Beranda New Cars Volkswagen Touareg R, SUV Terkencang VW Berteknologi Hybrid

Volkswagen Touareg R, SUV Terkencang VW Berteknologi Hybrid

WOLFSBURG, Carvaganza.com – Volkswagen (VW) tidak ingin absen di segmen SUV kencang, seperti apa yang dilakukan oleh Audi dan Porsche. Untuk ikut meramaikan segmen ini, VW resmi meluncurkan Touareg R, sebagai varian terkencang SUV flagship mereka.

Varian baru Touareg ini menjadi model SUV terkencang yang pernah diproduksi VW, memanfaatkan teknologi elektrifikasi untuk sokong performanya. Kehadiran Touareg R menyusul model Audi RS Q8 dan Porsche Cayenne Turbo.

Tidak hanya menyusul di segmen yang sama, Touareg R juga tidak mengadopsi teknologi yang sama dengan RS Q8, yaitu berupa mesin V8 dengan teknologi mild-hybrid. Mobil ini menjadi showcase VW dalam perkenalkan elektrifikasi pada kendaraan berperforma tinggi.

Touareg R mengadopsi mesin V6 2.9 liter turbo yang menghasilkan kombinasi tenaga 456 hp dan torsi 699 Nm, dari mesin dan motor listriknya. Unit powertrain ini adalah yang sudah dipakai juga oleh Cayenne dan Panamera terbaru, dipadukan transmisi otomatis Tiptronic 8-speed.

Akselerasi

“Touareg adalah mobil yang sempurna untuk melangkah ke elektrifikasi. Mesin mobil-mobil ini tidak pernah dipertimbangkan, mengingat Touareg dirancang sebagai sebuah cruiser kencang yang nyaman dengan kebutuhan untuk beralih dari nyaman ke sporty, tapi tidak sporty yang ekstrem,” jelas Jost Capito, pimpinan VW divisi R.

“Ini mobil untuk para antusias tapi juga untuk orang-orang dengan gaya hidup yang aktif,” tambah dia lagi.

Dengan kombinasi mesin dan motor listrik tadi, SUV ini sanggup berakselerasi 0-100 km/jam dalam 5,0 detik. Top speed yang bisa dicapainya pun diklaim bisa sampai 250 km/jam, dengan catatan dibatasi oleh elektronik.

Mode Listrik

Selain itu, Touareg R bisa dikemudikan dalam E-Mode alias hanya menggunakan energi listrik, mengandalkan motor listriknya. E-Mode ini diklaim VW bisa dimanfaatkan untuk menempuh perjalanan sejauh 48 kilometer.

Laju mesin V6 bisa digunakan sebagai generator untuk mengisi ulang baterai saat pasokan energi menipis, sekaligus memanfaatkan regerasi dari pengereman. E-Mode juga bisa digunakan untuk melaju sampai dengan kecepatan 140 km/jam.

Namun, Touareg R tidak seperti model R lainnya, yaitu Golf R dan T-Roc R, karena tidak memiliki pilihan mode Race. Sistem all-wheel drive pada mobil ini menyalurkan 80% tenaga ke roda depan dalam kondisi normal, dan bisa memberikan bisa maksimal 70% ke roda belakang.

VW sekaligus menyediakan fitur Travel Assist pada sistem cruise control, yang dapat melakukan kemudi, akselerasi dan mengerem dengan otonom sampai kecepatan 250 km/jam. Namun fitur yang absen pada Touareg R adalah four-wheel steering karena ruang bagian belakang yang ‘tersita’ untuk baterai.

Untuk saat ini belum diumumkan berapa harga resmi untuk Touareg R, yang bisa dikenali lewat logo R di body dan velg alloy Braga 20 incinya. Yang pasti, mobil ini akan langsung mulai dipasarkan pada tahun 2020.

Bagaimana komentar Anda?

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

video

VIDEO: Mobil Toyota Paling Buas Muncul Di Trek Le Mans

SARTHE, Prancis, Carvaganza.com – Akhirnya hypercar hybrid Toyota GR Super Sport diperkenalkan untuk pertama kalinya ke publik. Padahal ini mobil sudah dijadikan bahan pemberitaan...

Velozity Chapter V – Kapur Gelar Kopdar Kemanusiaan Donor Darah

KARAWANG, Carvaganza.com -  Di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, sesama manusia harus meningkatkan saling kepedulian. Wabah Corona telah menimbulkan dampak terhadap ragam sektor...

Lengkapi Versi Hybrid, Honda CR-V PHEV Mendebut Di Pameran Beijing

BEIJING, Carvaganza.com – Ketika Indonesia masih sibuk dengan pandemi COVID-19, Cina sudah berencana menggelar pameran off-line otomotif. Bukan lagi secara virtual, melainkan sebuah kegiatan...

Karena PSBB, Daihatsu Perkecil Jumlah Karyawan Masuk Kantor

JAKARTA, Carvaganza.com – Pabrikan Daihatsu menerapkan kebijakan baru untuk menanggapi Pergub DKI mengenai penerapan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pergub DKI Jakarta itu...

TEST DRIVE: Renault Kwid Climber, Kesan yang Membekas

JAKARTA, Carvaganza.com -  Saya memarkir Renault Kwid Climber di salah satu kedai kopi di bilangan Fatmawati, Jakarta dan memilih meja di area terbuka tidak...