Beranda New Cars Ferrari 488 Challenge Evo Lahir, Lebih Agresif dan Aerodinamis

Ferrari 488 Challenge Evo Lahir, Lebih Agresif dan Aerodinamis


MARANELLO, 30 Oktober 2019 – Ferrari memang sudah meluncurkan generasi terbaru supercar V8 mid-engine mereka tahun ini, yaitu F8 Tributo. Tapi untuk balap, mereka masih akan mempertahankan basis 488, dengan diperkenalkannya versi terbaru dari 488 Challenge.

Akhir pekan lalu, saat gelaran Ferrari Finali Modial 2019 di Mugello, Italia, diperkenalkanlah 488 Challenge Evo sebagai penerus dari 488 Challenge saat ini. Sejumlah ubahan dan peningkatan dibawa pada mobil yang digunakan untuk ajang one make race Ferrari Challenge.

Melalui versi update ini, Ferrari ingin maksimalkan sinergi antara aerodinamika dan kedinamisan mobil dalam meningkatakn performanya. Tampak desain eksteriornya kini menjadi lebih agresif, dengan sejumlah sentuhan diadopsi dari beberapa model Ferrari terbaru.

Pada bagian depan diklaim telah meningkat menjadi 30% lebih efisien dan aerodinamis daripada pendahulunya. Overhang depan dibuat lebih panjang, begitu juga dengan intake radiator, serta ada tambahan intake berbentuk U di moncong untuk rem yang seperti pada SF90 Stradale.

Modifikasi lain meliputi splitter lebih besar yang diikuti sejumlah canard tambahan, sementara di dekat spion kini terpasang winglet. Untuk bagian belakang, sayap kini menjadi lebih besar yang diklaim menghasilkan downforce 50% lebih besar daripada 488 Challenge sebelumnya.

Untuk pertama kalinya di mobil balap one make race, Ferrari memberikan opsi untuk modifikasi bagian depan secara terpisah, sehingga pembalap bisa mengatur aerodinamikanya sesuai keinginan tanpa harus mengubah ground clearance. Ferrari menyematkan teknologi baru seperti E-Diff3 dan F1-TCS pada fitur Side Slip Control (SSC) andalan mereka.

Lebih lanjut, ban yang digunakan untuk 488 Challenge Evo dikembangkan oleh Pirelli atas pesanan khusus Kuda Jingkrak. Sementara sedikit pembaharuan dilakukan pada setir, yang pada tuas Manettino sudah terintegrasi dengan manajemen ABS.

Selain ditawarkan sebagai unit mobil baru kepada konsumen yang memiliki tim balap, 488 Challenge Evo juga bisa ‘ditukar-tambah’ oleh konsumen yang sudah miliki 488 Challenge. Ferrari akan sediakan upgrade komponen untuk opsi ini.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto



Last Updates

DAKAR 2020: Carlos Sainz Juara Lagi, Alonso Berhasil Finish

HARADH, Carvaganza.com – Pembalap kawakan kembali tampil sebagai juara Reli Dakar 2020, yang kali ini dimenangkan oleh Carlos Sainz. Pereli senior asal Spanyol tersebut...

BMW Indonesia Donasikan US$ 25.000 untuk Korban Banjir Jakarta

JAKARTA, Carvaganza.com – Banjir yang melanda Jakarta di pembuka tahun 2020 berdampak luas. Banyak warga yang rumah maupun kendaraannya terendam...

Bidik Anak Muda, Honda Tampilkan Brio di Indonesia Millenial Summit 2020

JAKARTA, Carvaganza.com -- PT Honda Prospect Motor (HPM) langsung tancap gas di awal tahun 2020. Guna lebih mempromosikan Honda Brio,...

SUV 7-Seater Mercedes-Benz GLB Siap Meluncur Tahun Ini

BOGOR, Carvaganza.com – Mercedes-Benz menyatakan akan merilis banyak produk baru di Indonesia untuk tahun 2020 ini. Salah satu model yang...

Pertamina Buka OLIMART Pertama di Kota Baturaja

BATURAJA, Carvaganza.com -- Untuk memperluas dan mengembangkan Owned-Channel penjualan pelumas Pertamina dan rangkaian purna jualnya, PT Pertamina Lubricants melalui Sales...