Beranda New Cars Toyota akan Rilis Yaris Baru Pekan Ini, Hatchback Facelift atau Cross?

Toyota akan Rilis Yaris Baru Pekan Ini, Hatchback Facelift atau Cross?

JAKARTA, Carvaganza.com – Baru beberapa hari lalu Toyota meluncurkan model baru di Indonesia lewat New Hilux. Dalam hitungan hari, sudah akan ada model baru lagi yang siap diluncurkan. PT Toyota-Astra Motor (TAM) resmi mengumumkan peluncuran New Yaris untuk pekan ini.

Jadwal peluncuran yaitu pada hari Kamis, 3 September 2020, yang akan dilaksanakan kembali via virtual. Jika mengacu pada namanya, artinya yang akan meluncur adalah Yaris hatchback versi facelift. Yaris baru-baru ini memang sudah meluncur dengan wajah baru di Thailand dan Filipina. Artinya, ini akan menjadi facelift kedua untuk Yaris generasi saat ini, menyusul versi facelift 2018.

Di Thailand, Yaris baru hadir dalam dua pilihan varian, yaitu Yaris dan Yaris Ativ. Untuk Yaris Ativ adalah versi sedan, yang di Indonesia akan hadir sebagai Vios. Jika melihat tradisi atau kebiasaan Toyota di Indonesia, sepertinya Yaris dan Vios akan diluncurkan secara terpisah.

Ubahan utama pada Yaris versi 2020 adalah fascia depan yang tidak lagi tunjukkan senyum lebar yang membuatnya dapat julukan Joker. Garis desain grille dan intake depan akan kembali berbentuk trapesium yang melebar ke bawah, kebalikan model saat ini. Toyota seolah mengembalikan wajah Yaris menjadi seperti versi awal alias ‘Lele’ yang meluncur 2014 lalu.

Bentuk lampu utama tidak berubah, masih sama seperti model saat ini. Sepintas wajah Yaris facelift menjadi mirip dengan Camry terbaru. Bisa dibilang juga tampang Yaris baru terpengaruh pada generasi baru Yaris yang beredar di Jepang dan Eropa. Toyota mempertahankan LED DRL yang menghiasi sisi bawah lampu depan.

Ada aksen hitam di bagian samping bumper depan, yang sekaligus menjadi rumah fog lamp. Sentuhan ini membuat tongkrongan Yaris seolah menjadi lebih lebar, menciptakan karkater sporty. Tidak ada perubahan pada sisi samping, kecuali desain velg yang lebih modern, dengan nuansa two tone. Side skirt pun diberi sentuhan minimalis, dengan aksen hitam di bagian bawah.

‘Jubah’ Yaris baru mendapat opsi warna dual tone, dengan atap yang diwarnai hitam. Tidak hanya di atap, warna hitam juga ikut melapisi spion luar untuk berikan kesan sporty dan dinamis. Sementara untuk tampilan belakang, tidak begitu signifikan dan cenderung minimalis.

Interior pun tidak banyak berubah. Layout dashboard secara keseluruhan masih sama seperti versi sekarang. Di Thailand, sistem infotainment menggunakan layar sentuh 6,7 inci yang sudah didukung Apple Carplay. Begitu juga dengan pengaturan AC dengan interface lebih futuristik. Pada varian tertingginya sudah dilengkapi Digital Video Recorder pada spion tengah.

Mesin dan transmisi masih sama, yaitu menggunakan varain 1,5 liter Dual VVT-I dan transmisi otomatis CVT. Namun fitur keselamatan meningkat pesat dengan hadirnya 7 airbag, traction control, Hill-Assist Control, selain ABS, EBD dan BA sebagai standar. Bahkan ada Toyota Safety Sense yang meliputi Pre-Collision System, Lane Departure Alert yang terbilang jarang di segmen ini.

Di atas tadi adalah spesifikasi Yaris yang meluncur di Thailand, seperti apa untuk pasar Indonesia baru bisa dipastikan saat peluncuran nanti. Atau mungkinkah New Yaris yang dimaksud adalah Yaris Cross? Bisa jadi.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Lima Crossover Yang Bisa Dijadikan Alternatif Selain Honda HR-V

JAKARTA, carvaganza.com – Pasar SUV/crossover kompak memang sedang digandrungi. Tingginya permintaan membuat pabrikan membanjiri pasar. Pertarungan di segmen ini pun semakin memanas. Di pasar...

Pilih Renault Triber atau Suzuki Ignis? Ini Masing-Masing Kelebihannya

JAKARTA, carvaganza.com – Untuk punya mobil SUV bergaya tangguh memang cukup merogoh kocek. Tapi kami memilihkan, ada dua mobil kompak bergaya ala SUV. Memang...

Enggak Kapok-Kapok Pabrikan Cina Jiplak Chevrolet Corvette, Mesinnya PHEV

BEIJING, carvaganza.com – Chevrolet Corvette C1 tahun 1958 adalah salah satu mobil yang paling diburu kolektor. Mobil klasik favorit yang memiliki desain yang tak...

DFSK Klaim 3 Keunggulan Super Cab, Benarkah?

JAKARTA, Carvaganza -- Di tengah pandemi COVID-19, permintaan kendaraan komersial ternyata tetap tinggi. PT Sokonindo Automobile, sebagai pemegang merek DFSK di Indonesia mengandalkan DFSK...

Covid-19 Berlanjut, Toyota Kembali Donasikan Kijang Innova Ambulans

BEKASI, Carvaganza -- Pandemi COVID-19, belum juga menunjukkan tanda-tanda mereda. Berbagai pihak terus melakukan upaya termasuk menyalurkan donasi guna membantu penanggulangan wabah corona. Setelah...