Beranda New Cars Volkswagen Golf R Siap Rilis Pekan Ini, Diklaim Varian Golf Terganas

Volkswagen Golf R Siap Rilis Pekan Ini, Diklaim Varian Golf Terganas

WOLFSBURG, Carvaganza.com – Rangkaian generasi kedelapan Volkswagen Golf akan semakin lengkap, dengan siap diluncurkannya varian terkencang. Naik satu level di atas GTI, akan lahir Golf R geenrasi baru. Meneruskan kiprahnya dari Mk7, Golf R baru akan tegaskan kembali benchmark di segmen hot hatchback. Bahkan, VW sudah menyicil bocoran spesifikasinya jelang peluncuran.

Berkaca pada sejarah, huruf R dalam keluarga Golf memang selalu menandakan spesies paling gahar. Bermula dari Golf R32 pada 2002 dengan mesin VR6 yang sanggup memuntahkan tenaga 241 PS / 237 hp. Saat itu jelas jadi anggota terkuat di keluarga generasi keempat (Mk4). Juga paling canggih lantaran transmisi dual-clutch (DSG) milik VW mejeng pertama kali di model ini – mengantarkan tenaga menuju keempat roda.

Singkat cerita ke basis Mk7, Golf R kemudian sukses menembus batas potensi 300 PS/ 295 hp. Perlu diketahui, dorongan berasal dari pemacu empat silinder 2,0 liter turbo. Jantung enam silinder sendiri sudah dipensiunkan sejak generasi keenam. Nah, angka 300 PS ini lah yang menjadi benchmark di versi teranyar Golf R. Lebih bertenaga sudah pasti, hanya saja pabrikan belum mengungkap detail lengkap.

Minimal dijelaskan kandungan kecanggihan teknologi dalam unit empat silinder berkode EA 888. Kubikasi mesin tetap 2,0 liter berikut disokong peranti pemadat udara. Performa kemudian disempurnakan oleh pendinginan saluran gas buang – yang terintegrasi di dalam kepala silinder – menuju rumah keong. Hadir pula sistem variable valve timing dengan dua camshaft.

Urusan catatan ekstraksi tenaga memang masih dirahasiakan. Sempat beredar rumor bahwa Golf R sanggup memuntahkan 330 PS / 325 hp lebih. Namun, ada kemungkinan lain kalau output tenaga malah disetarakan dengan kemampuan Arteon R sebesar 319 PS / 314 hp. Tetap saja berlimpah untuk sebuah hatchback. Yang menarik adalah VW bakal tetap mempertahankan girboks manual enam percepatan sebagai opsi lain dari transmisi otomatis dual clutch tujuh percepatan.

Kemampuan melahap aspal tentu tetap disokong sistem penggerak All-Wheel Drive (AWD). Bukan sebatas penggerak empat roda biasa, tersemat fungsi torque control di poros belakang. Semua tingkah kendali lalu diatur oleh Vehicle Dynamics Manager yang bekerja bersama pengunci diferensial depan elektronik (XDS) dan Dynamic Chassis Control (DCC). Dengan demikian, Golf R diklaim menawarkan traksi optimal.

Versi buas ini diyakini bakal mengadopsi gaya spesifik demi menciptakan diferensiasi – sebagaimana para pendahulu. Wujudnya belum resmi disingkap namun beruntung spy shot sudah beredar lebih dulu. Sedikit mengobati rasa penasaran, satu sorotan utama adalah bumper depan, didominasi rongga besar sebagai jalur masuk aliran udara. Kemungkinan tidak disekat jadi tiga bagian seperti tangkapan paparazzi. Mengikuti arahan utama rancangan Golf Mk8 dengan ornamen apron melintang penuh bak bermulut besar.

Lenggokan sporty jelas dipancarkan tanpa terlihat terlalu berlebihan. Misal eksekusi side skirts demi visual kuda-kuda rendah sekaligus jadi peningkat fungsi aerodinamika. Dilanjut pula ke buritan, melekat diffuser empat sirip yang ditemani quad tailpipe. Cukup intimidatif. Sementara untuk sepatunya mengenakan pelek two-tone lima palang “Y” mengipas berisi kaliper rem biru. Boleh jadi VW pasang sedikit elemen pengecoh, jadi kita tunggu saja seperti apa gaya sebenarnya nanti.

Ya, Golf R segera dirilis 4 November. Bukan sebatas pengenalan lantaran keran pemasaran bakal langsung dibuka sehari setelahnya di Eropa. Diperkirakan tidak hanya hadir dalam format hatchback mengingat Golf punya varian bodi estate – dan memang sempat tertangkap basah juga VW sedang mengujinya di Nürburgring, Jerman.

Sumber: Volkswagen, Motor1

AHMAD KARIM

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Versi Siap Produksi Porsche 911 GT3 2021 Terlihat Tanpa Kamuflase

STUTTGART, Carvaganza.com – Generasi terbaru 911 GT3 sepertinya sudah mendekati waktu peluncuran, dan Porsche pun sudah tidak malu-malu menunjukkan wujudnya. Dalam rangkaian spyshot terbaru,...

Belum Paham Soal Transmisi Otomatis? Ini Tips Mudahnya

Mobil dengan transmisi jenis otomatis sudah bukan hal yang aneh lagi. Meski demikian, masih banyak yang belum memahaminya. Mungkin karena memang selama ini menggunakan...

Jeep Compass Mendapat Penyegaran, Tampil Perdana Di Guangzhou Auto Show 2020

JAKARTA, Carvaganza.com – Jeep memperkenalkan versi penyegaran dari crossover compact miliknya, Compass. Mendapat sejumlah penyegaran, Jeep Compass pertama kali ditampilkan ke publik pada Guangzhou...

TEST DRIVE: Ferrari F8 Spider, Sama Kencang dan Seasik Coupe

SINGAPURA, Carvaganza.com - Sebagian besar orang mungkin akan menganggap sports car versi atap terbuka tidak se-hardcore versi coupe. Rasanya anggapan itu banyak beredar. Ferrari...

Begini Ragam Kelebihan Jika Memiliki Hyundai Kona Electric

JAKARTA, carvaganza – Hyundai Kona Electric sudah diluncurkan oleh PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) awal November kemarin di Jakarta. Sebagai mobil listrik murni listrik...