Beranda Updates Bantu Perangi COVID-19, Makko Group Produksi Baju APD dan Masker Bisa Dicuci

Bantu Perangi COVID-19, Makko Group Produksi Baju APD dan Masker Bisa Dicuci

Ilustrasi (Foto: atlanticcouncil.org)

JAKARTA, Carvaganza.com – Berbagai pihak diminta bersama-sama turun tangan membantu pemerintah dalam memerangi penyebaran wabah corona COVID-19. Salah satunya adalah Makko Group. Perusahaan yang dikenal bergerak di bidang otomotif dan F&B ini mulai memproduksi alat kesehatan termasuk baju APD (alat perlindungan diri) dan masker.

Perangkat ini memang dibutuhkan petugas medis yang merawat pasien terkena COVID-19. Delfi Andrianti, Public Relation MAKKO Group mengatakan kondisi wabah corona membuat mereka harus bergerak. Selain untuk tetap menjalankan operasi perusahaan, produksi ini juga untuk memenuhi kekurangan APD.

“Seperti yang kita ketahui masih banyak sekali petugas medis yang kekurangan APD dalam menangani pasien corona di rumah sakit, dan kalaupun ada yang menjual APD harganya sudah sangat mahal. Karena itu kami akan memproduksi baju APD untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri,” kata Delfi Andrianti dalam keterangan tertulisnya.

Penyebaran wabah corona di Indonesia kian mengkhawatirkan. Hingga Sabtu (29/3/2020) pagi ini, jumlah kasus di Tanah Air sudah mencapai 1.046 kasus. Sedangkan korban meninggal sudah tercatat 87 orang.

Di saat kondisi mendesak, APD entah kenapa justru sulit dicari. Stok di rumah sakit sudah mulai menipis karena jumlah pasien COVID-19 yang terus bertambah. Bahkan di beberapa daerah ada yang menggunakan jas hujan karena kekurangan baju APD. “Tentunya ini kondisi yang tidak baik bagi negara kita, karena dapat mengancam keselamatan dokter dan perawat dalam penanganan pasien COVID-19,” kata Delfi.

Sesuai Standar

Makko Group membuat baju APD yang sesuai standar dan harga murah. “APD buatan kami terbuat dari bahan polypropylene spundbond non woven yang bebas dari bakteri, anti air dan tentunya aman dari virus corona COVID-19, serta dapat digunakan all size mulai dari fit sampai XXL,” kata Delfi.

Sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 8 Tahun 2010, APD adalah alat untuk mengisolasi sebagian atau seluruh tubuh dari potensi bahaya. Penggunaan APD memang merupakan prosedur utama dalam kegiatan pelayanan kesehatan, tujuannya untuk mengantisipasi resiko keselamatan dan kesehatan kerja para petugas medis, khususnya yang berupa bahaya biologi.

Kementerian Perindustrian juga mengeluarkan himbauan agar industri seperti otomotif, tekstil, dan farmasi  untuk memproduksi alat kesehatan. “Selain industri APD, kami juga mendorong produsen tekstil di dalam negeri dapat ikut men-supply APD dan masker. Sebab, saat ini kita masih butuh cukup banyak dalam menghadapi penyebaran virus corona di Indonesia,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita kemarin.

Baca juga: Kemenperin Minta Industri Otomotif Produksi Ventilator Lawan Covid-19

Masker Bisa Dicuci

Selain APD, Makko Group juga memproduksi masker non medis, hand sanitizer dan disinfektan. Permintaan ketiganya meningkat drastis karena melonjaknya wabah COVID-19. Masker yang diproduksi bisa dicuci sehingga dapat digunakan berulang kali.

Produk masker dari Makko Group terdiri dari 2 model, yaitu model surgical face mask dengan nama tipe masker AntiVirus M90 dan model duckbill face mask dengan nama tipe masker Anti Virus M95.

“Selain penggunaannya yang awet karena dapat dicuci berulang kali, masker kami juga dapat melindungi dari partikel debu, polusi, virus, bakteri dan partikel udara lainnya sampai 95%. Dibuat dari bahan kain yang tebal dan mempunyai pori-pori rapat, namun tidak panas saat digunakan di siang hari, serta dapat bernafas dengan leluasa,” kata Delfi.

Dengan minimal order 100 buah, harga tipe M90 per satuan dijual Rp 8.000 dan tipe M95 Rp 9.000. “Kami akan memproduksi masker sampai wabah Corona hilang. Kami juga meluncurkan produk hand sanitizer dan disinfectant dengan harga murah,” imbuh Delfi. Untuk pemesanan baju APD, dapat menghubungi call centre Makko Group di 0812 8800 090.

Baca juga: Ini yang Bikin Daihatsu New Ayla dan New Sirion Disukai Milenials

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Daihatsu Perluas Edukasi Program Penyu Untuk Indonesia

JAKARTA, Carvaganza -- Berbagai program digelar PT Astra Daihatsu Motor (ADM) terus membuktikan komitmen dan tanggung jawab sosialnya melalui program CSR (Corporate Social Responsibility)....

Volkswagen ID.4 Meluncur, SUV Listrik Perdana Kaya Teknologi

WOLFSBURG, Carvaganza.com – Volkswagen resmi memperkenalkan model SUV full elektric pertamanya yang bernama Volkswagen (VW) ID.4. Line up mobil listrik VW pun kini semakin...

Hyundai World Premiere Sportscar Listrik RM20e di Auto China Show 2020

BEIJING, Carvaganza.com – Pabrikan Beijing Hyundai Motor Company memanfaatkan pameran Beijing International Automotive Exhibition 2020 untuk membagikan visi elektrifikasi di masa depan. Sebagai bagian...

Cina Sudah Normal lagi, Gelar Pameran Otomotif Di Beijing

BEIJING, Carvaganza.com – Kehidupan di Cina sepertinya sudah normal kembali sejak dihantam pandemic COVID-19. Yang terbaru adalah untuk pertama kalinya digelar pameran otomotif di...

Honda CR-V PHEV Telah Meluncur di Cina, Ini Kelebihannya

BEIJING, Carvaganza.com – Honda CR-V Plug-in Hybrid (CR-V PHEV) telah mendebut global di Beijing International Automotive Exhibition 2020 di kota Beijing, China. Pembukaan selubung...