Mudik Asyik Bareng Suzuki Ertiga Cruise Hybrid Menuju Kota Yogyakarta

Menikmati keunggulan teknologi Smart Hybird Vehicle sejauh 600 km

Electria Mudik Suzuki Ertiga

Program reguler Electria yang telah dua tahun terakhir ini dijalankan tak hanya menguji kendaraan listrik murni saja. Namun sesuai dengan namanya, program bertujuan untuk mensosialisasikan kendaraan-kendaraan elektrifikasi termasuk hybrid dan plug-in hybrid.

KEY TAKEAWAYS

  • All New Ertiga Hybrid Cruise dimotori oleh mesin berkode K15B. Kemudian dilengkapi teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Kapasitas baterai pun meningkat. Dari 6 Ah menjadi 10 Ah agar memberikan kinerja semakin optimal

    Memberikan kinerja mesin semakin optimal sebagai mobil rendah emisi dan irit bahan bakar. Performa kendaraannya tetap mumpuni.
  • Berapa kapasitas baterai All New Ertiga Cruise Hybrid?

    10 Ah yang dikombinasikan dengan mesin berkubikasi 1.462 cc, DOHC, VVT
  • Menjelang hari liburan Idul Fitri 2024, kami menggelar Electria Mudik dengan Mobil Hybrid. Di sini kami lebih banyak mengupas segi kepraktisan berkendara. Mulai dari kelapangan kabin, fitur-fitur pendukung perjalanan jauh, kenyamanan hingga sampai yang sangat signifikan adalah efisiensi bahan bakar tanpa repot harus mengecas di SPKLU. Kami mengajak Suzuki Ertiga Cruise Hybrid yang baru saja meluncur di IIMS 2024 kemarin untuk turut ambil bagian dalam kegiatan ini.

    Guna menjaga kenyamanan dan efisiensi berkendara ketika melancong jauh, All New Ertiga Hybrid Cruise dimotori oleh mesin berkode K15B. Kemudian dilengkapi teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Kapasitas baterai pun meningkat. Dari 6 Ah menjadi 10 Ah agar memberikan kinerja semakin optimal sebagai mobil rendah emisi dan irit bahan bakar. Bagian ini yang membuat kian mantap buat diajak berkelana dari Jakarta menuju Yogyakarta dengan jarak sejauh lebih kurang 600 km. Selain pengujian, perjalanan ini menjadi simulasi mudik Lebaran 2024.

    Electria Mudik Suzuki Ertiga

    Usai tim melakukan pengecekan kendaraan, seperti tekanan ban (sesuai standar pabrikan) hingga cairan mobil, Ia siap melesat dengan penuh kenyamanan. Ketika Suzuki Ertiga Cruise Hybrid melesat di atas Tol MBZ, inilah saat yang tepat untuk merasakan karakter ayunan suspensi. menggunakan penyangga depan tipe MacPherson Strut dan di belakang mengusung Torsion Beam.

    Baca Juga: Suzuki Kerahkan 66 Bengkel Siaga di Jalur Mudik

    Pabrikan (Suzuki) patut diapresiasi piawai meracik peredam guncangan di All New Ertiga Hybrid Cruise. Ketika melindas sambungan jalan di MBZ, Mobil tetap stabil walau diajak berselancar dengan kecepatan 100 km/jam. Rebound atau pengembalian pegas terasa pas. Tidak bikin mual pengemudi di depan maupun di belakang. Sehingga kalau dipakai mudik atau berlibur bersama keluarga terasa asyik. Nah, bagi pemudik, disarankan sudah mengisi bahan bakar penuh karena Anda tidak bisa berhenti. Rest area baru tersedia di KM 57 A, Cikampek.

    Ketika Tim OTO Media Group melakukan perjalanan bersama All New Ertiga Hybrid Cruise, terdapat sejumlah perbaikan dan pelebaran jalan di sejumlah titik di tol Cipali. Kebanyakan di depan rest area supaya jalur lebih lapang dan tidak terjadi penyempitan (bottlenecking). Namun ketika pulang ke arah Jakarta. Sejumlah pekerjaan sudah dibereskan. Ini bisa menjadi catatan bila pemudik ingin mengunjungi fasilitas peristirahatan sementara. Bisa bikin daftar persiapan agar perjalanan semakin matang.

    Sepanjang tol Cipali yang relatif banyak jalur lurus, paling enak mengaktifkan fitur cruise control kepunyaan All New Ertiga Hybrid Cruise. Tinggal tekan tombol di bagian kanan setir, kaki otomatis bebas pegal. Namun tetap berjaga di pedal rem. Perangkat ini sangat membantu kepraktisan berkendara, sekaligus menekan konsumsi bahan bakar. Sebab putaran mesin (rpm) sangat terjaga. Saat kecepatan 100 km/jam konstan, hanya 2.000 rpm, kinerja enjin tidak kesusahan.

    Ertiga Hybrid Cruise senantiasa memanggul enjin K15B Euro 4. Di atas platform heartect terpasang mesin berkubikasi 1.462 cc, DOHC, VVT. Ukuran diameter langkah 74,0 x 85,0 mm. Dengan pengabutan bahan bakar pakai multipoint injection, daya terkirim 105 PS di 6.000 rpm. Kemudian denyut torsi maksimum 138 Nm pada 4.400 rpm. Transmisi masih pakai matik lawas 4-speed.

    Electria Mudik Suzuki Ertiga

    Walau menggunakan jenis matik AT, perpindahan gigi sangat mulus. Tak kalah dengan jenis CVT. Putaran bawah sangat mudah digapai dengan cekatan. Mesin tidak gampang meraung. Suzuki Cruise Hybrid merupakan jenis kendaraan hybrid ringan. Sistem pakai Integrated Starter Generator (ISG) dan Lithium-Ion Battery.

    Nah, secara bersamaan dengan mesin pembakaran internal, kolaborasi ini dibilang bakal menambah keunggulan fitur lain. Seperti Auto Start-Stop, restart halus nan senyap setelah auto start-stop aktif. Ada pula bantuan tenaga untuk akselerasi responsif. Tak ketinggalan, tersisip sistem regenerasi daya baterai selama penghelaan laju kendaraan.

    Ketika pengendara melakukan akselerasi. Komponen ISG memberikan bantuan tenaga ke jantung pacu, bila dibutuhkan guna meringankan beban putaran mesin sehingga mobil bisa memperoleh tenaga lebih cepat. Saat pengemudi harus melakukan perlambatan kecepatan menggunakan rem, maka fungsi ISG mengubah energi kinetik menjadi listrik untuk disimpan dalam Lithium-Ion Battery. Hasil berdasar MID selama melesat di jalan bebas hambatan, sanggup mencatatkan konsumsin bahan bakar 18 km/liter hingga 20 km/liter. Namun syaratnya, bikin kecepatan konstan dan putaran mesin di bawah 3.000 rpm. Lalu kondisi jalan cenderung ramai lancar.

    Electria Mudik Suzuki Ertiga

    Perangkat Penunjang

    Beberapa fitur ditanam di dalam All New Ertiga Hybrid Cruise untuk mengakomodasi kebutuhan mobilitas keluarga. Salah satunya head unit 8 inci. Bisa sambung dengan Android Auto dan Apple CarPlay. Selain bisa putar musik dan lagu favorit. Layar ini bisa menampilkan navigasi, setelah sambung dengan ponsel pintar Anda. Sangat bermanfaat. Contohnya ketiga mobil sudah melewati Semarang, hingga keluar Tol Boyolali.

    Tidak semua jalan memiliki papan petunjuk. Apalagi kalau Anda melewati malam hari. Peta digital yang tertera di dalam head unit sangat diandalkan tatkala bergerak dari Boyolali, menuju Klaten hingga sampai di tujuan, Yogyakarta. Sepanjang perjalanan, sederet fitur fungsional seperti ventilated cup holder, USB charging port dan double blower sangat membantu. Semakin melengkapi keunggulan All New Ertiga Cruise Hybrid. Bagi keluarga aktif nan dinamis, bagasi lapang (150 liter) sanggup menampung barang bawaan saat berlibur atau mudik. Tidak hanya itu, jok baris kedua bisa diatur (maju & mundur). Jadi pilihan tepat untuk disesuaikan dengan kebutuhan mobilitas.

    Baca Juga: Lebaran Drive 2024: Mudik Raya Libatkan 10 Mobil Termasuk Elektrifikasi

    Aneka Wisata Yogyakarta

    Lantaran perjalanan cenderung santai, kami banyak rehat dan menikmati kenyamanan bareng All New Ertiga Hybrid Cruise. Dari Jakarta menuju Yogyakarta ditempuh 12 jam. Mungkin pemudik bisa saja lebih cepat. Setelah rehat semalaman, Tim OTO Media Group bergerak menyusuri Malioboro yang merupakan nama salah satu jalan di pusat Kota Yogyakarta. Membentang dari Tugu Yogyakarta hingga ke perempatan Kantor Pos Yogyakarta. Banyak sekali pusat perbelanjaan tradisional dan bangunan penuh nilai histori. Namun rasanya kurang mantap bila tidak mampir ke pasar Beringharjo. Anda bisa berbelanja aneka pakaian dengan harga aman di kantong. Masih banyak lagi daya tarik di sini.

    Electria Mudik Suzuki Ertiga

    Karena perjalanan Mudik Bersama All New Ertiga Hybrid Cruise ini dijalankan pada saat Ramadan, kami mendatangi kawasan Masjid Jogokariyan yang menjadi salah satu magnet di Yogyakarta. Di sini kami berburu aneka panganan tradisional hingga kekinian. Takjil (kudapan setelah berbuka puasa) menjadi sesuatu yang khas di sini. Tidak lupa untuk beribadah di sini. Bahkan dengan amat mudah, Anda ditawari nasi untuk berbuka. Walau kondisi hujan, tidak menyurutkan masyarakat untuk berbondong-bondong ke sini.

    Bengkel Siaga

    Ada banyak hal menarik di Yogyakarta. Sebagai penutup, OTO.com juga menyambangi salah satu dealer di sini untuk melihat persiapan untuk melayani konsumen saat musim mudik dan Lebaran. Perlu dicatat, Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah menyiapkan layanan Bengkel Siaga untuk mobil. Lokasinya tersebar di 66 titik di wilayah Sumatra, Banten, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Bali selama 10 hari. Dari 5 – 14 April 2024. Selain layanan hingga 24 jam, khusus pada tahun ini PT SIS juga mengadakan Emergency Rest Area atau posko perbaikan di rest area strategis sepanjang jalan tol lintas Jawa.
    (ANJAR LEKSANA / EK)

    Baca Juga: Suzuki Vitara Dapat Facelift di Eropa, Tapi Terkesan Setengah-Setengah

    Pelajari lebih lanjut tentang Suzuki Ertiga Smart Hybrid

    • Tampak Depan Bawah Suzuki Ertiga Smart Hybrid
    • Tampak Grille Ertiga Smart Hybrid
    • Fog lamp depan Ertiga Smart Hybrid
    • Lampu depan Ertiga Smart Hybrid
    • handle pintu Ertiga Smart Hybrid
    • Pelek Ertiga Smart Hybrid
    Suzuki Ertiga Smart Hybrid
    Rp 275,6 - 299 Juta Cicilan mulai dari : Rp 6,29 Juta

    Mobil Suzuki Lainnya

    • Suzuki Ertiga Smart Hybrid
      Suzuki Ertiga Smart Hybrid
    • Suzuki XL7
      Suzuki XL7
    • Suzuki APV Arena
      Suzuki APV Arena
    • Suzuki Carry
      Suzuki Carry
    • Suzuki Jimny
      Suzuki Jimny
    • Suzuki Jimny 5 Door
      Suzuki Jimny 5 Door
    • Suzuki Ertiga
      Suzuki Ertiga
    • Suzuki Grand Vitara
      Suzuki Grand Vitara
    • Suzuki Ignis
      Suzuki Ignis
    • Suzuki S-Presso
      Suzuki S-Presso
    • Suzuki Swift
      Suzuki Swift
    • Suzuki Baleno
      Suzuki Baleno
    • Suzuki Carry Blind Van
      Suzuki Carry Blind Van
    • Suzuki Vitara
      Suzuki Vitara

    Featured Articles

    Read All

    Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

    Mobil Suzuki Pilihan

    • Upcoming

    Pilihan mobil untuk Anda

    • Mitsubishi Xpander
      Mitsubishi Xpander
      Rp 263,2 - 322,9 Juta
      • Petrol
      • MPV
      • 1499 cc
      • Manual, CVT
      • 14 kmpl
    • Suzuki Ertiga
      Suzuki Ertiga
      Rp 231,4 - 265,8 Juta
      • Petrol
      • MPV
      • 1462 cc
      • Manual, Otomatis
    • Toyota Avanza
      Toyota Avanza
      Rp 239,7 - 276,7 Juta
      • Petrol
      • MPV
      • 1329 cc
      • Manual, CVT
    • Nissan Livina
      Nissan Livina
      Rp 292,5 - 327 Juta
      • Petrol
      • MPV
      • 1499 cc
      • Manual, Otomatis
    • Suzuki XL7
      Suzuki XL7
      Rp 258,6 - 307,4 Juta
      • Petrol
      • MPV
      • 1462 cc
      • Manual, Otomatis

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Review
    • Artikel Feature