Beranda Updates Avanza Vs Xpander Sengit, Toyota Klaim Masih Unggul

Avanza Vs Xpander Sengit, Toyota Klaim Masih Unggul

JAKARTA, 15 Maret 2019 – Perang di segmen Low MPV mulai kembali panas di awal tahun 2019, antara Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander yang saling kejar di puncak daftar penjualan tertinggi. Pada kesempatan ini, Xpander unggul daripada Avanza.

Menurut data wholesales dari gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), selama bulan Januari 2019 penjualan Xpander tercatat 5.708 unit sementara Avanza 5.568 unit. Meski data mengatakan demikian, pihak Toyota justru menganggap Avanza masih unggul saat ini.

Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto mengatakan bahwa penjualan Xpander sejauh ini belum bisa melampaui capaian terbaik Avanza. Bahkan terpaut cukup jauh angkanya.

“Data wholesales bulan per bulan menunjukkan Honda Mobilio atau Suzuki Ertiga pernah membukukan angka wholesales perbulan maksimum sebesar 10-11 ribu per bulan di tahun 2013 dan 2014, sedangkan angka wholesales per bulan maksimum Mitsubishi Xpander hanya di level 7 ribu,” kata Fransiscus melalui pesan teks.

“Sedangkan Toyota Avanza pernah mencapai angka wholesales per bulan maksimum 21 ribu di Juli 2013,” tambah dia.

Avanza dan Xpander mulai bersaing kuat pada tahun 2018, saat keduanya sempat bergantian menjadi penguasa penjualan Low MPV setiap bulannya. Namun pada akhirnya, penjuakan Avanza kembali unggul di atas Xpander secara keseluruhan di tahun 2018.

Data penjualan Januari-Desember 2018 menunjukkan bahwa total wholesales Avanza menjadi yang tertinggi yaitu sebanyak 82.167 unit, sementara Xpander di posisi kedua dengan 75.075 unit. Suzuki Ertiga, Daihatsu Xenia dan Honda Mobilio melengkapi lima besar penjualan Low MPV 2018.

“Jadi memang minat akan Avanza sangat tinggi, dan di Toyota kita usahakan untuk terus menambah supply untuk memnuhi kebutuhan tersebut,” lanjut pria yang akrab dipanggil Suryo itu.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza