Beranda Updates F1: Ini Dia Mobil Balap Baru Kimi Raikkonen

F1: Ini Dia Mobil Balap Baru Kimi Raikkonen

BARCELONA, 19 Februari 2019Alfa Romeo menjadi tim terakhir yang meluncurkan mobil barunya untuk kejuaraan Formula 1 2019. Peluncuran di hari pertama berlangsungnya tes pra-musim ini menyusul shakedown beberapa hari lalu saat masih menggunakan livery kamuflase.

Dengan nama mobil C38, Alfa Romeo meneruskan nomenklatur yang sebelumnya telah dipakai oleh Sauber. Alfa Romeo mengakuisisi Sauber pada awal tahun ini, untuk menjadi ‘tim B’ dari Ferrari di F1.

Selubung C38 dibuka oleh kedua pembalap Alfa Romeo, Kimi Raikkonen dan Antonio Giovinazzi, di paddock sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol. Paduan warna putih dan merah masih dipertahankan, seperti digunakan Sauber tahun lalu.

Sejak sesi shakedown yang mereka lakoni di Fiorano, Italia, C38 menjadi perhatian karena desain sayap depannya yang unik. Bagian ujung sisi luar bilah sayap depan dibuat melandai rendah, seolah tidak terhubung dengan endplate.

Bagian lain yang menarik perhatian dari C38 adalah ujung nosecone yang memiliki tiga buah lubang udara, seperti ditunjukkan McLaren tahun lalu. Kemudian desain airbox di atas kokpit memiliki enam lubang saluran udara.

Raikkonen menjadi yang pertama mendapat tugas menguji C38 di Catalunya, yang kemudian akan bergantian dengan Giovinazzi selama total delapan hari tes.

Tahun 2018, Alfa Romeo (Sauber) mengakhiri musim dengan menempati posisi kedelapan klasemen konstruktor dengan total raihan 48 poin. Pembalap muda Charles Leclerc diangkat ke Ferrari, bertukar posisi dengan Raikkonen.

WAHYU HARIANTONO