Beranda Updates Bangkit Lagi, 63 Peserta Bertarung di Reli APRC Medan

Bangkit Lagi, 63 Peserta Bertarung di Reli APRC Medan

JAKARTA, 27 Juli 201– Tak kurang 63 perserta bertarung pada Asia Pasifik Rally Championship (APRC) Asia Cup Rd. 2 di Medan, Sumatera Utara. Pembukaan di Alun-alun Pemkab Deli Serdang, Lubuk Pakam, Sumatera Utara pada Jumat (26/7) siang dihadiri langsung Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah.

Ajang APRC Asia Cup Rd.2 kali ini juga sekaligus menandakan pertama kalinya APRC kembali digelar di Indonesia setelah absen selama satu dekade—terakhir digelar di Makassar pada 2009 silam.

Sebanyak 63 peserta baik nasional maupun internasional akan ikut meramaikan kejuaraan ini. Salah satunya adalah pereli asal Italia, Fabio Frisiero, yang akan didampingi oleh navigatornya Giovanni Aqnese. Sementara beberapa pereli papan atas Tanah Air yang akan ikut di antaranya, Rizal Sungkar, Subhan Aksa, Ijeck, Erwin Mancha , Harun Nasution, Ryan Nirwan, Glenn Nirwan, dan masih banyak lagi.

Rifat Sungkar, Ketua Komisi Reli dan Sprint Reli Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat, mengatakan penyelenggaraan APRC Medan ini sebagai kebangkitan reli nasional dikarenakan semangat dan antusiasme yang ditunjukkan begitu besar. ”Target kami alhamdulillah sudah terpenuhi dari peningkatan peserta; di tahun-tahun kemarin reli hanya diikuti oleh 30 sampai 40 peserta, namun di tahun ini ada 63 peserta,” kata Rifat.

Pergelaran APRC Medan ini merupakan suatu bukti nyata jika ajang reli masih sangat dinanti-nantikan di Tanah Air. APRC Medan ini diharapkan menjadi jembatan demi terciptanya ajang reli yang lebih ramai lagi di masa yang akan datang.

Jalur Menantang

Di ajang ini, para pereli akan menjalankan total sebanyak 10 special stages (SS) yang akan dibagi ke dalam dua hari. Di hari Sabtu, SS yang akan dijalankan adalah sebanyak 6 dan di hari Minggu ada 4 SS tersisa dengan jarak keseluruhan SS yaitu 169,53 km.

Para pereli sudah melakukan sesi shakedown sehari sebelumnya di lintasan reli di kawasan perkebunan sawit Rambung Sialang Hilir, Medan Sumatera Utara.  Ryan Nirwan, Juara Nasional 2018, yang ditemani navigator Garindra Kusuma berhasil menjadi yang tercepat di sesi shakedown ini, diikuti oleh Rihan Variza dengan navigator Andi Rendy di tempat kedua dan Subhan Aksa bersama navigator Mago Sarwono di posisi ketiga. Adapun pereli asal Italia, Fabio Frisiero dengan navigatornya Giovavani Aqnese berada di tempat keempat.

“Sangat seru menjalani sesi shakedown di reli Medan ini, lintasannya yang cukup menantang membuat saya dan para peserta lain bisa berlatih sambil menyusun strateginya masing-masing,” kata Ryan.

Rifat menilai jika penempatan APRC Medan di bulan Juli ini terasa sangat tepat dikarenakan curah hujan yang masih rendah. “Memasuki tengah tahun ini, curah hujan diprediksi masih rendah sehingga APRC Medan kali ini akan terasa lebih kompetitif dan seru bagi para pereli yang sudah menunggu lama untuk mengikuti event ini.”

Para peserta reli pun juga sudah melakukan sesi scrutineering, yaitu pengecekan terhadap kendaraan yang akan digunakan. Di sesi scrutineering ini, puluhan mobil berada di satu lokasi untuk kemudian semua kendaraan dilakukan pengecekan secara serentak.

APRC Medan sendiri akan berlangsung selama dua hari, Sabtu (27/7) dan Minggu (28/7), yang menempuh jarak total sepanjang 169 kilometer yang dibagi ke dalam 10 special stages (SS).

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto