Beranda Updates F1: Mesin Ferrari Rusak, Mercedes Finish 1-2 GP Bahrain

F1: Mesin Ferrari Rusak, Mercedes Finish 1-2 GP Bahrain

SAKHIR, 1 April 2019Mercedes kembali sukses meraih kemenangan 1-2 pada balapan Formula 1 GP Bahrain 2019, yang kali ini dimenangkan oleh Lewis Hamilton. Kemenangan diraih Mercedes menyusul kegagalan Ferrari yang telah tampil lebih kencang sepanjang akhir pekan.

Hamilton merebut kemenangan yang sejak awal tampak akan menjadi milik Charles Leclerc, yang memimpin balapan sejak start hingga 2/3 balapan. Masalah pada mesin Ferrari menggagalkan Leclerc untuk meraih kemenangan perdananya di F1 pada balapan keduanya bersama Ferrari.

Posisi terdepan sempat lepas dari Leclerc saat disalip Sebastian Vettel usai start di tikungan 1, yang akhirnya berhasil kembali direbutnya beberapa lap kemudian. Sejak itu, Leclerc menjauh dan tampak akan mendominasi balapan.

Vettel di posisi kedua dengan kecepatan tidak sekencang rekan setimnya, kemudian melayani perlawanan dari Hamilton. Setelah pitstop pertama, Vettel yang berganti kompon soft ke medium harus kehilangan posisinya ke Hamilton yang masuk pit lebih awal.

Tetap menggunakan kompon ban soft setelah pitstop, Hamilton justru kesulitan meraih kecepatan optimal yang akhirnya kembali harus disalip oleh Vettel. Duel antara keduanya berlanjut sampai setelah pitstop kedua.

Hamilton berhasil menunjukkan kecepatannya saat berganti ke kompon ban medium dan berhasil merapatkan jarak ke Vettel dengan ban sama. Beberapa kali Hamilton menyerang diikuti oleh manuver bertahan dari Vettel yang cukup agresif.

Klimaks duel Hamilton dan Vettel muncul pada lap 38 saat Hamilton menyalip dari sisi luar tikungan 4. Vettel yang salah antisipasi melintir saat keluar tikungan. Sayap depan yang hancur beberapa saat setelahnya memaksa Vettel masuk pit untuk ketiga kalinya dan kehilangan posisi ke Valtteri Bottas dan Max Verstappen.

https://twitter.com/F1/status/1112432624151072768

Masalah bagi Ferrari kembali datang saat Leclerc melaporkan ada masalah pada mesin yang membuatnya kecepatannya berkurang drastis. Lap 48, sepuluh lap jelang finish, Hamilton akhirnya menyalip Leclerc untuk posisi pertama yang diikuti oleh Bottas beberapa lap setelahnya.

Beruntung, posisi ketiga Leclerc aman terbantu oleh periode safety car menyusul mogoknya kedua mobil tim Renault di tikungan 1. Safety car yang di lintasan sampai lap terakhir menutup kemungkinan Verstappen merebut posisi ketiga dari Leclerc jelang finish.

Karena finish balapan berlangsung di belakang safety car, Hamilton menang dengan jarak hanya 2,9 detik dari Bottas dan Leclerc 6,1 detik di posisi ketiga. Verstappen harus puas di posisi keempat dan Vettel yang sempat terlempar ke belakang melakukan recovery untuk posisi kelima.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza