Eks-Bos Volkswagen akan Pimpin Tim Williams F1

GROVE, Carvaganza.com – Tim Williams F1 mulai melakukan restrukturisasi di bagian internal timnya, sehubungan dengan hadirnya investor baru. Langkah terbarunya adalah menunjuk Jost Capito sebagai CEO (Chief Executive Officer) baru mereka. Kesuksesan Capito di karir sebelumnya diharapkan akan bisa memberi progres kepada Williams di grid F1.

Capito adalah sosok yang berperan di balik kesuksesan Volkswagen saat mendominasi gelar juara World Rally Championships (WRC), periode 2013-2016. Ditunjuknya Capito menyusul masuknya Dorilton Capital sebagai investor baru Williams pada tengah tahun ini. Sosok berdarah Jerman ini menjadi tokoh kedua yang hadir sebagai bagian restrukturisasi Williams.

Sebelum Capito, Dorilton Capital telah menunjuk nama Simon Roberts menjadi team principal sementara. Namun bersamaan dengan penunjukan Capito, Roberts kini sudah menjabat posisi tersebut secara permanen. Williams juga berharap bisa memperkuat hubungan antar setiap departemen di dalam manajemen.

Pengalaman di dunia motorsport selama 40 tahun menjadi bekal kuat Capito untuk meyakinkan Williams menariknya. Kepemimpinannya di salah satu tim F1 terlama dan tersukses ini akan dimulai pada 1 Februari 2021. Operasional tim sehari-hari akan menjadi tanggung jawab Capito, yang juga sempat mencicipi peran vital di tim F1 dalam masa singkat.

Untuk peran barunya ini, Capito akan melapor kepada Matthew Savage sebagai Chairman Williams, yang kini menggantikan posisi Claire Williams. Sejak akuisisi pada Agustus 2020, manajemen lama Williams telah resmi digantikan dengan yang baru sejak seri Italia 2020, September lalu.

“Sungguh sebuah kehormatan bagi saya untuk bergabung ke Williams Racing di masa yang menyenangkan dan menantang ini baik untuk tim sendiri dan Formula 1. Sebuah kehormatan untuk menjadi bagian masa depan dari tim bersejarah ini, dan yang memiliki nama sangat mengharukan dalam olahraga ini, jadi saya menghadapi tantangan ini dengan rasa hormat yang besar dan dengan sangat senang,” kata Capito.

Di bawah kepeminpinanya, Capito mengantarkan Volkswagen langsung menjuarai WRC empat musim berturut-turut, saat masuk di tahun 2013. Selain gelar juara pabrikan, Capito juga yang mengantarkan Sebastien Ogier menjadi juara dunia empat kali berturut-turut.

Setelah WRC, Capito sempat ditunjuk McLaren untuk menjadi CEO tim F1 pada tahun 2016. Namun karirnya di McLaren tidak berlangsung lama, hanya beberapa bulan dari September sampai Desember 2016. Sejak itu, peran Capito di McLaren digantikan oleh Andreas Siedl di bawah Zak Brown.

“Kami sangat senang menyambut Jost Capito sebagai CEO baru Williams Racing. Dia adalah individu yang berpengalaman dan kompetitif, yang telah membangung tim pemenang dan menjadi pemenang dengan caranya sendiri,” tambah Matthew Savage.

“Dia memahami warisan Williams dan akan bekerja dengan baik Bersama tim dalam mengejar tujuan kami untuk kembali ke grid depan.”

Tahun depan, meski terjadi perubahan pada sisi manajemen, Williams akan tetap mengandalkan dua pembalapnya tahun depan. Duet George Russell dan Nicholas Latifi siap membawa Williams untuk meraih prestasi lebih baik, setelah menyudahi musim 2020 tanpa poin sama sekali.

Sumber: Formula 1

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda