Beranda EDITOR'S PICKS Ini yang Bikin Daihatsu New Ayla dan New Sirion Disukai Milenials

Ini yang Bikin Daihatsu New Ayla dan New Sirion Disukai Milenials

JAKARTA, Carvaganza.com – Sebagai produsen mobil-mobil kompak, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memahami betul pasar di Indonesia. Pada 19 Maret lalu, pabrikan ini baru saja merilis Daihatsu New Ayla dan New Sirion yang menyasar pasar kalangan milenial.

Keliatan dari total penjualannya sejak kedua model diluncurkan. PT ADM mulai merilis Daihatsu Ayla tahun 2013. Sejak itu sampai Februari 2020 sudah meraup angka penjualan 214 ribu unit. Sedangkan Daihatsu Sirion mencapai angka 35 ribu unit sejak dirilis tahun 2007 sampai Februari 2020. Angka yang cukup fantastis dan tidak main-main.

Sebagai mobilnya anak muda, Daihatsu Ayla memiliki desain yang stylish dan menarik. Dan itu sudah sejak pertama kali dirilis ke pasar nasional. Baik desain fascia, samping, belakang sampai layout kabinnya. Fitur-fiturnya pun bikin geregetan. Makanya enggak heran, terjual 214 ribu unit.

Nah, apa yang menarik dari Daihatsu Ayla dan Sirion baru?

Penyegaran Eksterior; 2 warna baru

Penyegaran yang dilakukan oleh PT ADM pada Daihatsu New Ayla membuat tampil lebih fresh dan seru. Desainnya semakin keren. Dimensi bodinya tidak berubah, tapi parasnya dibuat berbeda. Grille dan bumper depan Ayla dibuat lebih besar dan lebar sehingga terlihat lebih sporty. Nah tampilan ini mengadopsi Ayla Turbo yang pernah dipamerkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang lalu.

Dengan mengusung tagline Serius Serunya, sentuhan penyegaran pun diberikan pada belakang. Berupa lampu kombinasi bening yang memang diidam-idamkan pengguna Ayla versi lama. Kemasan lain yang bikin mobil anak muda ini makin cakep adalah desain kaca spion baru  dan alloy wheel 14 inci yang baru. Nah velg ini sukses sukses mendongkrak New Ayla menjadi lebih ganteng.

Koncian eksterior juga terletak pada dua pilihan warna baru New Ayla. Yakni Yellow Metallic dan Glittering Silver Metallic yang membuat line-up Ayla menjadi lebih segar. Kedua warna itu mendampingi lima warna lama yang sudah tersedia sebelumnya.

Baca juga: REVIEW: New Daihatsu Ayla, Bersolek Demi Kaum Millennial 

Penyegaran Interior

Tampilan yang modern dan sporty pada eksterior juga ditunjang kenyamanan kabin. Bagian dalam mendapat refreshment. Interiornya didominasi warna hitam. Material-material yang digunakan berkualitas dengan desain yang menarik. Jahitan pada jok terlihat apik, begitu juga penempatan posisi tombol pengaturan pada dashboard. Semuanya user-friendly dan terintegrasi dengan baik antara desain dashboard, konsol tengah, penempatan layar sentuh dan juga cluster meter. Berpadu selaras dengan setir tiga palang

Center cluster dan knob AC mendapatkan perubahan menjadi digital dari yang tadinya analog sehingga lebih kekinian. Sektor infotainment yang menjadi perhatian anak muda juga tak lepas dari ubahan. Dibikin lebih modern lagi lewat touchscreen 2-DIN dengan format layaknya tablet. Suara yang keluar dari speaker juga cukup jernih sehingga bisa menambah perjalanan jadi makin seru.

Baca juga: Fitur New Daihatsu Ayla yang Tak Ada di Kompetitor, Ini Detailnya

New Ayla juga sudah dilengkapi dengan kaca spion yang dapat dilipat secara elektrik.  Akan sangat membantu parkir di ruang-ruang sempit dengan tempat parkir terbatas. Pas kalau lagi hangout.

Untuk varian 1.2R A/T, pabrikan menambahkan peranti keselamatan yang lebih canggih lagi yakni backsonar dan parking camera. Untuk pengereman mengadopsi Anti-Lock Braking System (ABS) dan EBD.

Kendaraan ini tersedia dalam tujuh varian yang terbagi dalam dua tipe mesin; 1.0 liter dan 1.2 liter. Untuk harga, varian termahal sebesar 159,4 juta, sedangkan yang termurah 101,650 juta (on the road Jakarta).

Baca juga: REVIEW: New Daihatsu Sirion, Ngehits Buat Anak Muda

Refreshment Daihatsu New Sirion

Lantas bagaimana dengan Daihatsu New Sirion yang dirilis bersamaan dengan New Ayla? Sejumlah sentuhanpenyempurnaan juga diberikan agar lebih kekinian dan mengikuti trend milenial. Menyediakan dua pilihan warna terbaru yaitu Electric Blue Metallic dan Granite Gray Metallic. Kedua warna itu melengkapi tiga warna lainnya yang sudah ada sebelumnya.

Perubahan yang paling kentara terlihat dari sisi fascia. Berupa penambahan aerokit dan side stone guard baru. Berpadu serasi dengan garis desain bodinya yang segar dan elegan.  Mungkin kita berpikir ubahannya minimalis, tapi lewat sentuhan itu New Sirion menjadi lebih gaul dan beda.

Baca juga: Ayla dan Sirion, Transformasi Daihatsu yang Tampil Kekinian

Head Unit Lebih Besar

Sentuhan muda juga disematkan pada interior. Dengan tagline Serius Hitsnya, headunit Sirion sekarang ini berukurag lebih besar, 7 inci dengan dengan konektivits mirrorlink dari smartphone.  Daya baterai smartphone seluruh penumpang juga bakal terjamin dengan soket USB di depan dan belakang. Slot USB pada bagian jok pengemudi sisi kiri itu menjadi fitur yang unik yang tidak ditemui pada mobil sekelasnya.

Fitur baru lainnya adalah headlamp levelling sehingga mempertinggi keselamatan. Terdapat empat airbag yang berfungsi melindungi pengemudi dan penumpang. Bagaimana dengan layout kabinnya? Dimensi kendaraan yang tidak mengalami perubahan membuat headroom, legroom dan shoulderoom tetap lega seperti biasa. Visibilitas pun tetap terjaga.

Untuk mesin masih mempercayakan pada 1NR-VE 4 silinder segaris dual VVT-I berkubikasi 1.3 liter. Menghasilkan tenaga maksimal 95 PS di putaran 6.000 rpm dan torsi 120 Nm pada 4.200 rpm.

Baca juga: Pilihan City Car Terbaru untuk Kaum Milenial

EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto