Beranda Updates Jaguar Land Rover Masa Depan akan Diproduksi BMW?

Jaguar Land Rover Masa Depan akan Diproduksi BMW?

COVENTRY, 13 Agustus 2019 – Basis kendaraan yang dibuat oleh BMW belakangan ini tampaknya semakin menjanjikan dan menarik untuk dipakai oleh lebih banyak pabrikan lain. Setelah Toyota, kini Jaguar Land Rover (JLR) dilaporkan akan mengajak BMW untuk berkolaborasi.

Menurut lansiran Autocar, pabrikan Inggris tersebut tertarik untuk membangun model crossover dan SUV barunya dengan menggunakan basis dari BMW. Tidak dalam waktu dekat, hasil kolaborasi ini diprediksi baru akan muncul di pertengahan dekade mendatang.

Sebelumnya, kendaraan BMW telah dipercaya sebagai basis dari generasi terbaru sportscar Toyota, yaitu Supra, yang menggunakan platform milik BMW Z4. Kesuksesan kolaborasi ini sepertinya yang membuat JLR ikut melirik.

Foto-Foto: Land Rover

Salah satu calon potensial dari proyek ini adalah digunakannya platform FAAR milik BMW untuk calon crossover baru Jaguar. Platform atau arsitektur tersebut saat ini digunakan oleh model Seri 1 dan X2.

Tidak hanya sampai situ, BMW juga disebut akan dipercaya JLR untuk membuat model Land Rover entry-level yang kemungkinan menjadi generasi baru dari Freelander. Pun begitu dengan calon Discovery Sport dan Range Rover Evoque yang akan berbagi platform dengan X1 dan MINI Countryman generasi berikutnya.

Kembali soal crossover Jaguar, sempat diisyaratkan pabrikan ini akan menghadirkan model crossover yang kelasnya di bawah E-Pace. Spekulasi yang beredar mengatakan model tersebut akan bernama A- atau B-Pace.

Salah satu latar belakang dari kolaborasi ini dikatakan sebagai langkah JLR dalam menekan biaya pengembangan dan produksi. Selain itu, pengalaman BMW membuat mobil listrik juga diyakini membuat JLR tertarik untuk calon mobil listrik masa depannya.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza