Beranda Updates Arab Saudi Siapkan Sirkuit untuk Gelar F1 Mulai 2023

Arab Saudi Siapkan Sirkuit untuk Gelar F1 Mulai 2023

KAIRO, Carvaganza.com – Balap Formula 1 kemungkinan besar akan semakin banyak digelar di wilayah Timur Tengah dalam beberapa tahun mendatang. Baru-baru ini, Arab Saudi mengumumkan keinginannya  untuk gelar balap F1, sekaligus menyiapkan sirkuit baru.

Sukses dengan menggelar Formula E, Arab Saudi ingin menegaskan kehadirannya di ranah motorsport dengan membawa kejuaraan balap yang lebih bergengsi, yaitu F1. Rencananya, balap F1 di Arab Saudi akan dilangsungkan di sirkuit jalan raya.

Lokasi balapan direncanakan bertempat di Qiddiya, kota yang jaraknya sekitar 80 kilometer dari Riyadh. Untuk proyek ini, Arab Saudi melakukan pendekatan yang tidak biasa dengan menunjuk Alex Wurz, mantan pembalap F1, untuk menjadi desainer sirkuitnya.

Target untuk bisa mewujudkan balap F1 pertama di Arab Saudi tersebut adalah pada tahun 2023, sekaligus menambah balapan dalam kalender F1. Qiddiya Investment Company berada di belakang rencana proyek ini, yang cukup ambisius membawa balap kelas dunia.

Target 2023

“Kami membangun supaya kami mampu menjadi tuan rumah gelaran MotoGP, WEC, kejuaraan regional dan nasional, dan semuanya melalui F1,” kata Mike Reininger, CEO Qiddiya Investment Company.

“Kami membangun fasilitas tersebut agar nantinya kami bisa mengadakan gelaran balap terbesar dan terbaik, benar-benar di semua kategori. Dan Grade 1, Anda tahu, identik dengan F1, jadi kami berharap bisa mewujudkan hal tersebut,” lanjut Reininger.

Rencana grand prix di Arab Saudi ini dikabarkan tengah dinegosiasi dengan nilai kontrak US$ 65 juta per tahun. Ada dua opsi disiapkan oleh pihak Arab Saudi, yaitu menggelar balap di sirkuit jalan raya terlebih dahulu, sambil menunggu proses pembangunan sirkuit permanen selesai untuk 2023.

Arab Saudi akan menjadi negara berikutnya di Timur Tengah yang memiliki sirkuit berstandar dunia, menyusul Bahrain, Abu Dhabi, Qatar dan Dubai. Negara-negara tersebut telah menjadi langganan menggelar F1 dan MotoGP, kecuali Dubai yang populer dengan balap ketahanan.

Sirkuit Menantang

Wurz, desainer sirkuit yang sekaligus menjabat sebagai chairman Grand Prix Drivers’ Association (GPDA), mengatakan bahwa sirkuit nantinya akan memberikan sensasi kesenangan dan keseruan, baik untuk pembalap maupun bagi para penonton di sirkuit.

“Desainnya menyajikan perubahan ketinggian yang luar biasa, memanfaatkan pemandangan alam yang menakjubkan. Desain yang sama-sama dibuat untuk memberi tantangan untuk pembalap dan teknisi juga,” kata Wurz, eks pembalap Williams dan McLaren.

“Dan percobaan simulasi kami, saya pastikan Anda itu pengalaman di dalam dan luar trek yang mendebarkan,” imbuh Wurz.

Arab Saudi semakin serius mengembangkan motorsport belakangan ini, dengan sukses menggelar balap Formula E di Ad Diriyah pada dua tahun terakhir. Sementara tahun ini, Reli Dakar untuk pertama kalinya digelar di gurun Arab Saudi.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Gaikindo Gaungkan Keselamatan Berkendara di Ajang GIICOMVEC 2020

JAKARTA, Carvaganza.com – Topik keselamatan menjadi fokus yang diserukan GAIKINDO. Tak hanya di kendaraan penumpang, tema ini juga digaungkan lewat penyelenggaraan GAIKINDO Indonesia International...

Turnamen Bulutangkis Daihatsu Astec Open 2020 Diawali dari Medan

MEDAN, Carvaganza.com – Daihatsu kembali menggandeng Alan & Susy Technology (ASTEC) menyelenggarakan turnamen bulutangkis yaitu Daihatsu Astec Open 2020. Kompetisi ini yang dibuka di...

Toyota Bantu 20 Atlet Muda Potensial Lewat Program SATRIA

JAKARTA, Carvaganza.com – Toyota mengumumkan 20 nama atlet muda potensial Indonesia yang tersaring dalam program athlete scouting bertajuk SATRIA (Satukan Bakat Negeri Kita). Mereka akan mendapat...

Astra Auto Fest 2020 Catat 3.500 SPK dan Transaksi Rp 700 Miliar

JAKARTA, Carvaganza.com – Gelaran Astra Auto Fest 2020 yang berlangsung 19 – 23 Februari di Astra Biz Center BSD City lalu berakhir manis. Penyelenggara...

Perkuat Brand, Wuling Motors Sponsori Tim Sepak Bola Bali United

DENPASAR, Carvaganza.com – Pabrikan otomotif Wuling Motors resmi menjadi salah satu sponsor utama tim sepak bola Bali United. Kolaborasi itu, menargetkan perluasan merek dan...