JDM Mania Wajib Tahu! Fakta Seputar Nissan GT-R Nismo dari Masa ke Masa

Nissan GT-R Nismo

JAKARTA, Carvaganza – Penggemar mobil sport asal Jepang pasti familiar dengan Nismo. Divisi motorsport Nissan ini menghasilkan mobil-mobil yang jauh lebih kencang dan lebih sporty dibanding varian standarnya. Mobil-mobil yang disentuh tangan dingin para mekanik Nismo diantaranya, Nismo 370ZS, Nismo Juke dan bahkan Nismo Leaf.

Namun diantara karya mereka tersebut, satu yang pantas mendapat predikat raja, yakni Nismo GTR. Mahakarya terbaiknya ini biasanya dibuat terbatas dengan tingkat kesempurnaan tinggi yang didedikasikan sebagai mobil sport jalan raya terbaik yang ekonomis. Berikut ini kami urai beberapa hal terbaik dari Nismo GT-R.

1. Asal muasal Nismo

Nissan GT-R Nismo

Sebelumnya Nissan memiliki dua divisi motorsports. Tahun 1960-an mereka mendirikan Oppama Works yang juga dikenal sebagai Publication Division 3. Berkantor di pabrik Nissan di Oppama, divisi ini fokus memenuhi pesanan tim balap perseorangan. Nissan juga punya Ōmori Works Special Car Testing Division yang berpusat di pabrik Nissan di Omori. Divisi ini punya tugas utama melakukan pengembangan kendaraan untuk kebutuhan operasional pabrik.

Nissan GT-R Nismo

Kedua divisi ini digabung dengan spesialisasi khusus menciptakan mobil balap yang hebat pada 1984. Divisi ini juga menjadi tim pendukung untuk tim balap Formula 3 mereka di Jepang. Tahun 1988, Nismo membangun mobil pertamanya yang dinamakan Saurus. Nissan mengadakan kejuaraan One Make Race khusus menggunakan Saurus.

Tahun berikutnya, mereka menciptakan Skyline GT-R khusus balap. Mobil ini diciptakan untuk turun di balapan Group A. Namun regulasi balap Group A mengatakan, mobil yang turun balap wajib merupakan mobil yang juga diproduksi masal dan dipasarkan untuk umum. Maka Nissan Skyline GT-R berkode bode R32 ini diciptakan sebanyak 500 unit untuk dijual. Versi yang sama mereka buat sebanyak 60 unit lagi khusus tutun di lintasan balap.

2. Komponen balap

Nissan GT-R Nismo

Nismo GT-R 2021 ditenagai mesin twin-turbo 3,8 liter V6. Mesin yang dirakit manual pakai tangan ini mengangkat performa GT-R ke tingkat lebih tinggi. Mengapa? Karena beberapa komponennya bukan suku cadang yang biasa dipakai untuk mobil umum. Dua unit turbocharger miliknya, diambil dari proyek mobil balap GT3 Nissan yang memiliki bobot 14,5 persen lebih ringan dari turbocharger umumnya.

Nissan GT-R Nismo

Bukan Cuma itu yang diambil dari mobil balap GT3 Nissan dan dipakai pada Nismo GT-R versi 2021. Transmisi dual-clutch 6-percepatan miliknya juga. Hasilnya, akselerasi 0-100 km/jam Nissan GT-R Nismo 2021 diklaim sanggup dicapai kurang dari tiga detik.

3. Desain eksterior

Nissan GT-R Nismo

Tak sulit membedakan Nissan GT-R biasa dengan versi Nismonya. Biasanya versi Nismo hanya diproduksi dalam pilihan warn tertentu dengan sejumlah aksen berwarna merah di sekujur tubuhnya. Begitu pula dengan emblem Nismo yang tak sembarangan orang boleh pasang.

Nissan GT-R Nismo

Beberapa bahkan memiliki komponen eksterior yang berbeda. Misalnya Nissan GT-R Nismo R35 yang memiliki sayap belakang bergaya mobil balap GT yang terbuat dari material serat karbon. Sementara Nismo GT-R R34 dibekali body kit dan kap mesin berotot dengan lubang ventilasi besar untuk mendinginkan ruang mesin.

4. Nismo GT-R terbaik

Nissan GT-R Nismo

Sulit menyebut mana Nismo yang terbaik. Masalahnya, hampir setiap generasi Nissan GT-R yang dipasarkan, tersedia dalam versi Nismo, mulai dari R31 hingga yang terbaru saat ini, R35. Tapi kalau dipaksa memilih, mungkin Nismo Z tune R34 mungkin adalah pemenangnya.

Nissan GT-R Nismo

Nissan GT-R Nismo R34 Z tune diciptakan untuk menandai 20 tahun berdirinya rumah modifikasi Nismo. Mesin 2,8 liter 6-silinder twin-turbocharged mengambil mesin milik mobil balap Nismo GT500. Hasilnya, tenaga sebesar 500 hp tercatat keluar pada 6.800 rpm.

5. Tenaga lebih besar

Nissan GT-R Nismo

Sama halnya dengan Nismo R34 Z tune, semua mobil Nissan GT-R yang mendapat predikat Nismo pasti mengalami peningkatan tenaga. Walhasil, Nissan GT-R yang dikenal sebagai mobil jalan raya dengan kemampuan berlari yang kencang ditingkatkan lagi performanya mendekati kelas supercar.

Nissan GT-R Nismo

Misalnya, Nissan GT-R R32 tenaganya meningkat 20 hp dari 276 hp menjadi 296 hp. Kemudian Nismo R32 tenaganya meningkat dari 276 hp menjadi 400 hp. Nismo R34 Z tune tenaganya menyentuh hampir 500 hp. Generasi terbarunya, Nissan GT-R Nismo versi tahun 2022, memproduksi tenaga lebih dari 600 hp.

6. DNA balap

Nissan GT-R Nismo

Percaya saja kalau ada yang bilang Nismo telah memenangi banyak kejuaraan balap kelas dunia. Bahkan sebelum namanya berubah menjadi Nismo. Misalnya pada tahun 1960 hingga 1970-an, Nismo turut serta di Japanese Grand Prix juga IMSA GT Championship.

Nissan GT-R Nismo

Nissan mengikuti FIA GT1 World Championship pada 2009 menggunakan Nissan GT-R yang dikembangkan oleh Nismo. Pembalap Krumm dan Lucas Luhr keluar sebagai juara dunia pembalap tahun 2011. Setelah itu Nismo memproduksi GT-R GT3 yang turun di kejuaraan balap Blancpain Endurance Series. Nismo juga akhirnya menciptakan mobil untuk turun di balap ketahanan 24 Hours of Nürburgring.

7. Kabin sporty

Nissan GT-R Nismo

Banyak yang komplain kalau interior Nissan GT-R Nismo minim aksen dan ornamen penyemarak suasana. Jawaban mereka sederhana, interior mobil balap ya sederhana. Maksudnya tak banyak fitur hiburan dan hampir semua komponen interiornya difokuskan untuk kesenangan mengemudi.

Nissan GT-R Nismo

Kursi balap bucket seat, lingkar kemudi, sejumlah tombol pengaturan dan beberapa infikator berkendara tersedia di dalamnya. Meski begitu, interiornya tetap dibuat agar tak mengurangi kenyamanan kalau mobil ini dipakai dalam perjalanan santai.

8. Kemudi sporty

Nissan GT-R Nismo

Agak aneh kan kalau misalnya mobil yang suda dibekali tambahan tenaga sehingga menjadi lebih beringas ini tak memiliki rasa berkendara yang menyenangkan. Itu sebabnya, untuk mendukung performanya, Nismo punya banyak cara untuk meningkatkan kualitas pengendalian mobil ini.

Nissan GT-R Nismo

Sudah jadi kewajiban mobil-mobil Nismo GT-R dibekali peningkatan juga pada paket suspensi, rem, velg hingga ban. Sistem pendinginan dan body kit yang meningkatkan aerodinamika juga dipakai. Seluruh peningkatan ini menjadikan Nissan GT-R Nismo sebetulnya menjadi salah satu dari sedikit mobil jalan raya yang memakai banyak komponen khusus mobil lintasan balap.

9. Harga dan kelangkaan

Nissan GT-R Nismo

Lantaran Nismo GT-R bukanlah GT-R sembarangan, harganya pun tak bisa dibandingkan. Bayangkan, tidak mudah untuk menemukan penjual Nismo GT-R R34 Z tune yang hanya diproduksi sebanyak 20 unit saja di seluruh dunia.

Nissan GT-R Nismo

Kalaupun Anda menemukannya, harganya sudah lebih dari US$ 500 juta atau sekitar Rp 7,1 milyar. Versi yang lebih tuanya, GT-R Nismo R33 400R sedikit lebih murah, harganya US$ 135.000 atau sekitar Rp 2 milyar. Itupun tak mudah menemukannya, karena hanya tersedia 44 unit saja di dunia.
RIZKI SATRIA

Baca juga: Toyota Land Cruiser Generasi Terbaru Lebih Ringan dan Bertenaga

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Nissan Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature