Beranda Updates Wah, Geely Icon 2020 Pakai Perangkat Penangkal Virus Corona

Wah, Geely Icon 2020 Pakai Perangkat Penangkal Virus Corona

JAKARTA, Carvaganza.com – Merebaknya wabah virus corona membuat pabrikan mobil juga berpikir keras. Salah satunya adalah Geely Auto. Pabrikan asal Cina ini memperkenalkan subcompact SUV Icon yang diklaim memiliki perangkat yang bisa melindungi penumpang dari virus mematikan tersebut.

Geely meluncurkan SUV kompak ini secara resmi pada Senin (24/2) lalu. Unit gres ini mendapat sambutan luar biasa. Mereka menerima lebih dari 30.000 pesanan online dalam beberapa jam menjelang debut perdana. Di Cina, mobil ini dilego US$ 16,500 atau Rp 230 jutaan. Apa yang membuatnya laris manis?

Ternyata selain tampilannya yang keren, mobil ini juga dilengkapi perangkat unik. Menanggapi epidemi Coronavirus, perusahaan mengembangkan penangkal dalam tempo singkat. Unit dibekali sistem pemurnian udara cerdas (IAPS) bersertifikat N95.

Fitur saringan udara ini kerja bareng pendingin kabin. Mereka mengklaim, filtrasi ini bertujuan untuk mengisolasi juga menghilangkan unsur-unsur atau partikel berbahaya di dalam kendaraan. Termasuk bakteri dan virus. Alat bekerja melakukan sterilization serta deodorization pada aliran angin dalam mobil.

“Peluncuran SUV Icon tidak hanya menampilkan kekuatan inti dari jaringan pengembangan global Geely. Tetapi juga menunjukkan pemikiran ke depan kami dan berteknologi tinggi seperti saat ini. Semua bergerak menuju era digitalisasi. Ini mewakili lompatan Geely dari sekadar memenuhi permintaan pengguna. Model baru ini siap menjadi ikon anyar di pasar SUV global. Ia juga menjadi simbol dalam hal teknologi otomotif dan merek mobil global,” kata An Conghui, CEO Geely Auto Group.

Desain Icon

Carscoop menulis, Geely sangat serius membangun Icon. SUV ini digadang menjadi model dunia dengan konsep yang berasal dari 5 studio global Geely. Rancangan eksterior dibikin di fasilitas Geely California Amerika Serikat dan interior dari Geely Barcelona Spanyol. Keduanya disempurnakan di studio Geely Shanghai. Hampir 90 persen tampilannya mirip dengan Concept Icon yang diperkenalkan pada 2018 lalu.

Icon merupakan mobil kedua yang berpijak pada arsitektur BMA Geely. Model pertama yang menggunakan konsep ini adalah sedan Bin Rui. Namun fleksibilitas arsitektur keduanya amat berbeda. Kalau dipandang lebih lama, profil Icon mempertahankan siluet dan sangat mirip Range Rover Evoque. Mata menyipit, konfigurasi tiga baris dan atap mobil cenderung menurun ke belakang. Ditambah model pegangan pintu model pop-out flush, sangat identik.

Tampilan depan menampilkan pahatan kisi-kisi persegi panjang linier. Geely menyebutnya ‘Expanding Cosmos’. Sorot lampu utama mengusung motif infinity loop LED dan dibarengi dengan DRL. Ramuan ini dibilang tak hanya menarik secara visual, tetapi juga meningkatkan efisiensi pencahayaan hingga 30 persen. Visibilitas daya pendaran cahaya diklaim mencapai jarak 165 meter. Di bagian buritan, gaya itu terlihat lagi di lampu belakang. Bersama dengan pola kosmos persegi panjang yang mengembang.

Interior

Tampilan eksterior minimalis terus berlanjut ke interior. Sebenarnya tak terlalu neko-neko namun nuansa futuristik pada sci-fi kabin dihadirkan. Bagian menarik secara visual hadir dalam bentuk desain ventilasi udara dan konsol tengah. Layar interaktif ganda 10,25 inci, panel informasi (MID), termasuk konsol infotainment yang mendominasi dasbor. Head unit bisa tersambung perangkat seluler. Anda dapat berinteraksi dengan Icon kemudian terhubung ke dunia maya melalui GKUI Geely Smart Ecosystem.

Banyak teknologi pintar yang disematkan seperti L2 + yang disebut paling hebat di segmen selevel. Terpasang 12 radar ultrasonik, radar gelombang milimeter dan 5 kamera berikut penginderaan tinggi. Boleh dibilang mirip-mirip Honda Sensing. Ada Adaptive cruise control, lane keep assistant berguna menjaga jalur mobil, pengereman darurat otomatis AEB-P. Selanjutnya imbuhan pedestrian recognition serta one-button automatic parking.

Tak ketinggalan soal keamanan. Geely Icon memiliki kamera identifikasi keselamatan 360 derajat dengan tambahan 180 derajat. Sehingga penghuni kabin bisa melihat gambar panorama 360° pada layar interior. Termasuk hasil penginderaan 180° dari samping, depan, atau belakang mobil. Secara efektif deret itu guna meminimalisasi semua titik buta saat Anda duduk di balik lingkar kemudi.

Jantung Pacu

Soal mesin, di pasar Cina mobil ini dibekali mesin 1.5 liter turbocharged 4-cylinder bensin. Mobil ini pertama di segmennya berbekal teknologi hybrid ringan 48V. Dorongan torsi maksimal tersedia 255 Nm dan memompa daya 177 PS. Sedangkan bila ditambah mild hybrid, ia menyediakan tenaga 190 PS dan torsi 300 Nm. Penyalurannya pakai transmisi kopling ganda tujuh percepatan.

Klaim Geely, untuk melesat dari 0-100 km mobil ini cuma butuh 7,9 detik. Racikan ini bisa membawa konsumsi bahan bakar ke level terendah, 5,7 liter per 100 km atau 17,5 km/liter.

Bagimana dengan harga? Harga termurah SUV ini adalah US$ 16,500 atau sekitar Rp 230,9 juta. Sedangkan harga tertinggi berada di angka US$ 18,300 atau sekitar Rp 256,2 juta.

Sumber: global.geely.com

Baca juga: Geely Icon 2020, SUV yang Bisa Menangkal Virus Corona

ANJAR LEKSANA | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto