Bisa Jadi Rival CR-V Hybrid, Simak Keunggulan GWM Haval H6 HEV

Spesifikasi Haval H6 HEV cukup kompetitif untuk masuk ke segmen SUV hybrid, menjadi lawan CR-V e:HEV.

Haval H6

JAKARTA, Carvaganza - Haval H6 HEV debutan Great Wall Motor (GWM) sudah dipasarkan di Indonesia. Ia dipatok Rp595,8 juta dengan status on the road Jakarta. Harga tersebut cukup menarik, lantaran jantung mekanisnya mengandalkan teknologi hybrid. Tak hanya lebih ramah lingkungan, tapi juga menawarkan performa mumpuni dibanding mobil enjin konvensional.

Bisa dibilang, H6 di kelasnya bisa disejajarkan dengan Honda CR-V e:HEV yang sama-sama mengusung powertrain hybrid. Lalu ada juga Mazda CX-5 yang ditawarkan dengan banderol tidak terpaut jauh. Mari kita kupas spesifikasi Haval H6 HEV.

Eksterior

Haval H6 memiliki dimensi panjang 4.683 mm, lebar 1.886 mm, dan tinggi 1.730 mm. Jarak sumbu rodanya 2.738 mm yang mempengaruhi pengendalian, termasuk kelapangan dalam kabin. Sementara ground clearance disetel 175 mm membuatnya mampu melibas berbagai kondisi jalan.

Haval H6 HEV

Haval H6 tampil dengan wajah futuristis dan elegan, di mana grille kompleks mendominasi dengan aksen chrome. Ia menyatu dengan bodi sangat baik berkat tak adanya batas pemisah tebal. Gaya yang semakin umum diaplikasikan pabrikan otomotif khususnya dari Cina.

Baca Juga: Main ke Haval Technology Center di Baoding, Kenalan Langsung Dengan 5 Merek GWM

Perangkat pun dipadukan lampu utama LED yang dapat nyala dan mati secara otomatis (Auto on-off headlamp), pengaturan low-high beam otomatis (Auto high-low beam) dan Follow-me-home function. Penggunaan LED juga di lampu kabut dan daytime running light (DRL).

Untuk meningkatkan kemudahan, spion samping Haval H6 dapat diatur secara elektrik; dilengkapi lampu sein dan dapat melipat otomatis saat mobil dikunci. Ditambah dengan wiper sensor hujan dan sunroof elektrik dengan panoramic view, ini jadi fitur mewah yang dapat dinikmati pengguna.

Sisi Haval H6 dilengkapi velg bergaya dinamis khas mobil elektrifikasi. Ukurannya 19 inci terbalut karet bundar berprofil 225/55 sebagai standar. Pabrikan membekali mobil dengan perangkat perbaikan ban, ini sangat membantu ketika terjadi kebocoran di tengah perjalanan.

Tampak belakang menganut desain tak kalah atraktif. Terbilang minimalis siluet di tiap tier. Fokus utamanya terletak pada lampu kombinasi LED yang dibuat seperti berkisi-kisi dan memanjang selebar bodi. Ia bakal terlihat dominan ketika malam hari, di temani palang tebal kontras bodi.

Haval H6 HEV

Interior

Haval H6 menawarkan interior yang berkelas dan modern dengan pilihan warna hitam dan abu-abu yang elegan. Aksen rose gold pada garnish interior menguatkan nuansa ditambah lampu ambient. Material kulit sintetis melapisi jok. Kursi pengemudi memiliki 6 pengaturan posisi secara elektrik. Sementara kursi penumpang depan turut dilengkapi pengaturan elektrik 4 arah dan dapat dikendalikan dari sisi pengemudi.

Lingkar kemudi multifungsi berbahan leather memberikan kontrol penuh dan kemudahan akses bagi pengemudi. Konsol tengah double deck dengan armrest dan cup holder menyediakan ruang penyimpanan tambahan. Dashboard tampil sangat mewah dan minimalis dengan tak banyak garis-garis rumit. Layar sentuh berukuran 12.3 inci tak hanya menjadi pusat hiburan tapi juga kontrol fungsi kendaraan. Ia dihubungkan sistem audio dengan 8 speaker berpengaturan khusus untuk treble, woofer, dan teknologi DTS yang menghasilkan suara jernih dan bertenaga. Perangkat layar dapat terhubung ke smartphone melalui Bluetooth atau kabel dengan dukungan Apple CarPlay dan Android Auto.

Tak ketinggalan, Haval H6 dilengkapi dengan sistem perintah suara dan kemampuan update firmware secara Over the Air (OTA). Ini turut mempengaruhi fitur panel instrumen digital sepenuhnya berukuran 10,25 inci. Informasi tersaji menjadi sangat jelas. Pada dashboard juga terpasang pengontrol suhu kabin bergaya elegan di konsol tengah. Ia bersifat protektif lantaran dilengkapi filter udara CN95 dan ionizer sehingga udara dalam kabin tetap bersih. Lebih lanjut, kelengkapan H6 termasuk charging smartphone secara wireless dan koneksi Wi-Fi untuk menunjang hiburan sepanjang perjalanan.

Haval H6 HEV

Di sisi pengemudi, fokus berkendara dijaga dengan adanya head-up display. Tidak hanya informasi terkait kendaraan saat melaju ditampilkan, tapi juga navigasi sehingga pengemudi tak perlu mengalihkan mata dari jalan. Spion tengah diperkuat peredupan otomatis memastikan visibilitas optimal ke belakang terutama di malam hari. Kelengkapan fitur lainnya yakni rem parkir elektrik dengan fitur Auto Brake Hold memudahkan proses parkir, terutama di jalanan yang menanjak atau menurun. Terpasang pula Electronic Shifter di balik kemudi. Pengalaman berkendara menjadi lebih seru dan terasa sporty. Kemudian Smart Key & Push Start memungkinkan pengemudi menghidupkan mesin tanpa perlu menggunakan kunci.

Kenyamanan penumpang belakang disokong head rest dan arm rest dengan cup holder. Haval H6 menyediakan total 4 port USB untuk penumpang depan dan belakang, serta 1 port USB khusus untuk driving recorder. Dengan demikian, semua penumpang dapat mengisi daya perangkat elektronik mereka dengan mudah selama perjalanan. Sementara soal kelapangan khususnya untuk mengangkut barang, bangku baris kedua dapat dilipat dengan komposisi 60:40 untuk menyediakan ruang bagasi lebih luas.

Baca Juga: Operasi Ketupat 2024: Contra Flow dan One Way Akan Kembali Diterapkan saat Musim Mudik

Haval H6 HEV

Performa

Jantung pacu Haval H6 mengandalkan mesin hybrid yang memadukan mesin bensin 1.5 liter turbocharged dengan motor listrik permanent magnet synchronous. Kombinasi ini unggul di performa tinggi sekaligus menyajikan efisiensi bahan bakar mumpuni.

Mesin konvensional 4 silinder sanggup menghasilkan tenaga maksimal 150 PS (147 hp) di putaran 5.500 hingga 6.000 rpm. Adapun torsi puncak mencapai 230 Nm di rentang 1.500 sampai 4.000 rpm. Sementara motor listrik menambahkan daya sebesar 177 PS (174 hp) dan momen puntir 300 Nm. Kombinasi keduanya menghasilkan tenaga total yang mengesankan, yaitu 234 PS (230 hp) dan torsi maksimal 530 Nm. Catatan tersebut tentunya sangat bisa diandalkan dalam melintasi berbagai kondisi jalan maupun lalu lintas.

Seluruh kemampuan disalurkan ke roda melalui transmisi DHT (Dedicated Hybrid Transmission), Ia secara cerdas mengelola penyaluran daya antara mesin bensin dan motor listrik. Sistem ini memastikan perpindahan gigi halus dan mulus, sehingga kenyamanan berkendara tetap terjaga.

Tak hanya itu, Haval H6 juga menyediakan empat mode berkendara yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Adapun opsinya : Standar yang ideal untuk penggunaan sehari-hari di jalan perkotaan; Sport menyuguhkan sensasi berkendara lebih agresif dengan karakter mesin lebih responsif; Eco yang memprioritaskan efisiensi bahan bakar, cocok untuk perjalanan jauh atau kondisi jalan yang macet; terakhir Snow untuk memberikan traksi yang lebih baik di permukaan jalan licin.

Guna mengimbangi performa tersebut sehingga pengguna dapat mengendalikan dengan nyaman dan aman. Haval H6 mengandalkan suspensi MacPherson strut dengan stabilizer bar di bagian depan dan suspensi independen multi-link dengan stabilizer bar di belakang. Kombinasi apik untuk handling stabil di kecepatan tinggi maupun saat menikung. Urusan pengereman, ia dipasangkan rem cakram berventilasi di bagian depan dan rem cakram di bagian belakang.

Haval H6 HEV

Fitur Keselamatan

Kelengkapan keselamatan standar tersemat. Mulai dari Brake Assist System (BA), Anti-lock Brake System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Driver Fatigue Monitoring (DFM), Child seat anchor (ISOFIX) dan kantung udara mencakup depan, samping dan tirai. Termasuk pula Electronic Stability Program (ESP), Traction Control System (TCS), Anti-Rollover System (ARS), Hill Start Assist (HSA), Hill Descent Control (HDC), Brake Override System (BOS) dan Tire Pressure Monitoring System (TPMS).

Perangkat pengguna sensor yang tergabung dalam Advanced Driving Assistance System (ADAS) dapat ditemukan di Haval H6. Mereka terdiri dari :

  • Adaptive Cruise Control dengan Intelligent Cornering (Intelligent ACC) untuk pengendaraan tanpa perlu menginjak pedal akselerasi. Sistem dapat mempertahankan jarak aman dan menavigasikan tikungan dengan mudah.
  • Traffic Jam Assist (TJA) yang berfungsi mengurangi kelelahan pengemudi dalam kemacetan stop-and-go.
  • Traffic Sign Warning memastikan kewaspadaan pengemudi terhadap peraturan lalu lintas yang akan datang.
  • Over Speeding Limit Alarm mengingatkan pengemudi saat melebihi batas kecepatan.
  • Auto Emergency Braking + Intersection (AEBI) yang secara otomatis menerapkan rem untuk menghindari tabrakan atau mengurangi tingkat keparahan benturan.
  • Emergency Signal System (ESS) berfungsi mengaktifkan lampu hazard secara otomatis saat pengereman keras untuk memperingatkan kendaraan di belakang.
  • Lane Departure Warning (LDW) untuk memperingatkan jika kendaraan mulai keluar jalur secara tidak sengaja.
  • Lane Keeping Assist (LKA) menjaga mobil tetap di jalur.
  • Lane Center Keeping (LCK) yang mempertahankan posisi kendaraan di tengah jalur.
  • Lane Change Assistant (LCA) membantu perpindahan jalur dengan aman.
  • Blind Spot Detection (BSD) sebagai penjaga titik buta kendaraan.
  • Auto Reversing Assistance (ARA) menyimpan posisi 50 meter terakhir, kemudian memundurkan mobil secara otomatis.
  • Rear Collision Warning (RCW) sebagai pengingat ketika terdapat kendaraan di belakang saat proses mundur.
  • Rear Cross Traffic Alert (RCTA) yang juga berfungsi mengingatkan bila ada kendaraan melintas di belakang.
  • Rear Cross Traffic Braking (RCTB) menerapkan rem secara otomatis untuk mencegah tabrakan dengan kendaraan yang melintas di belakang saat mundur.
  • Second Collision Mitigation (SCM) membantu meminimalkan kerusakan dari benturan kedua setelah tabrakan.

Haval H6 HEV

Proses parkir pun lebih mudah terutama untuk pengemudi pemula berkat adanya Integration Intelligent Parking (IIP). Ia dapat membantu tiga jenis proses parkir baik paralel, diagonal atau mundur. Ini masih ditopang kamera 360 derajat dan sensor depan-belakang yang masing-masing berjumlah 6 titik.
(MUHAMMAD HAFID / WH)

Baca Juga: Kia Sonet Rilis Night Edition, Eksklusif Tampilkan Karakter Agresif

Pelajari lebih lanjut tentang GWM Haval H6

  • Tampak Depan Bawah GWM Haval H6
  • Tampak Grille Haval H6
  • Lampu depan Haval H6
  • lampu belakang Haval H6
  • GWM Haval H6 Drivers Side Mirror Front Angle
  • Pelek Haval H6
  • Antena atap Haval H6
  • Roof rail Haval H6
  • Tampak belakang Haval H6
GWM Haval H6
Rp 595,8 Juta Cicilan mulai dari : Rp 13,59 Juta

Mobil GWM Lainnya

  • GWM Haval H6
    GWM Haval H6
  • GWM Tank 500
    GWM Tank 500

Don't Miss

Featured Articles

Read All

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil GWM Pilihan

Pilihan mobil untuk Anda

  • Toyota Fortuner
    Toyota Fortuner
    Rp 564,2 - 730,85 Juta
    • Diesel
    • SUV
    • 2393 cc
    • Manual, Otomatis
  • Nissan X Trail
    Nissan X Trail
    Rp 576 Juta
    • Petrol
    • SUV
    • 2488 cc
    • CVT
  • Mazda CX-30
    Mazda CX-30
    Rp 572,2 Juta
    • Petrol
    • SUV
    • 1998 cc
    • Otomatis
  • Mazda CX3
    Mazda CX3
    Rp 399,9 - 495,5 Juta
    • Petrol
    • SUV
    • 1496 cc
    • Otomatis
  • MG HS
    MG HS
    Rp 460,8 - 550,8 Juta
    • Petrol
    • SUV
    • 1490 cc
    • Dual Clutch

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza