Infiniti QX80 Dimodif Jadi Kendaraan Full Off-Road, Begini Tampangnya

CALIFORNIA, carvaganza.com -  Brand mobil mewah Infiniti pernah melambung namanya di Indonesia 4 – 5 tahun lalu. Merupakan merek mobil premium yang berada di bawah payung pabrikan Nissan. Sama seperti Lexus di bawah Toyota.

Dengan dealership di Kawasan Pondok Indah, Infiniti pernah memasarkan model SUV, sedan maupun sport. Tapi sekarang, brand tersebut telah menghilang, bahkan dealershipnya pun sudah digantikan oleh brand lain.

Salah satu model yang pernah dirilis di Indonesia adalah Infiniti QX80, yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2015. Sebetulnya, kendaraan ini memiliki kemampuan mumpuni di medan off-road karena dilandasi platform yang sama dengan Nissan Armada alias Patrol. Keduanya sama-sama SUV berukuran besar, namun QX80 diposisikan sebagai SUV kelas mewah.

Dengan posturnya yang bongsor, ternyata SUV ini asyik juga dimodif jadi mobil off-road. Adalah sebuah tim reli di California, Amerika, yang membangun QX80 menjadi mobil off-road untuk turun di ajang Rebelle Rally. Sebuah kejuaraan reli khusus perempuan yang diselenggarakan selama 10 hari.

Baca juga: Infiniti QX80 Facelift Dapat Make-Up Minor

The Rebelle Rally 2020


Reli mengarungi jarak 1931 km dari Danau Tahoe dan finish di Imperial Sand Dunes, dekat perbatasan AS dengan Meksiko. QX80 itu merupakan satu-satunya QX80 model off-road di dunia dan dikendarai oleh dua perempuan, Nicole Wakelin sebagai driver dan Alice Chase sebagai navigator.

Pabrikan mengirim SUV tersebut ke punggawa off-road ternama di California, Calimini Products, untuk mendapatkan perubahan yang dibutuhkan. Pasalnya untuk turun di ajang tersebut, mobil harus betul-betul tangguh.

Alhasil, Calimini langsung melakukan perombakan. Misalnya, menambahkan lift kit 3,0 inci, mengupgrade komponen suspensi, mengustom bumper depan dan belakang, mempertebal skid plate serta memasang ban baru. Ban bawaan pabrik dilepas, digantikan Nitto Terra Grappler A/T 18 inci.

Modifikasi tak cukup disitu. Agar melaju dengan mudah di permukaan pasir dan tanah, Calimini menyematkan kit air-up/air-down dengan tujuan tekanan ban bisa turun dengan mudah jika mobil melaju di pasir. Ditambahkan pula alat pemadam kebakaran, tangki air dan recovery board.

The Rebelle Rally 2020


Baca juga: Infiniti QX80 Baru Lakoni Debut di Dubai Motor Show

Untuk powertrain sendiri dibiarkan standar karena bawaan pabrik sudah dianggap mumpuni. QX80 mengusung engine V8 5.6 liter yang menghasilkan tenaga 400 hp dan torsi 560 Nm, berpenggerak 4WD. Dikombinasikan dengan girboks otomatis 7 percepatan.

Pada ajang Rebelle Rally ini, pabrikan Lexus juga menurunkan armadanya. Lexus 570 yang juga sudah dimodifikasi untuk kepentingan off-road. Mesin V8 5.7 liter Lexus bawaan pabrik ditambahi supercharge plus lift kit dan ban all-terrain General Grabber.



sumber: www.motorauthority.com

EKA ZULKARNAIN

 

Artikel yang direkomendasikan untuk anda