Beranda Updates Citroen Tiba-Tiba Umumkan Mundur dari WRC Tahun Depan

Citroen Tiba-Tiba Umumkan Mundur dari WRC Tahun Depan

VERSAILLES, 21 November 2019 – Kabar mengejutkan datang dari World Rally Championships (WRC) di penghujung musim ini, menyusul keputusan mendadak Citroen untuk mundur mulai tahun depan. Alasannya, karena Citroen tidak punya lagi pereli papan atas untuk tahun depan.

Citroen mengumumkan pengunduran dirinya dari WRC tidak sampai dua pekan setelah seri terakhir WRC 2019 di Australia dibatalkan. Penyebab utamanya adalah karena Sebastien Ogier memilih pindah ke tim Toyota untuk musim depan.

Dengan tidak adanya pereli kelas wahid dalam line up Citroen, mereka akhirnya memilih untuk mundur sebagai pabrikan dari seluruh program WRC.

“Citroen memutuskan untuk mundur dari program WRC di 2020 karena tidak adanya pereli terbaik yang tersedia untuk musim 2020,” tulis keterangan resmi Citroen, hari Rabu (20/11/2019).

Keputusan pindah Ogier diambil menyusul kesulitannya untuk tampil kompetitif sepanjang 2019, menggunakan mobil Citroen C3 WRC. Padahal Ogier masih terikat kontrak sampai tahun depan, seperti rekan setimnya yaitu Esapekka Lappi.

Ogier sendiri baru pindah ke Citroen pada tahun ini, setelah menjadi juara dua kali beruntun bersama M-Sport Ford pada 2017 dan 2019. Dua gelar tersebut melengkapi total enam gelar juara dunia Ogier, yang sebelumnya pernah dimenangkannya bersama Volkswagen.

Citroen sendiri sudah tidak pernah memenangkan gelar juara, baik konstruktor maupun pereli, sejak Sebastien Loeb tidak lagi tampil penuh pada 2013. Gelar terkahir Citroen diraih pada tahun 2012, yang diraih Sembilan tahun berturut-turut bersama Loeb.

Ini bukan pertama kalinya Citroen mundur dari WRC, karena pada tahun 1986 lalu pabrikan Perancis ini juga sempat hengkang. Alasan lainnya adalah karen PSA Group yang menaungi Citroen, Peugeot dan DS baru saja mengumumkan akan comeback ke ajang World Endurance Championship (WEC) mulai 2022, melalui Peugeot.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

TEST DRIVE: Nissan Kicks e-Power, Maximum Trip Ke Timur Jawa (Bagian 2)

JAKARTA, Carvaganza.com - Dalam pengujian Maximum Power bersama Nissan Kicks e-Power, kami mencoba mencari jawaban atas pertanyaan; Apakah benar ia adalah crossover terhebat? Atau...

Mercedes-Benz GLA & GLB Terbaru Meluncur, Lengkapi Line-Up SUV di Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com – Keluarga model SUV kompak Mercedes-Benz di Indonesia semakin lengkap, dengan resmi hadirnya dua model baru. Generasi baru Mercedes-Benz GLA telah meluncur...

Tesla Kembangkan Baterai Baru Demi Mobil Listrik Murah

SAN CARLOS, Carvaganza.com – Sebagai salah satu pionir di pasar otomotif elektrifikasi, Tesla Motors mengumumkan sedang mengembangkan teknologi baru. Inovasi yang tengah dikembangkan ini...

TEST DRIVE: Nissan Kicks e-Power, Maximum Trip Ke Timur Jawa (Bagian 1)

JAKARTA, Carvaganza.com - Nissan Indonesia kini punya strategi baru. Tahun lalu, di Hong Kong, rencana besar mereka untuk Indonesia di 2020 adalah merilis model...

Ini Beberapa Modifikasi Digital Nissan Z Proto

JAKARTA, Carvaganza -- Nissan telah memperkenalkan roadster terbarunya yang bernama Nissan Z Proto. Perkenalan dilakukan lewat streaming langsung ke seluruh dunia. Penerus Fairlady Z...