Beranda Updates Bekas Sirkuit F1 di India Jadi Fasilitas Karantina Corona

Bekas Sirkuit F1 di India Jadi Fasilitas Karantina Corona

GREATER NOIDA, Carvaganza.com – Absennya bermacam agenda motorsport karena wabah virus Corona bukan berarti tidak ada kegiatan sama sekali dilakukan oleh kalangan motorsport. Seperti di India, bekas sirkuit yang pernah dipakai untuk F1, diubah menjadi fasilitas karantina.

Buddh International Circuit dimanfaatkan oleh pihak otoritas setempat untuk menjadi fasilitas karantina, menaampung masyarakat demi mencegah Corona. Sirkuit ini pernah menjadi tuan rumah F1 selama tiga tahun, antara tahun 2011 sampai dengan 2013.

Fasilitas ini digunakan untuk menampung para pekerja migran dari kota Delhi, sebelum menuju kota tujuannya masing-masing. Sirkuit tersebut diubah menyusul diberlakukannya 21 hari lockdown oleh pemerintah India, sejak 25 Maret 2020 lalu.

Motorsport melansir bahwa per hari Jumat (27/3/2020) lalu, di India sudah tercatat 1.300 kasus positif Corona, dengan 32 jiwa meninggal dunia. Melalui karantina ini, para pejabat ingin mencegah potensi peneybaran virus berkode COVID-19 ini ke kota kecil dan desa di sisi utara Uttar Pradesh.

Kapasitas 5.000 Orang

Karena itu, area Jaypee Sports City yang meliputi sirkuit akan menjadi fasilitas penampungan sementara, setidaknya sampai lockdown berakhir pada 14 April mendatang. Area sirkuit sendiri diyakini bisa digunakan untuk menampung sampai 5.000 orang.

Kebetulan, pemerintah setempat bisa menggunakan fasilitas sirkuit setelah pada 1,5 bulan sebelumnya menyegel lokasi ini karena pihak pengelola belum melunasi tunggakan pajak. Namun sebelum digunakan menjadi fasilitas karantina, sirkuit masih menggelar sejumlah ajang balap lokal.

Alasan finansial itu juga yang menyebabkan Buddh mundur sebagai tuan rumah seri F1 di India, pada tahun 2014 lalu. Sejak itu, balap internasional yang digelar di Buddh hanya Asia Road Racing Championship dan MRF Challenge.

Selain sirkuit, India juga menggunakan Stadion Jawahral Nehru untuk digunakan sementara menjadi fasilitas penampungan. Sirkuit Buddh sendiri menyusul langkah Inggris, yang memanfaatkan Gedung pameran London ExCeL untuk menjadi rumah sakit sementara. Area sekitar London ExCeL merupakan salah satu lokasi yang dilewati oleh sirkuit Formula E seri London, Juli mendatang.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Audi Q5 Sportback Tantang BMW X4 dan Mercedes-Benz GLC Coupe

INGOLSTADT, Carvaganza.com - Kombinasi SUV dan Coupe sedan digemari. Khususnya pabrikan Jerman, hampir semuanya punya di line-up masing-masing. BMW dan Mercedes-Benz sudah duluan, kini...

Menimbang Toyota Rush TRD Vs Xpander Cross Vs Suzuki XL7, Pilih Mana?

JAKARTA, carvaganza.com – Di tengah-tengah pandemi seperti ini, harus pintar-pintar memilih mobil. Pasalnya ruang kita untuk memilih sangat terbatas. Ada PSBB atau mungkin kita...

Kia Sportage 2022 Meluncur April Depan, Menyediakan 3 Pilihan Mesin

SEOUL, Carvaganza.com -  Beberapa waktu lalu, Hyundai Tucson 2022 sudah dirilis kepada publik. Secara tampilan mengalami perubahan besar dibandingkan pendahulunya, terutama terlihat pada desain...

Sebelum Produksi, Hyundai Elantra N Lahir Sebagai Mobil Balap

NUBURGRING, Carvaganza.com – Hyundai Motorsport akan semakin perkuat barisannya di ajang balap dunia, dengan telah dirilisnya Hyundai Elantra N TCR. Mobil dengan spesifikasi TCR...

Honda Kenalkan Konsep SUV Listrik di Auto China 2020

BEIJING, Carvaganza.com - Honda mulai tunjukkan strategi dalam dunia elektrifikasi. Sebuah konsep SUV listrik bernama e:Concept, tampil di Beijing International Automotive Exhibition (Auto China)...