Beranda New Cars Gantikan M6, BMW M4 Terbaru akan Ramaikan Balap GT3

Gantikan M6, BMW M4 Terbaru akan Ramaikan Balap GT3

SPIELBERG, Carvaganza.com – BMW belum juga meluncurkan generasi terbaru M3 dan M4, karena dijadwalkan baru debut bulan depan. Namun, salah satu varian dari M4 terbaru sudah diungkap ke hadapan publik secara resmi. M4 dipastikan akan mewakili BMW di arena balap, tepatnya kelas GT3, tidak seperti generasi sebelumnya.

M4 GT3 resmi diungkap oleh BMW, bertempat di Red Bull Ring, Austria. Memilih sirkuit tersebut karena bertepatan dengan seri MotoGP Styria, di mana BMW M menjadi sponsor utama, yaitu BMW M Grand Prix of Styria. Seri kelima MotoGP 2020 tersebut akan dilangsungkan akhir pekan ini, lanjutan dari double header di Austria.

Dipamerkan bersamaan dengan versi jalan raya M4, kedua mobil masih sama-sama ditutupi stiker full body yang menjadi kamuflase. Ini menjadi kali pertama sosok M4 ditampilkan resmi oleh BMW, setelah belakangan santer beredar dalam spyshot. Dan ya, grille baru Seri 4 yang besar dan kontrovesial itu terpampang jelas di moncong depan M4 dan M4 GT3.

M4 nantinya akan menjadi andalan terbaru BMW di balap GT3, menyusul sudah tidak diproduksinya M6 dan akan dipensiunkannya M6 GT3. BMW sebelumnya menugaskan salah satu model Seri M terbarunya untuk balap, yaitu M8. Namun M8 hanya dikembangkan untuk balap ketahanan, menjadi M8 GTE, dan akan dihentikan tidak lama lagi. Bahkan BMW sudah tidak berpartisipasi di World Endurance Championship (WEC).

Dari sisi tampang, M4 GT3 memiliki fascia depan yang lebih agresif, berkat aplikasi splitter besar, kap mesin berventilasi khas pelahap sirkuit. Grille bahkan terbuka bebas seakan tanpa kisi-kisi layaknya versi road car. Paket wide body sudah diterapkan pada mobil ini, demi optimalkan aerodinamika dan hasilkan downforce yang dibutuhkan.

Fender flare depan dan side skirt yang besar menciptakan visual bahwa coupe ini lebih menapak ke aspal, serta membesar. Apalagi dengan ditambahkannya intake di dekat fender belakang, mengentalkan aura balapnya. Di sisi belakang, bumper melebar untuk mengakomodasi diffuser besar. Penampilan total disertai sayap belakang besar dengan tiang model leher angsa, seperti pada M8 GTE.

Material serat karbon tentunya menjadi menu utama untuk setiap ubahan body eksterior, dengan tujuan pasti mengurangi bobot mobil. Bahkan jendela dan windshield semuanya menggunakan kaca yang lebih ringan.

Mesin yang sama menghuni bonnet depan M4 GT3 seperti versi jalan raya, yaitu enam silinedr 3,0 liter TwinPower Turbo. Namun BMW saat ini tidak mengungkap detail angka performa mesin, baik tenaga dan torsinya. Untuk versi standar, M4 diklaim akan bertenaga 473 hp, sementara varian M4 Competition lebih kuat dengan 503 hp.

Powertrain sendiri tidak disebut akan digabungkan dengan transmisi jenis apa. Walaupun telah dijanjikan M3/M4 baru akan punya opsi manual, kemungkinan besar versi balap akan mendapat otomatis dual-clutch. Begitu pun soal sistem penggerak, bisa dipastikan penggerak roda belakang, meski akan ada opsi all-wheel drive pada M4.

BMW akan mengandalkan M4 GT3 di beberapa seri dari kategori balap turing terpilih mulai tahun 2021. Kemungkinan juga akan tersedia dalam opsi customer racing. Sementara pada tahun 2022, baru BMW akan merilisnya penuh turun di balap turing.

Sumber: Carscoops

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Banyak Permintaan Shipping, Bisnis Logisly Catat Pertumbuhan Selama Pandemi

JAKARTA, Carvaganza.com – Tahun 2020 telah berjalan menjadi periode yang sulit dari segi bisnis, khususnya karena pandemi COVID-19 yang terjadi. Banyak bisnis yang jatuh...

SPYSHOT: BMW Siapkan X8 Jadi Model SUV Termahal?

MUNICH, Carvaganza.com – BMW pernah menyatakan tidak berencana untuk membuat model SUV flagship, di atas X7 saat peluncurannya. Namun sepertinya rencana telah berubah, setelah...

Perbandingan Angka Performa Mercedes-AMG GLE 63 VS Maserati Levante Trofeo

JAKARTA, carvaganza.com -  Dulu kecepatan boleh saja didominasi oleh supercars atau performance car. Namun jaman telah berubah. Penguasa kecepatan sekarang bukan lagi muscle atau...

Bulan Oktober, Ada Karimun Wagon R Edisi Khusus akan Dirilis Suzuki

JAKARTA, Carvaganza.com - Menjadi peluncuran pamungkas tahun ini, Suzuki Indonesia siap lansir Karimun Wagon R Limited Edition. Jenis hatchback LCGC diramal berubah minor di...

Honda Civic Type R Berjaya Balap 24 Jam di Nurbrugring

NURBURG, Carvaganza.com – Akhir pekan lalu digelar ajang balap ketahanan Nurburgring 24 Hour di Jerman. Berbagai kelas balap turing disatukan dalam satu rangkaian seri...