Beranda Updates TIPS: Perhatikan Ini Sebelum Ajak Keluarga Berkendara di New Normal

TIPS: Perhatikan Ini Sebelum Ajak Keluarga Berkendara di New Normal

JAKARTA, Carvaganza.com – Era New Normal pasca karena pandemi COVID-19 saat ini menuntut masyarakat menerapkan gaya hidup yang berbeda. Nyaris seluruh aspek kehidupan terdampak oleh mewabahnya virus Corona, tidak terkecuali berkendara. Kesehatan tetap perlu dijaga saat beraktivitas dengan kendaraan, khususnya saat mengajak anggota keluarga.

Auto2000 kembali membagi sejumlah tips yang bisa diterapkan selama berkendara di masa New Normal. Hal ini demi memastikan diri kita dan keluarga tetap tenang, dengan menjaga kebersihan mobil yang digunakan.

Langkah-langkah ini bisa dilakukan untuk mencegah penularan virus COVID-19, namun dengan tetap prioritaskan prinsip safety driving.

Sebelum Berkendara

Cuci mobil hingga bersih sebelum beraktivitas. Upayakan bagian yang sering mendapatkan kontak fisik diperhatikan lebih jauh, seperti seluruh hendel pintu dan tutup tangki bensin. Pastikan panel pintu, setir, tuas transmisi, tuas rem parkir, arm rest, hingga kontrol AC dan audio dalam kondisi bersih. Untuk membersihkan bagian-bagian tersebut, AutoFamily dapat menggunakan Car Care Kit berkualitas yang dijual di Auto2000 Digiroom.

Kemudian, periksa tekanan angin pada ban dan pastikan tidak ada tetesan cairan yang menandakan kebocoran. Jangan lupa perhatikan karet wiper, pastikan tidak ada kotoran yang bisa sebabkan baret di kaca. Perhatikan juga kondisi seluruh cairan di ruang mesin, agar tidak sampai kekurangan.

Sebelum mulai mengemudi, langsung kenakan sabuk pengaman sampai berbunyi “klik”. Lalu atur posisi duduk senyaman mungkin agar sesuai dan memenuhi prinsip safety driving. Sesuaikan juga posisi dan sudut pandang kaca spion agar lebih optimal dalam memantau area sekitar mobil.

Lanjut, periksa seluruh fungsi instrumen mobil seperti lampu, klakson, tuas transmisi, rem parkir, kontrol audio dan AC, serta pedal-pedal di bawah dashboard. Persiapkan kebutuhan perjalanan supaya tidak repot mencari saat mengemudi mobil. Misalnya mempersiapkan kartu pembayaran tol dan pastikan saldonya memadai.

Periksa dokumen kendaraan seperti STNK dan SIM A agar tidak tertinggal di rumah. Hindari meletakkan barang di tempat yang mengundang potensi pencurian. Siapkan masker untuk dipakai dan hand sanitizer sebagai bagian mematuhi protokol pencegahan penularan virus.

Mobil boleh diisi penuh oleh penumpang dengan syarat seluruhnya berasal dari 1 alamat yang sama, dibuktikan dari fotokopi kartu keluarga (KK) dan KTP seluruh penumpang. Jika tidak serumah, hanya boleh diisi maksimal 50% saja.

Ketika Berkendara

Patuhi aturan lalu lintas menjadi syarat mutlak di jalan. Jangan melanggar aturan meski pengguna jalan lain melakukannya. Jaga emosi dan jangan mudah terpancing jika ada pengguna jalan lain melakukan manuver agresif seperti memotong lajur tiba-tiba.

Fokus pada mengemudi dan jangan teralihkan pada hal tidak penting seperti mengambil barang jatuh atau sibuk dengan ponsel yang bisa mendistraksi perhatian ke jalan. Lengah sepersekian detik sangat berpotensi menyebabkan kecelakaan, seperti menabrak mobil di depan karena melihat layar ponsel.

Auto2000 Membantu Persiapan Kendaraan

Usahakan selalu memeriksa kondisi mobil sebelum berkendara untuk memastikan keamanan kendaraan. Supaya mudah dan nyaman, Auto2000 sebagai dealer Toyota terbesar di Indonesia mempersilakan AutoFamily datang ke bengkel Auto2000 untuk melakukan service berkala.

Manfaatkan promo “Kembali Ke Auto2000”, AutoFamily yang melakukan service berkala di bengkel Auto2000 atau dengan THS-Auto2000 Home Service dan melakukan booking service terlebih dahulu akan mendapatkan benefit Diskon 20% Jasa + 10% Part atau Free Cabin Treatment. Khusus untuk Free Cabin Treatment hanya bisa didapatkan jika melakukan service berkala di bengkel Auto2000.  Promo ini berlaku hingga 30 juni 2020.

“Pastikan kondisi AutoFamily Sehat dan Aman saat berkendara di fase transisi dan New Normal ini. Untuk memastikan keamanan kendaraan agar tetap prima, AutoFamily dapat melakukan service berkala di bengkel Auto2000 terdekat,” ujar Ricky Martawijaya, Aftersales Division Head Auto2000.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Kia Rilis Desain Baru Stinger, Dirilis Akhir Tahun

SEOUL, Carvaganza -- Kia Motors Corporation tengah menyiapkan satu model baru. Pabrikan asal Korea itu merilis secara resmi gambar pertama dari Kia Stinger yang...

Bridgestone Kenalkan Teknologi ELITEN, Khusus Mobil Listrik

BRUSSELS, Carvaganza – Perkembangan teknologi ban sejalan dengan tren mobil listrik. Pabrikan ban raksasa Bridgestone menciptakan teknologi baru yang disebut ENLITEN yang khusus digunakan...

Dari Sedan Ke SUV, Toyota Corolla Dari Generasi Ke Generasi (Bagian 2)

JAKARTA, Carvaganza.com - Jika kehadiran generasi keenam  Toyota Corolla ditandai munculnya Bubble Economy Jepang pada 1987, kelahiran generasi ketujuh justru ditandai dengan hancurnya Bubble...

Ekspor Meningkat, Suzuki Kapalkan 5.030 Kendaraan di Juli

JAKARTA, Carvaganza – Selain penjualan, tren peningkatan ekspor produk-produk Suzuki buatan Indonesia terus berlanjut ke semester kedua 2020. Selama bulan Juli lalu, PT Suzuki...

Tambah Line-Up, MG HS Siap Diluncurkan di Indonesia Besok

JAKARTA, Carvaganza -- Setelah 4 bulan sejak peluncuran mobil perdananya di Indonesia akhir Maret lalu, MG siap memperkenalkan model keduanya di Indonesia. Manufaktur Inggris...