LEBARAN DRIVE: Selain Kaya Fitur, Honda BR-V N7X Edition Curi Perhatian Untuk Mudik

Penampilannya lebih segar dan eksklusif dengan sentuhan ala versi konsepnya.

Honda BR-V N7X Lebaran Drive

SERANG, Carvaganza - Honda BR-V N7X Edition menjadi salah satu mobil pilihan Oto Media Group untuk kegiatan Lebaran Drive tahun ini, yang mengangkat tema Mudik Raya. Formatnya sebagai SUV 7-seater cocok untuk menjadi kendaraan mengajak keluarga selama mudik.

Kombinasi kepraktisan, fitur lengkap, dan tampilan lebih atraktif menjadi paket dari BR-V Prestige N7X Edition with Honda Sensing yang saya pakai. Selama hampir 2 minggu, saya dan keluarga memanfaatkan mudik lebaran dengan berkeliling kota sekaligus pulang kampung ke daerah Serang, Banten.

Seperti kita tahu, New Honda BR-V N7X Edition punya tampilan lebih stylish yang serupa dengan konsep Honda N7X. Perbedaan paling mencolok dengan BR-V Prestige reguler terlihat dari eksteriornya. Pakai aero kit dan garnish, serta nama baru yang lebih ikonik. Lantas bagaimana pengalaman saya berkendara dengan New Honda BR-V N7X Prestige with Honda Sensing, simak ulasan berikut.

Honda BR-V N7X Lebaran Drive

Tampilan Baru Jadi Pusat Perhatian

BR-V N7X Edition merupakan varian terbaru dari New Honda BR-V yang mengalami perubahan di bagian eksterior. Inilah yang menjadi poin utama dalam pengalaman berkendara selama musim mudik lebaran. Sementara untuk interior, fitur, dan dapur pacunya, Honda masih mempertahankan spesifikasi yang sama seperti pada varian Prestige with Honda Sensing.

Jadi, secara rasa berkendara, tidak jauh berbeda dengan mengendarai BR-V varian tertinggi. Meski begitu, N7X Edition tentu menawarkan nilai yang lebih tinggi dengan tampilannya. Selain itu, dengan segala penambahan aero kit, bisa menambah rasa percaya diri saat berada di balik kemudinya. Apa saja komponen yang ditambah?

Baca Juga: LEBARAN DRIVE 2024: Pakai Toyota Yaris Cross HEV Mudik ke Tegal, Ini Benefit Dari Mesin Hybrid

Mulai dari New Power Retractable Black Door Mirror with LED Turning Signal serta Door Handle dan Tailgate Spoiler. Kemudian juga ditambahkan New Black Shark Fin Antenna, New Reflector Garnish pada bagian belakang mobil. Lalu pada bagian roda kini menggunakan Wheel Arch Protector berwarna hitam yang semakin sporty dengan New 17” Progressive Black Alloy Wheel Design. Utamanya emblem N7X Edition yang terletak di bagian grill depan. Lalu ada lis krom di fog lamp. Spesialnya lagi pakai warna Sand Khaki Pearl yang banyak digemari dan menjadi favorit.

Dari semua penambahan aero kit, BR-V N7X Edition selalu menjadi pusat perhatian di jalan maupun di tempat parkir mal. Salah satunya saat di Aeon Mal BSD City. Ia tak menyangka unit yang saya pakai terlihat keren saat dilihat dari dekat. Saya pun mengungkapkan komponen apa saja yang menjadi pembeda dengan versi regular. Sejatinya dia juga pengguna Honda BR-V Prestige warna Premium Opal White Pearl.

Honda BR-V N7X Lebaran Drive

Nuansa Mewah Interior Tetap Terasa

Pertama kali masuk ke ruang kabin, BR-V N7X tetap menawarkan nuansa mewah dengan dominasi warna hitam. Seluruh jok dilapisi dengan Leather-Trimmed Seat. Kursinya dirancang ala semi bucket, terasa nyaman. Posisi duduk bisa diatur sesuai keinginan dengan tuas manual di samping kanan pengemudi.

Head room dan leg room cukup lega. Visibilitas cukup luas, tak ada ornamen yang mengganggu. Buat pengendara dan penumpang depan disediakan center console box dengan penutup yang bisa jadi armrest. Cukuplah untuk menopang lengan yang lelah kala melakukan perjalanan jauh. Sedang sisi kanannya ada sandaran di lekukan door trim, enaknya juga dilapisi bahan kulit.

Di setir kemudi menggunakan bahan kulit berkualitas, memberikan kesan premium. Pengemudi akan merasa nyaman memegang setirnya saat berkendara. Sebab bagi tangan yang sering berkeringat seperti saya, ini sangat membantu, pegangan tidak mudah licin. Sedang pengaturan setir hanya mengandalkan teleskopik naik-turun.

Kemudahan melihat MID terbantu dengan adanya steering switch. Terdapat pula penyetelan multimedia dan telepon, serta utamanya ada sistem keselamatan yang dinamakan Honda Sensing. Di bagian kanan penuh tombol untuk MID, Lane Keep Assist System (LKAS) dan adaptive cruise control, tombol untuk mengatur seberapa dekat atau jauh jarak terhadap mobil di depan kita.

Tepat di balik setir, ada tuas untuk wiper dan lampu depan dengan teknologi Auto High-Beam. Tombol untuk Honda Lane Watch berada di ujung tuas kanan yang tergabung sein dan lampu. Keamanan di sisi kiri mobil jadi lebih terjamin, karena secara visual tampak di layar head unit.

Honda BR-V N7X Lebaran Drive

Door trim masih didominasi bahan plastik. Begitu juga dengan dashboard. Tapi ada sedikit pemanis di sisi kiri. Terdapat soft touch dari bahan kulit. Di tengah kita bisa menjumpai AC digital dan head unit layar sentuh 7 inci. Di bawahnya ada cup holder dan dua buah lubang USB dan satu power outlet 12V. Sangat bermanfaat buat pengisian daya baterai gadget.

Secara keseluruhan ia memiliki kapasitas 7 penumpang. Salah satu keunggulan bangku baris tengah mobil ini ialah adanya tiga buah headrest adjustable. Enaknya, jok tengah bisa diatur maju-mundur ditambah juga pengaturan recline. Jadi bisa menyesuaikan tinggi penumpang. Bermanfaat juga ketiga bangku baris ketiga diisi oleh orang dewasa.

Akses menuju kursi belakang juga tergolong mudah. Karena kursi tengah bisa dilipat hanya dengan satu tarikan tuas, posisinya berada di sisi samping jok.

Buat aspek kenyamanan, ada AC double blower yang memang sudah wajib tersedia pada mobil tiga baris bangku. Penumpang di bangku tengah kebagian satu buah power outlet 12V, letaknya ada di konsol tengah. Sedang paling belakang kebagian di dekat jendela sebelah kanan. Untungnya kami membawa konektor tambahan, selama perjalanan bisa sambil charger smartphone.

Pengalaman Sama Rasa

Berkat adanya fitur smart entry, kita tidak perlu berinteraksi dengan remote, pengunci dapat dibuka lewat sentuhan di handle pintu. Ditambah dengan Walk-Away Auto Lock. Begitu remote yang kita kantongi menjauh dari mobil, maka dapat mengunci secara otomatis.

Pengalaman paling seru yaitu bisa menyalakan kendaraan dari jauh lewat Remote Engine Start. Teknologi ini menurut kami tergolong canggih di kelas LSUV. Caranya mudah, tekan dulu tombol tengah, lalu atas dan terakhir tekan paling bawah 5 detik. Voila, mobil dan AC menyala secara otomatis.

Selama dua minggu, kami menggunakan BR-V N7X Edition dengan berkeliling kota dan paling jauh mudik ke daerah Serang, Banten. Dengan total perjalanan sejauh 405 km. Hampir semua aspek kami jajal.

Honda BR-V N7X Lebaran Drive

Pertama dari sisi performa, menurut kami sensasi rasanya masih sama dengan versi Prestige reguler. Sebab New Honda BR-V N7X Edition tetap mempertahankan mesin i-VTEC DOHC 1.5L. Akselerasi di jalan tol tenaganya responsif. Ketika menginjak pedal gas, torsi agresif dapat tersalurkan dengan baik. Kenikmatan berkendara jadi terasa, akselerasi seakan bersatu dengan suara mesin. Sebagai catatan, mesin berkode L15ZF ini punya tenaga 121 ps atau 119 hp di 6.000 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.300 rpm.

Dalam hal stabilitas juga tak ada beda, sebab masih menggunakan kombinasi McPherson strut di depan dan Torsion beam di belakang. Ia terasa seimbang dari segi kemampuan meredam. Tidak terlalu empuk ataupun keras. Contohnya saat di jalan tol JORR - TB. Simatupang yang terkenal bumpy, dirinya mampu berikan redaman yang baik. Penumpang di baris kedua juga tetap merasa nyaman.

Ketika mencoba banting setir buat menghindari lubang masih terasa cukup ajeg. Tentu itu juga terbantu oleh Vehicle Stability Assist (VSA) yang secara khusus didesain untuk menstabilkan manuver kendaraan. Kemudi juga lebih nurut dengan pergerakan buntut yang lebih terkontrol. Karakter ini sangat menyenangkan.

Baca Juga: LEBARAN DRIVE: Mudik Bersama New Hyundai Palisade, Ternyata Bisa Irit BBM

Saat ingin pindah lajur dengan mengaktifkan sein kiri, maka secara otomatis imaji area blind spot kiri terlihat di layar tengah. Ini berkat adanya fitur Honda LaneWatch. Namun karena masih terbiasa dengan mobil konvensional, mata tetap saja melihat ke spion kiri. Kekedapan kabin cukup baik. Noise dari luar dapat terminimalisir. Getaran mesin juga lebih tenang, sebab side mounted dan trans mounting telah dioptimalkan.

Menyoal konsumsi bahan bakarnya, kami menghitungnya pakai dua metode, full-to-full dan berdasarkan MID. Jarak 405,4 km membutuhkan bahan bakar 29,36 liter. Didapat 13,8 km/liter. Tidak terpaut jauh dari data MID sebesar 15 km/liter. Angka ini didapat dari cara berkendara faktual. Bila kondisi jalan tol kosong, kecepatan bisa menyentuh 120 - 130 km/jam. Suasana stop and go juga kami rasakan. Dan bahan bakar yang digunakan yakni tipe RON 92.

Honda BR-V N7X Lebaran Drive

Nyaman dan Aman Berkat Fitur Honda Sensing

Kemampuan untuk memantau kondisi eksternal dan memberikan respons atau bertindak aktif sesuai parameter tertentu. Tersaji demi meningkatkan keselamatan dalam berkendara sekaligus menambah kenyamanan.

Selama perjalanan, mencoba fitur asisten berkendara menjadi bagian paling menyenangkan. Fitur yang sering terpakai yaitu Lane Keeping Assist System (LKAS) dan Road Departure Mitigation System (RDM). Pada prinsipnya dua fitur ini bekerja menjaga posisi mobil agar tidak keluar lajur tanpa disadari pengemudi. Keduanya juga membantu kendaraan di posisi aman.

Terbukti kala mobil mulai menyimpang dari lajur tanpa mengoperasikan sinyal belok, terasa ada getaran pada kemudi dan muncul peringatan visual di bagian MID. Bagi yang belum terbiasa mungkin agak aneh, sebab ada koreksi setir untuk menjaga posisi mobil tidak keluar marka atau garis pembatas jalan. Oh iya, LKAS aktif saat kendaraan bergerak dengan kecepatan 72 km/jam atau lebih.

Fitur selanjutnya yang cukup intens yakni Adaptive Cruise Control (ACC). Bisa berfungsi saat mobil sudah ada di kecepatan 30 km/jam dan seterusnya. Teknologi ini sangat membantu karena dapat menjaga jarak mobil di depan di posisi aman dengan kecepatan konstan. Enaknya lagi, terdapat tiga level pilihan jarak dan secara otomatis menyesuaikan kecepatan dengan kendaraan di depan kita. Melintasi jalan tol jadi lebih aman.

Selanjutnya Lead Car Departure Notification System (LCDN). Fitur ini sering terpakai ketika berada di tengah kemacetan dan di traffic light. Bila kendaraan lain di depan mulai melaju dan kita belum bergerak, ada peringatan dalam bentuk visual dan audio di layar MID. Terima kasih atas atensinya.

Honda BR-V N7X Lebaran Drive

Bantuan lain termasuk Auto-High Beam, tinggal putar tuas yang bersemayam setingan lampu ke posisi Auto, maka secara otomatis pencahayaan lampu utama bisa menyesuaikan. Saat kami melewati terowongan dan ketika menjelang petang, sorotan cahaya langsung menyala. Bisa juga secara intuitif mengatur antara sorot lampu jauh dan lampu malam, sehingga tidak menyilaukan pengemudi lain dari arah berlawanan.

Kemudian Collision Mitigation Braking System (CMBS). Fitur ini sebetulnya sangat penting namun kurang intens lantaran rute yang kami lalui yaitu jalan tol. Tapi tak ada salahnya ketika mencoba sensitivitas teknologi ini ketika di antrean gerbang tol. Saat mobil terlalu cepat merapatkan jarak dengan kendaraan atau objek lain di depan, sistem seketika memberi peringatan. Bila kita tidak merespons, sistem langsung ambil alih untuk melakukan pengereman secara otomatis, bahkan sampai mobil berhenti.

Simpulan

Meski secara rasa berkendara tidak jauh berbeda dengan mengendarai BR-V varian tertinggi, dengan segala penambahan bodykit bisa menambah rasa percaya diri saat berada di balik kemudinya. Dan sesuai Namanya, N7X Edition menawarkan nilai yang lebih tinggi dengan tampilannya.

Apalagi fitur yang termasuk dalam Honda Sensing. Teknologi keselamatan dan keamanan bukan sekadar gimik. Walau dibekali fitur pintar, seluruh kendali kendaraan tetap berada di tangan pengemudi. Tapi setidaknya dapat membantu mengurangi risiko terjadinya kecelakaan jika semua variabel telah terpenuhi.

Warna Sand Khaki yang spesial terdapat menemani warna lainnya seperti; Premium Opal White Pearl, Crystal Black Pearl, Meteoroid Grey Metallic.

Sebagai informasi, BR-V N7X Edition bukanlah khusus varian tertinggi. Melainkan ada di tiap tipe dengan penambahan biaya Rp1 juta dari trim standar. Dengan kata lain, N7X Edition tersedia juga di tipe E CVT, Prestige dan Prestige Honda Sensing. Harga ditawarkan mulai Rp319,4 juta untuk tipe E CVT, Rp343,4 juta tipe Prestige dan Rp363,4 juta buat versi Prestige with Honda Sensing.
(ZENUAR YOGA / WH)

Baca Juga: LEBARAN DRIVE: Menu Andalan Mercedes-Benz GLE 450 AMG Line Jadi Partner Liburan

Pelajari lebih lanjut tentang Honda BRV

  • Tampak Depan Bawah Honda BRV
  • Tampak Grille BRV
  • Fog lamp depan BRV
  • Lampu depan BRV
  • lampu belakang BRV
  • Honda BRV Drivers Side Mirror Front Angle
  • handle pintu BRV
  • Pelek BRV
  • Antena atap BRV
  • Tampak belakang tengah BRV
  • Honda
Honda BRV
Rp 292,9 - 363,4 Juta Cicilan mulai dari : Rp 6,68 Juta

Mobil Honda Lainnya

  • Honda BRV
    Honda BRV
  • Honda Brio
    Honda Brio
  • Honda HRV
    Honda HRV
  • Honda WRV
    Honda WRV
  • Honda City Hatchback
    Honda City Hatchback
  • Honda CRV
    Honda CRV
  • Honda Accord
    Honda Accord
  • Honda City
    Honda City
  • Honda Civic RS
    Honda Civic RS
  • Honda Civic Type R
    Honda Civic Type R
  • Honda Odyssey
    Honda Odyssey

Featured Articles

Read All

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Honda Pilihan

  • Upcoming

Pilihan mobil untuk Anda

  • Toyota Rush
    Toyota Rush
    Rp 284,4 - 310,45 Juta
    • Petrol
    • SUV
    • 1496 cc
    • Manual, Otomatis
  • DFSK Glory 560
    DFSK Glory 560
    Rp 203,9 - 275,9 Juta
    • Petrol
    • SUV
    • 1498 cc
    • Manual, CVT
  • MG ZS
    MG ZS
    Rp 315,8 - 355,8 Juta
    • Petrol
    • SUV
    • 1498 cc
    • CVT
    • 16 kmpl
  • Kia Seltos
    Kia Seltos
    Rp 342,5 - 446,5 Juta
    • Petrol
    • SUV
    • 1353 cc
    • Dual Clutch
  • Daihatsu Terios
    Daihatsu Terios
    Rp 241,55 - 307,75 Juta
    • Petrol
    • Crossover
    • 1496 cc
    • Manual, Otomatis
    • 14 kmpl

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature