Beranda New Cars Demam Sportscar, Hyundai akan Garap Lagi Genesis Coupe?

Demam Sportscar, Hyundai akan Garap Lagi Genesis Coupe?

SEOUL, Carvaganza.com – Jika melihat line up Hyundai saat ini, bisa dibilang didominasi oleh model SUV dan crossover seperti Tucson, Santa Fe, Kona dan lainnya. Sepertinya Hyundai ingin sedikit mengubah komposisi produknya tersebut, dengan menambah model sportscar.

Melalui merek mewahnya, Hyundai berencana untuk lahirkan kembali model sportscar Genesis Coupe. Mobil tersebut sempat bersinar sejak mewarnai pasar otomotif pada awal dekade 2010-an lalu. Kini, Hyundai berniat untuk bangkitkan kembali Genesis Coupe.

Formula kombinasi body coupe, mesin V6 dan penggerak roda belakang (RWD) pada Coupe saat itu mendapat reputasi positif dari para antusias. Kemungkinan besar Hyundai akan menerapkan kombinasi tersebut pada calon generasi penerusnya.

Menruut Motor Trend, Scott Margason selaku director of product planning di Hyundai ingin menghadirkan kembali penerus dari Coupe. Untuk Genesis, model Coupe akan cocok untuk melengkapi line up saat ini yang diisi oleh model sedan mewah.

Dikatakan Margason, jika dirinya bisa menjadi pengambil keputusan di Hyundai, dirinya akan pasti melahirkan kembali Genesis Coupe. Bahkan akan dibuatnya menggunakan mesin pembakaran internal, bukannya full electric seperti koncep Essentia yang pernah dipamerkan Hyundai.

Menariknya, Hyundai pada 2015 lalu sempat mendaftarkan nama GT60 dan GT90. Hal tersebut langsung mengindikasikan intensi pabrikan untuk membuat model sportscar. Memang mirip, namun Genesis Coupe bukanlah penerus dari Hyundai Triburon / Coupe yang hadir di awal millennium lalu.

Meski Hyundai memiliki divisi N sebagai spesialis mobil performa tinggi, model yang ditawarkan seluruhnya hadir dalam wujud hatchback. Sebut saja i20 N, i30 N dan Veloster N.

Spesifikasi Ganas

Genesis Coupe saat masa jayanya hadir bukan sekadar menjadi suplemen model Genesis untuk memiliki sportscar. Hyundai menggarap serius model ini sehingga berhasil mencuri hati banyak kalangan penggila performa, termasuk rnah motorsport.

Ada dua jenis mesin yang ditawarkan saat itu untuk Coupe, yaitu empat silinder Theta 2.0 liter dan Lambda V6 3.8 liter. Varian V6 tentunya menjadi menu utama dari mobil ini, yang dilahirkan Hyundai untuk melawan Infiniti G37.

Dalam kondisi standar saja, mesin V6 tersebut bisa menghasilkan tenaga hingga 348 hp dan torsi 400 Nm. Pilihan transmisi yang disediakan saat itu yaitu manual 6-speed dan otomatis 6-speed ZF. Askelerasi 0-100 km/jam tercepatnya adalah dalam 5,9 detik.

Tidak hanya ganas, spesifikasi dari Coupe tersebut bahkan berhasil membuatnya dipercaya menjadi basis mobil balapa di berbagai ajang motorsport. Cukup populer di Amerika, Coupe pernah tampil di ajang Formula Drift, Pikes Peak International Hill Climb, US Touring Car Championship, serta Time Attack.

Pembalap multi-disiplin Rhys Millen bahkan sampai menjejali Coupe dengan mesin V8 5.0 liter milik Hyundai untuk mendongkrak performa ikuti Time Attack.

Dengan speak terjangnya yang cukup berwarna, Genesis Coupe kemudian sampai pada akhir masa produksinya pada tahun 2016 lalu. Kita tunggu saja apakah rencana Margason nanti oleh Hyundai akan terwujud pada akhirnya.

Sumber: Motor Trend, Motor1

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Kilas Histori Honda CR-V, Dipuncaki Dengan Lahirnya Hybrid dan PHEV (Bagian 2)

JAKARTA, carvaganza.com – Setelah mendapatkan perubahan besar di generasi ketiga, Hona CR-V mendapatkan suntikan facelift. Selain pada bagian eksterior, peremajaan juga diberikan pada interior....

Wuling Confero S 1.5L ACT, Punya Apa Saja untuk Bersaing di Segmen Panas LMPV

JAKARTA, Carvaganza -- Meski masih berusia muda, Wuling Motors termasuk merek yang berani bertarung di pasar otomotif Indonesia. Tak hanya berani mungkin juga cerdik....

Bersiap Masuk Pasar, Segini Estimasi Harga Kia Sonet

JAKARTA, Carvaganza.com - Kia Sonet berencana dipasarkan di Indonesia. Situs resmi Samsat DKI Jakarta sudah tertera dua tipe yang bakal dijual. Model pertama 1,5...

Tukar Tambah Suzuki Ada Cashback Sampai Rp 4 Juta di Auto Value

JAKARTA, Carvaganza -- Berbagai strategi pemasaran dilakukan para pemegang merek. Tak hanya jualan mobil baru, penjualan mobil bekas juga menggunakan berbagai trik untuk menarik...

Warna Baru Graphite Capsule, Lamborghini Urus Tampil Beda

SANT'AGATA BOLOGNESE, Carvaganza.com - Lamborghini Urus punya tampilan beda. Warna Graphite Capsule masuk dalam opsi, membuat wujud SUV pertama Lambo tampil lebih galak. Namun,...