Beranda Updates Berurusan di Jepang, Carlos Ghosn Dicekal Pemerintah Perancis

Berurusan di Jepang, Carlos Ghosn Dicekal Pemerintah Perancis

PARIS, 21 November 2018 – Buntut dari penangkapan Carlos Ghosn atas kasus penggelapan penghasilannya kini semakin meluas, bahkan hingga ke ranah pemerintahan. Sebelumnya, saham Nissan dan Renault anjlok di pasar saham.

Kali ini, Ghosn dikabarkan telah dicekal oleh pemerintah negara Perancis atas pelanggarannya tersebut. Menteri Keuangan Perancis, Bruno Le Maire inginkan Ghosn segera dikeluarkan dari jajaran manajemen Renault.

Bukan tanpa alasan pemerintah Perancis turun tangan pada kasus ini, karena mengingat 15 persen saham Renault saat ini dimiliki oleh Perancis. Le Maire menyatakan bahwa Ghosn “tidak di posisinya lagi” sebagai pimpinan Renault.

Menurut lansiran BBC News, direksi Renault akan menggelar rapat untuk menunjuk sosok pengganti Ghosn. Nama COO Renault, Thierry Bollore muncul sebagai kandidat kuat untuk posisi tersebut yang disampaikan langsung oleh Le Maire.

“Kami perlu menetapkan struktur manajemen sementara secepat mungkin,” kata Le Maire. Aliansi yang terjalin antara Renault dan Nissan akan berusaha dipertahankan saat perubahan direksi dilakukan.

Skandal terungkap bahwa Ghosn selama beberapa tahun terakhir tidak melaporkan pendapatannya sesuai dengan yang diterima. Media di Jepang mengklaim Ghosn tidak melaporkan sekitar 5 miliar Yen pendapatannya, serta melakukan sejumlah pelanggaran finansial serius.

Menyusul investigasi berdasar informasi yang didapat dari seorang whistleblower, Nissan langsung memecat Ghosn dari posisinya sebagai Chairman dan CEO, yang kemudian diikuti oleh Mitsubishi. Dalam kasus ini, pejabat eksekuti f lain bernama Greg Kelly juga tertuduh melakukan hal serupa.

Ghosn, pria 64 tahun berkebangsaan Brazil itu selama ini dikenal sebagai salah satu tokoh penting di balik terbentuknya Nissan-Renault-Mitsubishi Alliance, yang berhasil membawa Nissan dan Renault bangkit di industri otomotif dunia.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

50 Tahun Mitsubishi Motors, Ini Kata Brand Ambassador Mereka

JAKARTA, Carvaganza -- Mitsubishi Motors Corporation (MMC) merayakan usianya yang ke-50 tahun ini. Artinya MMC sudah diresmikan sejak 50 tahun lalu, meski Mitsubishi sendiri...

F1: Bottas Ambisius Ingin Jegal Hamilton di GP Rusia 2020

SOCHI, Carvaganza.com - Di Formula 1 saat ini, Valtteri Bottas menjadi satu-satunya penantang realistis Lewis Hamilton untuk merebut kejuaraan dunia. Saat ini F1 2020...

Toyota dan Mitsubishi: Kita Wait and See Keputusan Pajak Nol Persen

JAKARTA, Carvaganza.com -  Rencana mengnolkan pajak untuk penjualan kendaraan baru menjadi sangat menarik. Diskusi di ruang-ruang publik pun terbangun, karena kalau itu terealisasi publik...

Asuransi Astra Salurkan Donasi Beasiswa Rp 300 Juta untuk SLB B Sana Dharma

JAKARTA, Carvaganza -- Pandemi Covid-19 berdampak ke banyak sektor, termasuk dunia pendidikan. Seperti yang dialami SLB B Sana Dharma di Cilandak Barat, Jakarta. Guna...

Beda dari Versi Global, Honda Jazz di Indonesia akan Berwujud City Hatchback?

JAKARTA, Carvaganza.com – Sudah hampir setahun Honda Jazz/Fit generasi terbaru debut sejak Tokyo Motor Show 2019. Sampai saat ini juga, belum ada titik cerah...