Hyundai Bayon Akan Menggantikan Kona

JAKARTA, Carvaganza.com – Beberapa waktu lalu Hyundai menampilkan teaser crossover terbarunya. Bertajuk Bayon, SUV (Sport Utility Vehicle) terbaru Hyundai itu akan dijual lebih murah dari Kona.

Hyundai memang belum merilis gambar resmi mobil ini. Begitupun dengan spesifikasinya. Namun Bayon akan mengambil basis yang sama dengan hatchback Hyundai i20 yang artinya akan dijual lebih murah dari Kona. Situs berita Autoexpress melakukan reka gambar akan seperti apa kira-kira wujud Hyundai Bayon nantinya berdasarkan foto mobil tes yang sedang diuji menggunakan kamuflase.

Menurut Autoexpress, juru bicara Hyundai mengatakan kepada mereka kalau mobil ini tak akan sama dengan Hyundai i20. Sebagai penanda dirinya sebuah crossover, akan banyak penambahan body cladding berbahan plastik di sekujur tubuhnya. Tak hanya itu, menurutnya selain pintu belakang, seluruh panel bodi mobil ini benar-benar baru dan berbeda total dari i20 yang dipasarkan saat ini.

Hyundai Bayon tertangkap kamera beberapa waktu lalu sedang diuji jalan dengan dibalut kamuflase. Namun terlihat kalau lampu utama model split khas Hyundai yang juga digunakan pada Kona dan Santa Fe terbaru. Proporsinya khas crossover ringkas mirip-mirip Suzuki S-Cross atau mobil sejenisnya.



Kehadiran Hyundai Bayon semakin menegaskan optimisme Hyundai untuk memperbanyak lini produk SUV. Saat ini mereka sudah memiliki Kona, Tucson dan Santa Fe. Walaupun belum ada rilis resmi, namun diperkirakan mobil ini akan menggunakan mesin 1,2 liter 4-silinder atau pilihan 1,0 liter turocharged 3-silinder mild hybrid yang digunakan oleh Hyundai i20. Tenaga yang dihasilkan mulai dari 83 hp sampai 118 hp.

Spy shot menunjukkan bagian dalamnya memakai sistem infotainment berukuran 8-inci yang menjadi pusat komandi sistem hiburan di dalamnya. Meski demikian diprediksi varian tertingginya akan memakai sistem hiburan berukuran 10,25-inci dengan fungsi navigasi GPS.

Kona elektrik



Pengenalan Bayon sekaligus mengindikasikan bahwa generasi mendatang Kona hanya akan dijual dalam versi elektrik. Hyundai Kona Elektrik sudah meluncur di Indonesia beberapa waktu lalu dan dijual Rp 600 jutaan. Mobil listrik yang diimpor secara utuh dari Korea Selatan itu memiliki jarak tempuh 345 km dalam sekali pengisian daya. Performa motor elektrik bertenaga 39,2 kWh itu menghasilkan torsi 395 Nm dan tenaga 136 PS. Hebatnya, Kona elektrik yang dijual di Indonesia itu, pengisian daya penuh bisa dicapai dalam 54 menit saja dengan pengisian cepat.
RIZKI SATRIA



Sumber: AutoExpress

Artikel yang direkomendasikan untuk anda