Beranda New Cars Banyak Dikritik, Porsche Akhirnya Rilis Transmisi PDK untuk 718 GTS, Cayman GT4...

Banyak Dikritik, Porsche Akhirnya Rilis Transmisi PDK untuk 718 GTS, Cayman GT4 dan Boxster Spyder

STUTTGART, Carvaganza.com – Porsche 718 versi tertinggi versi 2020 telah beredar sejak awal tahun, yang mendapat mesin lebih besar dan transmisi manual. Melalui 718 Cayman GT4 dan Boxster Spyder, Porsche menggabungkan mesin 4,0 liter dengan gearbox manual 6-speed. Namun terobosan tersebut justru banyak dikritik oleh penggemar Porsche , karena rasio gear yang tidak bisa dinikmati maksimal.

Menjawab keluhan tersebut, Porsche kini menawarkan varian baru 718 GTS 4.0, Cayman GT4 dan Boxster Spyder dengan transmisi otomatis dual-clutch, atau PDK. Jadi sekarang transmisi yang lebih praktis tersebut sudah bisa didapatkan pada seluruh varain Porsche 718 bermesin 4.0 liter. Sebelumnya transmisi ini hanya ada untuk 718 Cayman GTS dan Boxster GTS.

Klaim pabrikan Jerman ini, PDK menawarkan “fungsionalitas perpindahan gigi performa tinggi untuk lap time tercepat di sirkuit, dengan operasi sangat efisien berkendara sehari-hari”. Tentunya proses perpindahan gigi dengan PDK (Porsche Dopplekuplung) akan semakin singkat, saat menggeber maksimal di sirkuit.

Sebelumnya, Cayman GT4 dan Boxster Spyder dikritik karena rasio gear yang terlalu panjang di gigi awal, khususnya gigi 1 dan 2. Sejumlah ulasan bahkan mengatakan keduanya tidak akan bisa lebih dari gigi 2 untuk dinikmati performanya saat dikemudikan sehari-hari.

Dengan gearbox baru ini, Cayman GT4 dan Boxster Spyder diklaim bisa hasilkan akselerasi 0-100 jam setengah detik lebih singkat dari varian manual. Yaitu menjadi 3,9 detik. Sementara untuk akselerasi 0-200 km/jam menjadi lebih singkat 04, detik. Lebih lengkap lagi, Porsche menyematkan pula fitur Launch Control untuk transmisi PDK sekarang.

Selain untuk mempercepat performa GT4 dan Spyder, dengan transmisi baru Porsche juga telah meningkatkan akselerasi versi GTS menjadi 4,0 detik. Begitu juga soal emisi CO2 yang ditekan. GT4 dan Spyder menghasilkan emisi 8g/km lebih rendah dan konsumsi BBM 0,298 km/liter lebih baik.

Pemilik Cayman GT4 dan Boxster Spyder bisa memilih empat mode berkendara dengan transmisi PDK. Lewat mode Sport, perpindahan gigi semakin singkat, serta saat diturunkan gigi bisa lebih awal dengan bantuan throttle blip otomatis. Sementara saat gunakan mode Sport Plus, pengemudi bisa memanfaatkan fungsi race start pada Launch Control. Rasio pada gigi ke-7 juga menjadi lebih pendek pada versi manual.

Dari sisi mesin, unit enam silinder 4,0 liter naturally aspirated mendapatkan torsi tambahan sebesar 10,8 Nm. Jadi sekarang GTS, GT4 dan Boxster Spyder memiliki torsi 430 Nm, sementara tenaganya 395 hp. Untuk opsi transmisi baru ini, Porsche banderol dengan tambahan harga £ 2.303 (Rp 44,5 jutaan) untuk 718 GTS. Sementara untuk Cayman GT4 dan Boxster Spyder mendapat tambahan £ 2.000 (Rp 38,7 jutaan).

Sumber: Autocar

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Lima Crossover Yang Bisa Dijadikan Alternatif Selain Honda HR-V

JAKARTA, carvaganza.com – Pasar SUV/crossover kompak memang sedang digandrungi. Tingginya permintaan membuat pabrikan membanjiri pasar. Pertarungan di segmen ini pun semakin memanas. Di pasar...

Pilih Renault Triber atau Suzuki Ignis? Ini Masing-Masing Kelebihannya

JAKARTA, carvaganza.com – Untuk punya mobil SUV bergaya tangguh memang cukup merogoh kocek. Tapi kami memilihkan, ada dua mobil kompak bergaya ala SUV. Memang...

Enggak Kapok-Kapok Pabrikan Cina Jiplak Chevrolet Corvette, Mesinnya PHEV

BEIJING, carvaganza.com – Chevrolet Corvette C1 tahun 1958 adalah salah satu mobil yang paling diburu kolektor. Mobil klasik favorit yang memiliki desain yang tak...

Covid-19 Berlanjut, Toyota Kembali Donasikan Kijang Innova Ambulans

BEKASI, Carvaganza -- Pandemi COVID-19, belum juga menunjukkan tanda-tanda mereda. Berbagai pihak terus melakukan upaya termasuk menyalurkan donasi guna membantu penanggulangan wabah corona. Setelah...

Pemilik Jeep Wrangler Yang Nyangkut Di Bibir Jurang Buka Suara

CALIFORNIA, carvaganza.com – Masih ingat kan empat hari lalu Carvaganza menurunkan tulisan soal Jeep Wrangler nyangkut di bibir jurang di trek motor trail? Kejadiannya...