Beranda Updates Toyota Siapkan GR Corolla, Mengaspal Pada 2023

Toyota Siapkan GR Corolla, Mengaspal Pada 2023

TOKYO, Carvaganza.com – Toyota rupanya sedikit demi sedikit berusaha menggeser reputasinya sebagai pembuat mobil membosankan. Pabrikan Jepang itu perlahan mengeluarkan mobil dengan kemampuan galak. Hadirnya 86 dan Supra menandakan era baru bagi mereka. Kini mereka menggarap segmen Hot Hatch. Setelah GR Yaris, konon Corolla bakal mendapat giliran disentuh tangan dingin teknisi Gazoo Racing.

Laporan AutoExpress dan Motor1 menyebutkan bahwa GR Yaris menjadi incaran di Jepang dan Eropa. Ada kabar gembira bagi mereka yang menginginkan model yang lebih besar. Toyota menyiapkan Corolla. Disebutkan GR Corolla akan mengaspal di Britania Raya pada 2023.

Rumors mengenai hal ini sudah beberapa kali muncul. Toshoi Kanei, Deputy Chief Designer di Toyota mengatakan di awal 2019 lalu jika model ini tengah dalam pengembangan. Tapi kapan akan diluncurkan masih dalam tanda tanya.

Pemacu daya berasal dari unit tiga silinder 1.6 liter tiga silinder serupa Hot Hatchback terkini Toyota, berkode G16E-GTS. Unit yang menyandang titel sebagai jantung tiga silinder terkuat, dengan output 268 hp beserta puntiran maksimum 360 Nm – spesifikasi Jepang. Sumber kehebatan tentu tak luput dari sokongan rumah keong pemaksa udara alias turbo.

Penggerak

Untuk Corolla, data spesifikasi masih dirahasiakan. Belum jelas apakah tenaga akan sebesar GR Yaris di Jepang. Pun bila akhirnya dikurangi ketika masuk tanah Eropa, paling tidak 257 hp dapat dinikmati pus torsi 360 Nm. Transmisi menggunakan manual 6-speed plus all-wheel drive system dan Torsen limited-slip differentials di kedua sisi.

Kemampuannya apik 100 km/jam ditempuh dalam 5.5 detik dengan keepatan maksimal 230 km/jam. Dengan berat 1.280 kg, Corolla bersaing melawan Ford Focus ST dan Hyundai i30N. Mungkin terlalu jauh bila harus bersaing dengan Renault Megane RS Trophy atau Honda Civic Type R.

Mengembangkan Corolla versi GR ini sepertinya takkan masalah. Beda dengan ketika mengembangkan GR Yaris. Teknisi Gazoo Racing harus mengawinkan dua platform dan mengubah kaki-kaki agar AWD mulus terpasang. Platform TNGA-C pada bokong GR Yaris merupakan basis pembangun Corolla. Dengan kata lain, membangun Corolla tinggal menyetel kaki-kaki, mengotak-atik sektor jantung, berikut printilan lain.

Probabilitas Toyota untuk mendatangkan mobil-mobil bertenaga besar ini terbuka. Eksistensi GR Corolla juga dapat meluaskan citra hatchback performa Toyota ke Amerika.  Kecil kemungkinan bagi pasar AS untuk dapat menikmati Yaris versi panas. Di sana, Yaris teranyar merupakan versi rebadge dari Mazda2. Keberadaan GR Corolla dapat dijadikan alat pemuas para pendamba GR Yaris yang saat ini sedang dilanda kekecewaan.

Sumber: Autoexpress, Motor1
Baca Juga: Toyota Punya Divisi Performa GR, Bagaimana Nasib TRD?

AHMAD KARIM | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Wuling Confero S 1.5L ACT, Punya Apa Saja untuk Bersaing di Segmen Panas LMPV

JAKARTA, Carvaganza -- Meski masih berusia muda, Wuling Motors termasuk merek yang berani bertarung di pasar otomotif Indonesia. Tak hanya berani mungkin juga cerdik....

Bersiap Masuk Pasar, Segini Estimasi Harga Kia Sonet

JAKARTA, Carvaganza.com - Kia Sonet berencana dipasarkan di Indonesia. Situs resmi Samsat DKI Jakarta sudah tertera dua tipe yang bakal dijual. Model pertama 1,5...

Tukar Tambah Suzuki Ada Cashback Sampai Rp 4 Juta di Auto Value

JAKARTA, Carvaganza -- Berbagai strategi pemasaran dilakukan para pemegang merek. Tak hanya jualan mobil baru, penjualan mobil bekas juga menggunakan berbagai trik untuk menarik...

Warna Baru Graphite Capsule, Lamborghini Urus Tampil Beda

SANT'AGATA BOLOGNESE, Carvaganza.com - Lamborghini Urus punya tampilan beda. Warna Graphite Capsule masuk dalam opsi, membuat wujud SUV pertama Lambo tampil lebih galak. Namun,...

Jeep Rilis Enam Model Edisi Khusus Ultah ke-80

AUBURN HILLS, Carvaganza.com - Tahun depan usia Jeep menginjak 80 tahun. Lahir pada 1941, brand yang makin melegenda ini mengenalkan Willys MB. Mobil yang...