Xpander Jadi Penyumbang Penjualan Tertinggi Bagi Mitsubishi Indonesia

JAKARTA, Carvaganza – Meski industri otomotif dihajar penurunan selama masa pandemi, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mencatatkan penjualan tertinggi di akhir tahun lalu. MMKSI berhasil membukukan penjualan 6.769 unit pada Desember 2020. Menurut klaimnya, pencapaian ini termasuk penjualan terbaik selama periode fiskal 2020 (April-Desember).

Angka di atas disumbang dari penjualan kendaraan penumpang yang mencapai 4.127. Disusul kendaraan niaga ringan yang terjual sebanyak 2.642 unit. Mitsubishi Xpander menjadi kontributor dominan penjualan MMKSI di Indonesia. Xpander dan Xpander Cross menyumbang 43,9% dari total penjualan Mitsubishi dan disusul oleh L300 di angka 30,4% dan Pajero Sport menyumbang 16,5%. MPV Xpander dan SUV Xpander Cross memang berbagi platform, namun keduanya menyasar segmen yang berbeda. 

Dengan perolehan tersebut, MMKSI mengakui bahwa segmen MPV Mitsubishi adalah yang paling diminati oleh konsumen di Tanah Air. “Pada tahun 2020 pasar kendaran turun signifikan namun pada kuartal akhir 2020, penjualan Mitsubishi kembali meningkat. Di tahun 2021 ini diprediksi akan tumbuh namun belum sepenuhnya pulih. Dalam kondisi yang belum stabil ini, kami tetap optimis dan berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaik pada seluruh konsumen,” kata Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI.

Mitsubishi L300
Mitsubishi L300

Saat ini Mitsubishi cukup serius menghadirkan kendaraan segmen MPV di Indonesia. Mulai dari hadirnya Xpander hingga dilengkapi dengan Xpander Cross, SUV yang berbagi platform dengan saudara tuanya. Selain itu terdapat juga Mitsubishi Eclipse dan SUV 7-penumpangnya Mitsubishi Pajero Sport. MMKSI juga tetap menghadirkan line up lain di segmen light commercial seperti Mitsubishi Triton dan Mitsubishi L300.

Program-program menarik yang ditawarkan MMKSI selama masa pandemi sukses memikat hati konsumen. Hampir seluruh model kendaraan Mitsubishi memberikan paket menarik , mulai dari bunga 0%, hingga pada gratis biaya servis selama empat tahun.

Tumbangnya sektor otomotif tanah air tidak hanya dirasakan oleh Mitsubishi, hampir seluruh pabrikan cukup terguncang dengan adanya pandemi ini. Menurut catatan Gabungan Industri Otomotif Indonesia (GAIKINDO), penjualan mobil pada tahun ini menurun ke angka 500.000 unit. Angka tersebut cukup jauh dari pencapaian di tahun sebelumnya yang tembus hingga 1,1 juta unit.

Meski demikian, MMKSI masih optimis dengan penjualannya di tahun ini. Beberapa program menarik akan ditawarkan demi memikat minat konsumen. Program tersebut sudah dirilis oleh MMKSI dan hampir seluruh modelnya menawarkan paket bunga rendah hingga 0%.

ALVANDO NOYA/EZ

Baca juga: VIDEO, Melihat Langsung Dua Edisi Terbatas Mitsubishi Xpander

Artikel yang direkomendasikan untuk anda