Beranda Updates Ini Kelebihan Yaris Anyar Pakai Platform TNGA

Ini Kelebihan Yaris Anyar Pakai Platform TNGA

TOKYO, 24 Oktober 2019 – Toyota All New Yaris memang tidak diluncurkan di Tokyo Motor Show (TMS) 2019 dan tidak ada di booth Toyota, namun kendaraan hatchback ini dipamerkan di lain tempat yang periode pamerannya bersamaan dengan TMS dan merupakan bagian dari program TMS Toyota. Toyota Yaris terbaru ini sudah premiere global seminggu jelang TMS 2019.

Carvaganza sudah mengabarkan soal peluncurannya, namun pada tulisan yang sekarang kami ingin mengupas lebih dalam lagi tentang mobil ini. Pasalnya Yaris adalah hatchback yang paling laris di Indonesia.

Pabrikan mendesain Yaris ini sebagai mobil compact Toyota pertama yang mengadopsi platform TNGA (GA-B), di mana salah satu fokus pengembangannya adalah bodi enteng dan sangat rigid dengan center of gravity rendah.

Platform TNGA

Dengan platform tersebut handling mobil semakin bertambah stabil, kualitas pengendaraan pun semakin baik berkat penyusutan bobot 50 kg jika dibandingkan dengan mobil sebelumnya yang belum TNGA (Toyota New Global Architecture). Rigiditas mobil naik sekitar 30 persen dan center of gravity menjadi lebih rendah 15 mm. Penyempurnaan itu membuat driving performance kendaraan jauh melebihi kelasnya, mobil menjadi lebih gesit dan natural. Efeknya adalah pengemudi menjadi lebih percaya diri.

Dalam hal mesin, Yaris teranyar memakai mesin baru 3 silinder segaris 1.5 liter Dynamic Force Engine yang dikembangkan berdasarkan filosopi desain TNGA. Mesin ini menggunakan teknologi pembakaran kecepatan tinggi, seperti memakai stroke yang lebih panjang dan sudut katup yang lebih besar agar konsumsi bahan bakar efisien namun outputnya besar.

Toyota juga mengembangkan dan mengaplikasikan mesin baru 3 silinder segaris 1.0 liter dengan sejumlah penyempurnaan di antaranya meningkatkan tumble flow, mempertinggi rate EGR (Exhaust Gas Recirculation) dan mengurangi friksi agar pengendaraan lebih stabil dan irit bahan bakar.

Mesin Hybrid 1.5 Liter Dynamic Force Engine

Mesin lainnya adalah mesin hybrid generasi terbaru 1.5 liter dan dipasang oleh Toyota untuk pertama kalinya pada Yaris. Pabrikan mengklaim mesin ini memiliki tingkat efisiensi konsumsi bahan bakar lebih baik lagi. Oleh karena itu untuk mencapai tingkat efisiensi bahan bakar yang paling tinggi untuk kendaraan hybrid, akselerasi kendaraan harus dipertinggi demi mengejar efisiensi dan performa.

Jadi ada empat versi mesin yang disediakan untuk All New Yaris ini yakni mesin 3 silinder Dynamic Force Engine 1.5 liter dengan transmisi Direct Shift-CVT, mesin hybrid generasi terbaru 1.5 liter Dynamic Force Engine, mesin 1.5 liter Dynamic Force dengan transmisi manual 6-speed dan mesin 1.0 liter yang lebih compact dan enteng dengan transmisi CVT yang sudah mendapatkan penyempurnaan.

Dalam hal transmisi, menyuguhkan versi transmisi terbaru yakni Direct Shift-CVT dengan launch gear yang diadaptasikan dengan mesin 1.5 liter terbaru. Transmisi ini bisa mempertinggi efisiensi BBM pada kecepatan rendah dibandingkan dengan CVT yang ada sekarang dan bekerja secara lebih halus. Mesin versi 1.0 liter juga dilengkapi dengan CVT yang terbaru yang bobotnya lebih ringan dan posturnya lebih kecil dibandingkan yang sebelumnya. Juga membuat lebih hemat konsumsi BBM.

MUNAWAR CHALIL

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

SPYSHOT: Ngapain Porsche 911 Dites Pakai Gaya Crossover?

NURBURG, Carvaganza.com – Basis Porsche 911 terbaru tampaknya sedang berusaha untuk dieksploitasi menjadi berbagai varian. Sejauh ini, 911 generasi terbaru sudah punya varian terkencang...

All New Honda City Meluncur di Filipina, Begini Perubahannya.

MANILA, carvaganza.com -  All New Honda City pada akhir pekan kemarin resmi diluncurkan di Filipina. Peluncuran dilakukan seminggu setelah dirilis di Malaysia. All New...

SSC Tuatara Pecahkan Rekor Mobil Tercepat di Dunia Tembus 532,8 Kpj!

Banyak yang mengira kalau Bugatti Chiron adalah mobil tercepat di dunia. Ya, mobil itu berhasil memecahkan rekor kecepatan 490 kpj. Tapi belum lama ini...

Perhatikan! Ini Pelanggaran yang Diincar Polisi Selama Operasi Zebra 2020

JAKARTA, Carvaganza -- Operasi Zebra 2020 berlangsung serentak di seluruh Indonesia mulai hari ini, Senin, 26 Oktober 2020. Operasi yang berlangsung sampai Minggu, 8...
video

VIDEO: Lihat Langsung Dua Edisi Terbatas Mitsubishi Xpander

JAKARTA, Carvaganza.com – Mitsubishi Xpander masih menjadi andalan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) untuk menegaskan eksistensinya di pasar. Untuk tahun 2020...