Beranda Updates Ini Kelebihan Yaris Anyar Pakai Platform TNGA

Ini Kelebihan Yaris Anyar Pakai Platform TNGA

TOKYO, 24 Oktober 2019 – Toyota All New Yaris memang tidak diluncurkan di Tokyo Motor Show (TMS) 2019 dan tidak ada di booth Toyota, namun kendaraan hatchback ini dipamerkan di lain tempat yang periode pamerannya bersamaan dengan TMS dan merupakan bagian dari program TMS Toyota. Toyota Yaris terbaru ini sudah premiere global seminggu jelang TMS 2019.

Carvaganza sudah mengabarkan soal peluncurannya, namun pada tulisan yang sekarang kami ingin mengupas lebih dalam lagi tentang mobil ini. Pasalnya Yaris adalah hatchback yang paling laris di Indonesia.

Pabrikan mendesain Yaris ini sebagai mobil compact Toyota pertama yang mengadopsi platform TNGA (GA-B), di mana salah satu fokus pengembangannya adalah bodi enteng dan sangat rigid dengan center of gravity rendah.

Platform TNGA

Dengan platform tersebut handling mobil semakin bertambah stabil, kualitas pengendaraan pun semakin baik berkat penyusutan bobot 50 kg jika dibandingkan dengan mobil sebelumnya yang belum TNGA (Toyota New Global Architecture). Rigiditas mobil naik sekitar 30 persen dan center of gravity menjadi lebih rendah 15 mm. Penyempurnaan itu membuat driving performance kendaraan jauh melebihi kelasnya, mobil menjadi lebih gesit dan natural. Efeknya adalah pengemudi menjadi lebih percaya diri.

Dalam hal mesin, Yaris teranyar memakai mesin baru 3 silinder segaris 1.5 liter Dynamic Force Engine yang dikembangkan berdasarkan filosopi desain TNGA. Mesin ini menggunakan teknologi pembakaran kecepatan tinggi, seperti memakai stroke yang lebih panjang dan sudut katup yang lebih besar agar konsumsi bahan bakar efisien namun outputnya besar.

Toyota juga mengembangkan dan mengaplikasikan mesin baru 3 silinder segaris 1.0 liter dengan sejumlah penyempurnaan di antaranya meningkatkan tumble flow, mempertinggi rate EGR (Exhaust Gas Recirculation) dan mengurangi friksi agar pengendaraan lebih stabil dan irit bahan bakar.

Mesin Hybrid 1.5 Liter Dynamic Force Engine

Mesin lainnya adalah mesin hybrid generasi terbaru 1.5 liter dan dipasang oleh Toyota untuk pertama kalinya pada Yaris. Pabrikan mengklaim mesin ini memiliki tingkat efisiensi konsumsi bahan bakar lebih baik lagi. Oleh karena itu untuk mencapai tingkat efisiensi bahan bakar yang paling tinggi untuk kendaraan hybrid, akselerasi kendaraan harus dipertinggi demi mengejar efisiensi dan performa.

Jadi ada empat versi mesin yang disediakan untuk All New Yaris ini yakni mesin 3 silinder Dynamic Force Engine 1.5 liter dengan transmisi Direct Shift-CVT, mesin hybrid generasi terbaru 1.5 liter Dynamic Force Engine, mesin 1.5 liter Dynamic Force dengan transmisi manual 6-speed dan mesin 1.0 liter yang lebih compact dan enteng dengan transmisi CVT yang sudah mendapatkan penyempurnaan.

Dalam hal transmisi, menyuguhkan versi transmisi terbaru yakni Direct Shift-CVT dengan launch gear yang diadaptasikan dengan mesin 1.5 liter terbaru. Transmisi ini bisa mempertinggi efisiensi BBM pada kecepatan rendah dibandingkan dengan CVT yang ada sekarang dan bekerja secara lebih halus. Mesin versi 1.0 liter juga dilengkapi dengan CVT yang terbaru yang bobotnya lebih ringan dan posturnya lebih kecil dibandingkan yang sebelumnya. Juga membuat lebih hemat konsumsi BBM.

MUNAWAR CHALIL

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Toyota Bakal Rilis Supra Varian ‘Hardcore’, Mesin Dari BMW?

TOKYO, Carvaganza.com – Toyota GR Supra telah lebih dari setahun beredar di pasar, dan sukses meraih predikat sebagai salah satu driver’s car favorit. Meski...

Morris Garage Mesin Turbo Ramaikan Pasar SUV Ringkas Bulan Depan

SYDNEY, carvaganza.com -  Sukses menjual ZS, HS dan MG3, MG Motor Australia siap luncurkan SUV berukuran ringkas terbarunya. Dijuluki MG ZST, mobil ini gunakan...

Minggu Ini, Dua SUV Kencang BMW M Siap Sapa Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com –  Dijadwalkan pada pekan ini, BMW Indonesia bakal meluncurkan dua model mobil baru untuk pasar nasional. Keduanya adalah SUV kencang dari divisi...

Mesin Maserati MC20 Adopsi Teknologi F1 Dan Dibuat Sendiri, Ini Kelebihannya

Modena, Carvaganza.com - Maserati bersiap meluncurkan MC20. Produk baru yang harusnya rilis Mei, tapi karena pandemi harus diundur ke September mendatang. Model penerus MC12,...

AC Mobil Bugatti Sanggup Dinginkan Satu Apartemen

MOLSHEIM, Carvaganza.com - Ketika kita mengucapkan AC mobil, pasti kita tahu. Itu adalah salah satu sarana yang disediakan pabrikan yag membuat kita merasa nyaman...