Beranda New Cars Honda Civic Type R Versi Facelift, Makin Sporty dan Kencang

Honda Civic Type R Versi Facelift, Makin Sporty dan Kencang

TOKYO, Carvaganza.com – Usia Honda Civic Type R terbaru sudah melewati 2 tahun sekarang, sejak debutnya tahun 2017. Agar dapat terus menarik dan membuat konsumen tidak bosan, Honda memberikan penyegaran atau facelift untuk Type R.

Civic Type R edisi 2020 mendapat pembaruan baik dar sisi tampilan maupun teknis, yang diperkenalkan pada Tokyo Auto Salon 2020. Tentunya, performa juga tetap mendapat perhatian dari seluruh update yang diberikan oleh Honda.

Kalau dilihat dari luar, tampilan Civic Type R menegaskan karakter sporty lewat grille depan yang lebih besar. Selain meningkatkan penampilan, tentunya grille baru ikut membuat sistem pendinginan pada hot hatchback ini lebih baik demi performa lebih optimal.

Model year baru ini ditandai dengan tersedianya opsi warna eksterior baru, yakni Boost Blue yang sepintas lebih cerah daripada warna biru versi awal. Untuk interior, penyegaran terjadi lewat lapisan Alcantara pada setir dan tuas transmisi baru berjarak perpindahan lebih pendek.

Fitur Active Sound Control kini hadir untuk menginduksi suara mesin ke kabin lewat speaker. Begitu juga fitur baru lainnya yaitu sejumlah driver assistance dari Honda Sensing, kini menjadi standar.

Nah, soal performa, handling Civic Type R ditingkatkan lewat suspensi depan dengan ubahan yang meminimalisir gejala friksi. Karakter suspensi kini memiliki peredaman lebih lembut demi kenyamanan saat berkendara, namun di saat bersamaan menambah grip ke aspal.

Civic Type R tidak mengalami ubahan pada mesin andalannya, empat silinder 2.0 liter turbo VTEC yang tetap bertenaga 306 hp dan torsinya 400 Nm. Pun dengan transmisinya yang tetap percayakan gearbox manual 6-speed ke roda depan.

Sejauh ini baru diumumkan bahwa Civic Type R versi facelift ini akan mulai dipasarkan pada kuartal pertama tahun ini. Namun soal harga, belum diumumkan oleh Honda, yang untuk saat ini di Indonesia saja dipasarkan dengan banderol Rp 1,067 miliar (OTR Jakarta).

Dengan performa yang sudah ditingkatkan sekarang, bukan tidak mungkin Civic Type R bisa merebut kembali rekor tercepat untuk mobil berpenggerak roda depan di Nuburgring, yang sempat direbut oleh Renault Megane RS Trophy-R.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto