakan sumber tenaga full listrik. Beberapa sumber juga menyatakan bahwa Wrangler BEV ini akan menggunakan sistem penggerak all wheel drive.

Jeep

Namun demikian, pabrikan sepertinya tetap menyediakan tuas transfer case demi mendukung kemampuan off-road. Namun detail-detail yang lebih akurat akan benar-benar terlihat saat peluncuran Wrangler BEV konsep bulan depan. Jika nanti versi konsepnya juga dibuatkan versi produksinya dan resmi dipasarkan, ia akan beradu gengsi dengan sesama off-roader listrik lain seperti, GMC Hummer EV yang diluncurkan belum lama ini.

Sedangkan saudara kecilnya Jeep Wrangler 4xe sudah diluncurkan pada September 2020 lalu. Mesin yang digendong adalah 4-silinder 2.0-liter Turbo yang mampu menghasilkan tenaga 270 hp dan torsi 400Nm. Menambah performa dan efisiensinya, terdapat perangkat motor listrik di roda belakangnya yang meningkatkan tenaga gabungan menjadi 375 hp dan torsinya menjadi 637 Nm. Menariknya, hanya dengan bekal motor listriknya saja, Wrangler 4xe mampu menjelajah hingga 40 km tanpa melepas emisi ke alam bebas.

Jeep

Jeep juga menjaga perangkat listriknya tetap aman saat melewati medan-medan berat seperti jalan bebatuan bahkan menyelam di air. Pasalnya, dengan kemampuan Wrangler 4xe melewati kubangan air sedalam 76 cm, semua sistem listriknya itu dilapisi material kedap air. Kemampuan ini juga yang digadang-gadang akan dimiliki oleh Wrangler BEV.

Jeep Wrangler BEV konsep akan melakukan debutnya di gelaran Easter Jeep Safari 2021 di Moab, Utah, AS. Tentu saja kehadirannya ini melengkapi model Jeep Wrangler yang sudah mengarah pada tenaga listrik. 

Berita Jeep lainnya:

Jeep Bakal Siapkan Penantang Fortuner dan Pajero Sport

JAKARTA, carvaganza -  PT DAS Indonesia Motor telah tampil menggantikan HASCAR Group sebagai APM baru Jeep di Indonesia. Pada pengumuman resmi PT DAS sebagai APM pada tanggal 30 November kemarin, APM juga merilis Jeep Gladiator Rubicon.

Tapi ada berita yang tidak kalah menarik dari Rubicon. PT DAS Indonesia Motor (DIM) juga akan mendatangkan SUV tujuh penumpangnya. Ia digadang menjadi penantang utama Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

Perjalanan Jeep sendiri memasuki babak baru dengan hadirnya DAS Indonesia selaku distributor tunggal. Beragam visi dan misi pun digagas guna memuaskan pemilik mobil Jeep. Mulai dari peningkatan layanan purna jual, hingga ketersediaan jaringan pemasaran yang lebih luas. Kendati begitu, hal tersebut hanyalah bagian dari rencana mereka dalam dua tahun ke depan. Toh, opsi berupa produk baru jua menjadi hal yang tak kalah penting untuk ditawarkan.

Rancangan itu bahkan sudah diungkap saat pengumuman resmi DIM sebagai APM Jeep, Senin (30/11). Dari rencana produk yang akan rilis di Tanah Air tersebut, terdapat satu unit berspesifikasi menarik di kolom produk 2022. Ada sebuah SUV tiga baris yang terindikasi mirip dengan Jeep Compass dengan kabin tujuh penumpang. Bukan hal baru mengingat isu ini sudah berembus sejak tahun lalu, termasuk soal produksi yang berlangsung di India. Tapi, kepastian ihwal kehadirannya kian benderang pasca kedapatan melakoni pengujian di jalanan, September lalu.

Jeep

Seperti pemaparan Cardekho, fasadnya menyerupai Compass lima penumpang. Hanya saja terdapat perbedaan impresi mulai dari desain lampu utama, grille maupun bumper. Dikatakan pula, dimensinya lebih besar dari Compass dan Wrangler. Namun, lebih kecil dari Grand Cherokee. Ada kemungkinan mirip Jeep Grand Commander - SUV 7-seater peruntukan pasar Cina.

Untuk sumber tenaga, diprediksi mengalokasi dua jenis mesin yakni diesel dan bensin. Untuk versi diesel, ada probabilitas menggunakan platform serupa dengan Compass. Karena jantung pacu 2.0-liternya terbukti sanggup memuntahkan tenaga 167,6 Hp dan torsi 350 Nm serta konsumsi bahan bakar tergolong efisien.

Dua pilihan transmisi juga ditawarkan, manual 6-speed atau otomatis 9-speed. Perkiraan untuk versi bensin, sama dengan yang bersemayam di Grand Commander atau Wrangler JL. Berkubikasi 2.0-liter turbo, dengan output berkisar 234-275 PS. Tentunya dikawinkan dengan transmisi otomatis 9-speed dan versi manual guna menjaga harganya tetap kompetitif.

Jeep

Mengenai kemampuan, tentu tak menghilangkan taji Jeep. Daya jelajah luas alias sanggup melahap medan offroad, tetap dipertahankan. Sekaligus nyaman digunakan untuk keluarga sekalipun. Nah, model mendatang ini, berhadapan dengan SUV 7-Seater ladder frame semacam Toyota Fortuner maupun Pajero Sport. Akan tetapi, mesti melihat lagi dukungan fitur yang disematkan Jeep terhadap SUV barunya nanti. Walau pada akhirnya, bakal berdampak pula terhadap harga jual. Jika menilik harga jual sang kompetitor - Dijual mulai Rp 500 jutaan, rasanya kecil kemungkinan SUV 7-seater Jeep dipatok selevel. Walau begitu, setidaknya ada opsi baru yang ditawarkan Jeep kepada calon pembeli high SUV di masa mendatang.

"Jeep akan bertransformasi dari niche market ke volume market. Makanya nanti akan ada produk yang cocok untuk pasar Indonesia," kata Dhani Yahya, Chief Operating Officer DAS Indonesia Motor. Bukan tidak mungkin nantinya, SUV tiga baris inilah yang bakal jadi primadona Jeep di Tanah Air. Dari segi harga jelas menarik andaikan dipasarkan tak lebih dari Rp 700 juta. Bandingkan dengan varian Jeep lain semisal Wrangler Sport, Sahara atau Rubicon yang berlabel di atas Rp 1 miliar.

Untuk informasi tambahan. Selain SUV 7-seater, Jeep Indonesia juga bakal merilis produk lainnya mulai tahun depan. Dari Jeep Compass 1.4 L Facelift, Compass edisi 80th Anniversary, Gladiator 80th Anniversary, All New Grand Cherokee 3.6 L 3-Row dan All New Grand Cherokee 2.0 L 2-Row.

ALVANDO / RS

Artikel yang direkomendasikan untuk anda