F1: Didekati Hamilton, Max Verstappen Yakin Raih Juara Dunia Formula 1

F1 GP Qatar

LOSAIL, Carvaganza -- Persaingan perebutan gear juara dunia Formula 1 makin panas. Lewis Hamilton (Mercedes) mampu memangkas selisih poin di klasemen perebutan gelar juara dunia dengan Max Verstappen (Red Bull Racing Honda). Hamilton memenangkan balapan pertama F1 Grand Prix Qatar, Minggu (21/11). Namun Verstappen yang tampil hebat, meski harus start dari P7, mengatakan persaingannya dengan Hamilton akan ditentukan di dua seri terakhir.

Memulai start di pole position, Hamilton mampu mempertahankan keunggulannya. Melahap balapan sebanyak 57 lap di Losail International Circuit (5,38 km), Hamilton melewati garis finish pertama. Ini merupakan kemenangan kedua pembalap Inggris itu setelah GP Brasil. Hasilnya, ia kini meraih 343,5 poin atau memperpendek jarak nilai 14 menjadi 8 poin dari Verstappen yang masih berada di puncak klasemen.

Verstappen mengakui jika balapan kali ini cukup sulit. Ia seharusnya memulai balapan dari P2 harus kena penalti ke P7. Meski mampu naik ke posisi kedua, Verstappan masih tertinggal 25,743 detik di belakang Hamilton yang masuk finish dengan catatan waktu 1 jam 24 menit 28,471 detik. Sementara Fernando Alonso (Alpine F1 Team) finish ketiga terpaut 59,457 detik.

F1 GP Qatar

Menurut Verstappen, podium dua yang diperoleh di F1 Qatar 2021 ini sangat baik. Apalagi melihat banyak kendala yang dilalui tim sepanjang pekan balapan serta masih kurangnya kecepatan mobil. "Saya tentu senang dengan hasil hari ini. Akhir pekan ini cukup sulit bagi kami sebagai tim dan kami masih kurang kecepatan. Saya mencoba semua yang saya bisa setelah penalti lima grid, jadi finis di posisi kedua dan mencetak gol, lap tercepat benar-benar bagus," katanya.

"Saya memiliki awal yang menarik dan saya tahu bahwa beberapa lap pertama sangat penting. Saya memiliki peluncuran yang bagus dan saya cukup cepat kembali ke posisi kedua - dari sana saya mencoba untuk menjaga jarak tetap kecil dan yang bekerja cukup baik. Saya bersenang-senang hari ini, terutama ketika pergi untuk lap tercepat," kata Vertappen.

Bagaimana peluang pembalap 24 tahun itu untuk juara dunia? Dua seri terakhir memang sangat menentukan. Balapan selanjutnya adalah Arab Saudi GP di Jeddah Corniche Circuit pada 5 Desember mendatang. Terakhir adalah Abu Dhabi GP di Yas Marina Circuit pada 12 Desember.

F1 GP Qatar

Peluang Juara

Verstappen akan memastikan gelar juara dunia Formula 1 musim 2021 di Arab Saudi jika menang balapan dengan waktu tercepat sementara Hamilton hanya finis di posisi ke-6; atau menang dan Hamilton di posisi 7; atau posisi kedua dengan Fastest Lap dan Hamilton di posisi 10; atau finish kedua sementara Hamilton gagal meraih tambahan poin.

Sementara itu, hasil hebat juga ditunjukkan pembalap Red Bull lainnya, Sergio ‘Checo’ Perez yang menyelesaikan lomba di posisi empat. Checo mampu menunjukkan talentanya, meski terkendala saat kualifikasi harus start dari posisi sebelas, berkat performa mobil Red Bull Racing RB16B bisa mengejar para pembalap di depannya.

Checo yang start dari posisi sebelas bisa memperbaiki posisinya dan bersaing untuk potensi meraih podium. “Kami berhasil pulih dari kualifikasi dan bergerak melalui grid dengan cepat dari P11. Kami berada di posisi yang sangat bagus untuk naik podium, tapi sayangnya itu tidak berhasil. Itu adalah balapan yang sangat melelahkan. sepanjang waktu, menyalip dan mendorong. Kami mengubah strategi kami sepanjang balapan; pada beberapa tahap kami akan berhenti satu kali dan di dua lainnya, tetapi ban yang lain meledak sehingga kami harus melindungi milik kami untuk mencegah tusukan dan memaksimalkan posisi di Kejuaraan Konstruktor. Saya pikir kami memiliki podium di saku kami, tetapi untuk minggu kedua menjalankan mobil keselamatan virtual berpotensi merugikan kami," ujar Checo.

Max Verstappen

Pertarungan Sulit

Pablo Conrad selaku Marketing Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia menyampaikan apresiasinya atas perolehan kedua pembalap Red Bull Racing di F1 Qatar 2021, "Pencapaian luar biasa bagi Verstappen dan Checo di F1 Qatar 2021. Meski mendapati masalah jelang balapan tapi semangat di lintasan menunjukkan sebagai pembalap kompetitif. Verstappen masih unggul delapan poin di perebutan Juara Dunia F1 2021, begitu pula titel konstruktor terpaut lima poin dari Mercedes. Masih ada dua balapan lagi dan diharapkan para pembalap Red Bull Racing bisa lebih baik lagi, prestasi ini membuat para konsumen kami di Indonesia bangga semakin yakin menggunakan dan membuktikan keunggulan pelumas Mobil," katanya.

Sementara Rommy Averdy Saat selaku Mobil Consumer Brand General Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia mengatakan hasil yang dicapai Verstappen dan Checo cukup baik. Keduanya mampu finish di posisi dua dan empat meski harus start dari posisi terbilang sulit. "Hasil kali ini menunjukkan bahwa Red Bull Racing dan pembalap sangat kompetitif dan berpeluang meraih titel Juara Dunia Pembalap dan Juara Dunia Konstruktor di musim F1 2021, apalagi masih ada sisa dua balapan di Jeddah dan Yas Marina," ujar Rommy.

F1 klasemen sementara

"Kami mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk merayakan podium ini dan membuktikan keunggulan produk Mobil1 dan Mobil pada kendaraan Anda. Produk-produk tersebut tersedia di pasar Indonesia seperti rangkaian produk pelumas Mobil1 dan Mobil Super," tambah Rommy.

Tahun ini ExxonMobil Lubricants Indonesia meluncurkan varian terbaru rangkaian produk Mobil Super yaitu Mobil Super All in One Protection, Mobil Super Friction Fighter dan Mobil Super Everyday Protection. Rangkaian produk Mobil Super ini telah dilengkapi dengan spesifikasi standar industri terkini API SP.

Mobil Super All in One Protection memberikan perlindungan mesin kendaraan dari suhu panas berkat Full synthetic dengan Heat Activated Anti-wear Molecules. Mobil Super Friction Fighter dilengkapi dengan lapisan perlindungan tambahan dari Friction Fighter Molecules yang melindungi mesin dari keausan. Sedangkan Mobil Super Everyday Protection dengan Extengine Molecules, membuat usia kendaraan lebih panjang. (RAJU)

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya