Hyundai New Santa Fe Dilengkapi Ragam Fitur Keselamatan Mutakhir

Jakarta, Carvaganza – Sebagai sebuah SUV yang mengisi segmen premium Hyundai New Santa Fe menawarkan sebuah paket menarik di dalamnya. Mulai dari desain eksterior yang sudah disempurnakan dari desain grille, headlamp dengan sentuhan T-Shaped serta ubahan layout interior yang tampak lebih mewah dan elegan.

Di samping itu Hyundai New Santa Fe juga menawarkan dua paket mesin baru mulai dari mesin bensin dan diesel. Untuk varian bensin tersedia mesin 4silinder 2,5 liter MPi yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 6-percepatan dan menghasilkan tenaga 180 ps (178 hp) dan torsi maksimal 23.7 kg-m (232 Nm). Serta pilihan diesel yang bersumber dari mesin 4 silinder 2.2 liter CRDi yang menghasilkan temaga maksimal 202 ps (200 hp) dan torsi yang mencapai 45.0 kg-m (441 Nm) bensin maupun diesel.

Di samping sokongan desain atraktif dan mesin dengan performa maksimal, Hyundai New Santa Fe juga menawarkan berbagai fitur menarik di dalamnya. Mulai dari fitur pengendaraan dan keselamatan terdapat di dalamnya dengan berbagai sistem sensor di setiap sudut kendaraan.

Fitur Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA)
Fitur Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA)

Teknologi keselamatan yang canggih yang disematkan pada Hyundai New Santa Fe facelift generasi keempat ini adalah Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA). Fitur keselamatan ini akan sangat berguna pada para pengguna di Indonesia, terutama di kota-kota besar. Kondisi traffic yang padat dan lahan parkir yang sempit, membuat kita harus ekstra hati-hati ketika berjalan mundur keluar dari tempat parkir. Misalnya di kawasan mall yang ramai maupun gedung perkantoran yang sibuk.

Fitur ini akan sangat membantu pengemudi untuk mendeteksi kendaraan lain yang mendekat dari arah belakang. Kendaraan itu bisa datang dari arah sebelah kiri atau pun kanan. Sehingga, pengemudi akan lebih mudah untuk mengantisipasi setiap kondisi yang bisa merugikan, terutama benturan mendadak dari kendaraan lain.

Fitur akan memberikan tanda peringatan untuk memberitahu bahwa ada kendaraan yang datang dari arah belakang. Bahkan sistem keselamatan ini akan secara otomatis mengaktifkan rem bila diperlukan sehingga meningkatkan keselamatan bagi pengguna maupun kendaraan yang dikemudikan.

Selain itu, diperkuat dengan fitur Forward Collision-Avoidance Assist (FCA). Sistem ini secara otomatis memberikan peringatan akan potensi tabrakan dari arah depan dan jika dibutuhkan sistem pengereman akan bekerja secara otomatis menghentikan laju kendaraan. Jadi SUV Hyundai New Santa Fe betul-betul terlindung secara maksimal baik dari benturan belakang maupun depan.

fitur Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) pada Hyundai New Santa Fe
fitur Forward Collision-Avoidance Assist (FCA).

Fitur untuk menghindari benturan samping dan belakang

Untuk menghindari benturan samping pada saat melaju, Hyundai New Santa Fe dilengkapi dengan Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA). Biasanya memang kita kesulitan mendeteksi kendaraan yang berada di samping belakang mobil, sehingga kita terkadang tertipu oleh zona tidak kelihatan (blind spot) yang tidak tertangkap oleh kaca spion. Alhasil, kita biasanya akan pindah lajur ke kanan maupun ke kiri tanpa menyadari ada kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang berada di samping kiri maupun kanan mobil.

Ketika kita pindah lajur dan mendadak objek tertangkap kaca spion, kita biasanya langsung antisipatif dengan batal pindah. Kalau kejadiannya mendadak dan kita reflek menginput setir secara mendadak, bisa berakibat fatal. Kita bisa membentur mobil lain atau tertabrak mobil lain. Nah, kalau kita telat memberikan input setir dan tiba-tiba kendaraan sudah di samping, bisa dihajar kendaraan lain. Peran penting fitur Blind-Spot Collission Avoidance ada di sini. Fitur akan memberikan peringatan jika ada kendaraan di zona tidak kelihatan sehingga pengemudi bisa lebih waspada.

Bahkan dengan sistem ini, SUV asal Korea Selatan ini juga dapat berhenti secara otomatis jika terjadi kemungkinan tabrakan dari belakang. Selanjutnya tersedia Blind-Spot View Monitoring yang menampilkan area tak terlihat di sekitar buritan mobil. Sehingga kita dapat melihat kondisi belakang mobil yang tampil pada layar cluster meter berukuran 12,6-inci.

Fitur Lane Keeping Assist pada Hyundai New Santa Fe
Fitur Lane Keeping Assist

Adapun fitur keamanan lainnya yang juga dimiliki oleh New Santa Fe adalah Lane Keeping Assist (LKA) dan Lane Following Assist (LFA). Fitur Lane Keeping Assist (LKA) bekerja mendeteksi marka jalan pada kecepatan tertentu dan jika kendaraan berpindah lajur, sistem mengintervensi kemudi untuk kembali ke jalurnya. . Sedangkan pada Lane Following Assist (LFA), sistem ini dapat membantu mengendalikan kemudi New Santa Fe secara otomatis agar tetap berada di jalur marka jalan yang dilalui.

Fitur keselamatan aktif tidak hanya tersedia saat kendaraan melaju di jalan raya, Hyundai New Santa Fe juga menyediakan peranti keselamatan lain seperti Electric Child Lock (ECL) dan Safe Exit Assist (SEA).Dengan adanya fitur tersebut dapat menghindari terjadinya benturan ataupun kecelakaan apabila penumpang di baris kedua akan keluar dari mobil.

SUV medium ini juga menyediakan fitur Smart Power Tailgate yang memudahkan pengendara untuk membuka pintu bagasi tanpa menggunakan remote atau menyentuh tombol apapun. Sedangkan pada sisi lain juga tersedia fitur yang memanjakan pengendara seperti Remote Engine Start yang juga berfungsi untuk menyalakan mesin kendaraan dan AC secara otomatis dari jarak 10 meter.

Fitur Safe Exit Assist (SEA) di Hyundai New Santa Fe
Fitur Safe Exit Assist (SEA)

Hyundai New Santa Fe generasi keempat yang dirilis tahun 2021 ditawarkan dalam enam varian dengan pilihan mesin bensin dan diesel. Diintegrasikan pilihan transmisi otomatis 6-percepatan dan 8-percepatan. PT. HMID membanderol Hyundai Santa Fe facelift 2021 ini dengan kisaran harga Rp 569 Juta untuk tipe G 2.5 6AT Style dan Rp 729 Juta untuk varian 2.2 8DCT Signature dengan mesin diesel. Berikut harga Hyundai New Santa Fe yang dibanderol PT HMID untuk wilayah DKI Jakarta:

New Santa Fe G 2.5 6AT Style: IDR 569.000,000,-
New Santa Fe G 2.5 6AT Prime: IDR 599.000,000,-
New Santa Fe G 2.5 6AT Signature: IDR 678.000,000,-
New Santa Fe D 2.2 8DCT Style: IDR 629.000,000,-
New Santa Fe D 2.2 8DCT Prime: IDR 659.000,000,-
New Santa Fe D 2.2 8DCT Signature: IDR 729.000,000,-

ALVANDO NOYA

Artikel yang direkomendasikan untuk anda