Toyota Land Cruiser Generasi Terbaru Lebih Ringan dan Bertenaga

Carvaganza – Merayakan ulang tahunnya yang ke-70, Toyota Land Cruiser generasi terbaru diperkenalkan baru-baru ini. Beridiri di atas platform baru Toyota New Global Architecture (TNGA), LC300 generasi tahun 2022 juga punya wajah baru dan pilihan mesin twin-turbo V6 yang lebih bertenaga.

Kalau dilihat sekilas, banyak yang beranggapan kalau mobil ini hanyalah versi facelift saja dari pendahulunya. Tetapi LC300 merupakan mobil yang benar-benar diciptakan ulang untuk memenuhi hasrat offroad penggemarnya di seluruh dunia.

Toyota Land Cruiser

Rangka modular baru diklaim lebih ringan 200 kg dibanding sebelumnya. Selain bobotnya lebih ringan, distribusi bobot Sport Utility Vehicle (SUV) juga disempurnakan menjadi 53/47 persen. Apalagi Toyota mengaku LC300 ini punya low center of gravity. Ditambah lagi, kemampuan berkendara offroad ditunjang artikulasi roda yang lebih baik lantaram mendapat KDSS (kinetic Dynamic Suspension System) yang baru.

Tentu saja peningkatan tak hanya dialamatkan pada komponen mekanis saja, tetapi juga pada teknologinya. Misalnya, sekarang tersedia Multi-Terrain Monitor yang dapat menampilkan situasi di sekeliling kendaraan secara real-time. Fitur ini sangat membantu pengendaranya bermanuver di medan offroad dengan lebih teliti.

Toyota Land Cruiser

Mendukung Multi-Terrain Monitor, ada pula Multi-Terrain Select, yakni mode berkendara yang bisa dipilih pengemudinya untuk menyesuaikan dengan medan yang sedang dilewati. Tujuannya agar pengemudi dapat melewati tantangan di depan dengan selamat.

Bukan hanya teknologi dan kaki-kakinya saja yang diperbaiki, performa LC300 juga sudah lebih modern. Mesin naturally aspirated ditinggalkan dan diganti degan mesin twin-turbo V6. Depot daya berkapasitas 3,5 liter itu menghasilkan 409 hp dengan torsi puncak 650 Nm. Kalau torsinya masih dirasa kurang, pilih varian diesel 3,3 liter yang bertenaga 304 hp dengan torsi puncak 700 Nm. Kedua pilihan mesin meneruskan outputnya itu ke roda melalui transmisi otomatis 10-speed.

Mesin Toyota Land Cruiser

Toyota menyebut kalau mereka juga akan menyediakan pilihan mesin V6 tanpa bantuan induksi turbo yang akan dipasangkan dengan transmisi otomatis 6-speed untuk sejumlah negara. Meski begitu, produsen mobil asal Jepang ini belum merilis spesifikasi resmi dari opsional mesin tersebut.

Kalau dari tampilannya, terlihat sekali kalau Land Cruiser generasi terbaru ini sudah mengadopsi bahasa desain terkini Toyota. Lihat saja wajahnya yang kini banyak dihiasi ornamen lampu LED baik di depan maupun belakangnya.

Toyota Land Cruiser

Tetapi yang lebih penting lagi dari sekedar tampilan, eksterior Toyota Land Cruiser terbaru ini punya dimensi yang lebih besar dari sebelumnya. LC300 kini memiliki panjang 4.950 mm, lebar 1.979 mm dan tinggi 1.880 mm. Perubahan desain juga memungkinkan mobil ini bermanuver lebih baik di medan offroad karena ia memiliki approach angle 32 derajat dan departure angle 24 derajat. Ground clearance tak disebuktkan, tetapi sebagai bayangan, Land Cruiser sebelumnya memiliki jarak kolong 231 mm. Sedangkan jarak sumbu roda mobil ini sama dengan sebelumnya dengan 2.850 mm.

Begitupun dengan kabinnya yang kini sudah jauh lebih modern dari sebelumnya. Tampilannya memang masih minimalis, tetapi setidanya terdapat layar infotainment berukuran besar tertancap di bagian tengah dashboard. Desain dan peletakkan instrumen maupun tombol juga diatur ulang lengkap dengan indikator digitalnya.

Land Cruiser tersedia dalam pilihan 5-penumpang dan 7-penumpang. Kali ini ada sedikit perbedaan untuk varian 7-penumpangnya. Karea kalau dulu kursi baris ketiganya dilipat menggantung ke samping. Kini kursi baris ketiga Toyota Land Cruiser sudah bisa dilipat rata lantai untuk fleksibilitas dan kemampuan penyimpanan barang yang lebih baik di bagasinya.

Toyota Land Cruiser

Fitur keselamatan juga sudah ditingkatkan. Selain beragam fitur keselamatan standar dan teknologi bantuan berkendara aktif, LC300 sekarang juga bisa mendeteksi pejalan kaki dan pengendara sepeda serta kendaraan dari arah berlawanan di persimpangan jalan. Kemudi bisa mengoreksi arah secara mandiri untuk menghindari tabrakan dengan objek di sekitar kendaraan.

Kans saudara kembar Lexus LX ini masuk Indonesia sangat tinggi. Alasannya sederhana. LC adalah SUV flagship yang memiliki banyak penggemar di Indonesia. Selain itu, di segmen MPV (Multi Purpose Vehicle), Alphard telah menjelma menjadi kendaraan nyaman yang wajib dimiliki orang berduit. Land Cruiser juga sama, bedanya mobil ini punya kemampuan jelajah dan daya tempuh yang lebih baik. Jadi kita tunggu saja!
RIZKI SATRIA

Artikel yang direkomendasikan untuk anda