CEO Mazda Takkan Gunakan Mesin Rotary untuk Sports Car Baru Mereka

TOKYO, 7 Desember 2016 - Beberapa rumor telah beredar ketika Mazda memperlihatkan supercar cantik mereka yaitu RX-Vision Concept. Melalui mobil ini, banyak yang mengira jika generasi terbaru RX yaitu RX-9 akan segera di produksi.

Namun sayang, setelah di Interview oleh Automotive News, Masamichi Kogai selaku Mazda Chief Executive mengungkapkan jika Mazda belum berencana untuk meluncurkan  mobil sport yang lebih besar dari Mazda MX-5 Miata. Ia pun menyanggah sedang mengembangkan mesin Rotary. Kogai menegaskan hadirnya model terbaru MX-5 Miata merupakan jawaban bagi para pencinta kecepatan saat ini.

"Saya berpikir bahwa sebagai pilihan mobil sport, MX-5 dengan mesin konvensional kapasitas 1,5 dan 2,0 liter yang memiliki kekuatan dan akselerasi maksimal, akan memberi pengalaman dan lebih menggembirakan," ungkap Kogai dikutip dari Carscoops.

Meski demikian, Kogai tak menyangkal jika nantinya Mazda akan memiliki mesin rotary. Namun menurutnya, ketika diputuskan Mazda akan mengembangkan mesin rotary, dipastikan itu tidak akan berumur pendek.

Kogai juga memastikan bahwa jika mesin rotary itu lahir, nantinya mesin tersebut hanya akan menjadi opsional pada beberapa model mobil-mobilnya. Bukan jadi mesin utama dari cikal bakal mobil barunya itu.

Mazda sendiri tengah mengembangkan generasi baru SkyActiv yang akan diperkenalkan pada Marte 2019 mendatang. Mobil listrik diperkirakan akan menjadi salah satu tipenya. Hal ini terkait kerjasama Mazda dengan Toyota.

"Saat mesin rotary diproduksi baiknya tidak dalam jangka pendek. Tak hanya itu, Mazda juga perlu memenuhi peraturan emisi di masa depan dan tingkat konsumsi bahan bakar yang saat ini menjadi perhatian penting bagi semua produsen mobil," pungkasnya.

TITO LISTYADI

Artikel yang direkomendasikan untuk anda