Shell Indonesia Raih Penghargaan Perusahaan Tempat Bekerja Terbaik di Asia

JAKARTA, Carvaganza -- Perusahaan tempat bekerja harus bisa menjadi tempat yang nyaman bagi karyawan sehingga bisa menghasilkan kinerja terbaiknya. Shell Indonesia berhasil meraih penghargaan HR Asia Award 2020 sebagai salah satu the Best Companies to Work for in Asia 2020 – Indonesia Edition atau perusahaan tempat bekerja terbaik di Asia 2020 – Edisi Indonesia.

Penghargaan ini adalah satu-satunya anugerah dalam bidang SDM yang diberikan sepenuhnya atas dasar penilaian karyawan melalui metode survei Total Engagement Assessment Model (TEAM).

Dian Andyasuri, President Director and Country Chair Shell Indonesia mengatakan pencapaian ini selaras dengan aspirasi Shell Indonesia untuk selalu menjadi tempat kerja yang menghargai keragaman dan inklusi, mendorong kolaborasi antar divisi dan lini bisnis, dan menjadikan tempat bekerja yang memberikan dukungan kepada semua karyawan untuk mengembangkan diri hingga mampu mencapai potensi maksimal.

"Bagi saya, penghargaan ini merupakan hasil pencapaian dan kontribusi semua karyawan baik secara individual maupun bersama-sama sebagai keluarga besar Shell Indonesia," kata Dian Andyasuri dalam keterangan remsinya.


Aspek Penilaian


Dian mengharapkan penghargaan ini juga menjadi penyemangat bagi seluruh karyawan Shell Indonesia untuk terus memberikan kinerja terbaiknya. Penghargaan ini diberikan kepada Shell Indonesia berdasarkan penilaian terhadap tiga aspek utama, yaitu Core, Self, dan Group.

Dalam aspek Core, karyawan menilai kebijakan-kebijakan perusahaan melalui beberapa pertanyaan spesifik seperti bagaimana pelibatan karyawan dalam pengambilan keputusan atau fasilitas-fasilitas penunjang yang diberikan perusahaan. Self menilai aspek pikiran dan perasaan karyawan selama bekerja di kantor, dan Group menilai bagaimana persepsi karyawan tentang kultur bekerja di perusahaan secara kolektif.

Menanggapi penghargaan tersebut, Harry Permadi, VP Human Resources Shell Indonesia menyatakan, “Faktor utama yang membuat Shell Indonesia unggul dalam penilaian di HR Asia Award ini adalah fokus kami dalam memperhatikan kesejahteraan karyawan. Shell Indonesia telah melakukan beberapa inisiatif untuk menjaga dan meningkatkan kesejahteraan karyawan, terutama pada masa pandemi yang penuh tantangan ini.”


Kontribusi Karyawan


Harry menjelaskan, beberapa manfaat terkait COVID-19 yang diberikan kepada karyawan Shell Indonesia misalnya akses ke penyedia medis online terkemuka, tunjangan ergonomis untuk mendukung karyawan selama bekerja dari rumah sehingga mereka dapat bekerja dengan nyaman di rumah, serta berbagai sesi virtual yang diselenggarakan untuk meningkatkan motivasi dan menjaga kesehatan mental karyawan.

Dian mengatakan Shell juga memberi perhatian khusus pada People (karyawan) dalam pengambilan keputusan strategis perusahaan, terutama terkait kebijakan bagi karyawan. Dalam pengambilan keputusan yang tepat sebagai perusahaan, suara karyawan tidak bisa dipandang sebelah mata.

"Kami menyediakan kanal penyampaian aspirasi yang memungkinkan karyawan memberikan masukan-masukan untuk perusahaan yang dapat disampaikan langsung atau tidak langsung kepada pimpinan. Hal ini sejalan dengan nilai respect for people yang selalu kami yakini,” jelas Dian.



Hal ini terkait dengan sejarah panjang Royal Dutch Shell di Indonesia yang sudah dimulai sejak lebih dari 100 tahun lalu dengan penemuan minyak pertama di Pangkalan Brandan, Sumatera Utara. Shell merupakan perusahaan migas internasional pertama di Indonesia yang masuk ke bisnis retail bahan bakar minyak baik untuk kendaraan roda empat maupun roda dua.

Saat ini Shell memiliki lebih dari 119 SPBU yang tersebar di wilayah Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur dan Sumatera Utara. Selain BBM, Shell juga memiliki pabrik pelumas sendiri di Marunda, Bekasi. Pabrik ini memiliki kapasitas produksi 136 juta liter (120 ribu ton) pelumas setiap tahunnya.

RAJU FEBRIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda