Sedan Sultan, Ini Hal-Hal Menarik Pada Rolls-Royce Ghost 2021

JAKARTA, Carvaganza – Rolls-Royce Motor Cars Jakarta akhirnya resmi memboyong New Rolls-Royce Ghost ke Indonesia. Setelah dirilis secara global pada September 2020 lalu, kini Rolls-Royce generasi ketiga hadir dengan penyematan tampilan dan fitur-fitur terbaru di dalamnya. 

Kali ini, Rolls-Royce Ghost didesain dengan menonjolkan aura sporty yang melabur dengan kenyamanan khas Rolls-Royce. Dengan mengadopsi platform yang juga digunakan pada Cullinan dan Phantom terbaru, Ghost 2021 menampilkan tampilan grill yang diperbaharui. Berikut hal-hal menarik pada New Rolls-Royce Ghost 2021 yang baru saja diluncurkan di Indonesia

1. Body Alumunium

Pada generasi terbarunya ini, Rolls-Royce Ghost memiliki dimensi yang lebih panjang 89 mm dan lebih lebar 30 mm dari generasi sebelumnya. Uniknya, dengan penambahan angka dimensi ini, para arsitek di Goodwood tetap menjaga bobot kendaraannya berkat penggunaan Alumunium Spaceframe Archtiecture. Sementara angka dimensi lain seperti tinggi dan jarak sumbu roda tetap sama dengan generasi sebelumnya. 

Rolls-Royce Ghost 2021

Dengan peningkatan dimensi panjang tersebut, kini Rolls-Royce Ghost 2021 memiliki panjang lebih dari 5,5 meter dan lebar 1.978 mm. Hal tersebut digunakan demi meningkatan ruang kabin yang luas dan nyaman untuk pengendara.

2. LED Grille

Terdapat ubahan dan peningkatan pada sedan super mewah ini, salah satunya adalah tampilan pada fascia depan mulai dari grille dan headlamp-nya. Desain grille Rolls-Royce Ghost generasi terbaru full dengan aksen chrome, terdapat 20 unit LED yang mengiluminasi ruang kisi-kisinya. Sementara area grille dan kap mesin tidak ada lagi panel pemisah dan terdapat ornamen Spirit of Ecstasy yang menjadi simbol Rolls-Royce. Ubahan lainnya juga terdapat pada headlight-nya yang menggunakan grafis LED DRL dengan lampu berteknologi laser.

3. Power Assistance Door

Rolls-Royce Ghost mengusung desain pintu suicide sehingga menghasilkan tampilan yang seksi saat kedua pintu dibuka lebar. Kini pada Rolls-Royce Ghost generasi terbaru disematkan fitur Power Assistance Door yang memungkinkan pintu dioperasikan secara elektrik dari dalam kabin. Sehingga nilai effortless yang tertanam pada setiap model Rolls-Royce berhasil dihadirkan pada konsumen di seluruh dunia.

Pintu juga bisa dikontrol secara manual, tapi tetap mendapat sokongan elektrik agar ringan dioperasikan. Bahkan saat mobil berada di permukaan landai, baik turunan maupun tanjakan, pintu begitu mudah dibuka-tutup. Hal tersebut berkat disematkannya sensor longitudinal dan transverse, serta G-Force  di seluruh pintunya.

4. Kabin Super Senyap

Rolls-Royce memang dikenal dengan kendaraan yang memiliki kabin super senyap dan nyaman. Pada generasi terbaru Rolls-Royce Ghost bagian bulkhead dan floor mendapat lapisan ganda. Ditambah dengan composite damping untuk mengurangi  suara bising dari jalan raya. Rolls Royce juga sangat selektif dalam memilih material untuk mendukung kesenyapan kabin. Bahkan enjin penggerak dan kapnya didesain agar tidak menghasilkan suara yang menyusup ke dalam kabin.

Rolls-Royce Ghost 2021

5. Fitur Interior Atraktif

Sedangkan elemen baru pada desain interior adalah Illuminated Fascia pada dashboard sisi penumpang depan. Selain itu, juga dapat menampilkan gugusan bintang yang diterangi oleh 125 LED di baliknya. Tampilan ini mengikuti Starlight Headliner yang menjadi pilihan personalisasi untuk menghiasi langit-langit selain sunroof.

Sistem infotainment dilengkapi oleh audio yang terpusat pada layar sentuh infotainment di tengah kabin. Dashboard ditampilkan dengan perpaduan material panel kayu, lapisan kulit, serta alumunium brush. Pengaturan layar infotainment sudah menggunakan iDrive dari BMW dengan dukungan konektivitas Apple CarPlay.

6. Personalisasi Konfigurasi Penumpang 

Untuk penumpang belakang tersedia dua opsi kursi yaitu untuk tiga dan dua penumpang. Jika ingin diatur dengan format tiga penumpang, bagian tengah bisa dilipat untuk diduduki atau menjadi konsol tengah yang menyediakan cup holder dan pengontrol infotainment. Sementara untuk format dua penumpang alias 2+2, bagian tengah dapat diubah menjadi konsol tengah yang permanen.

7. Sistem Micro-Environment Purification

Selain kenyamanan, Rolls-Royce juga menghadirkan fitur yang mementingkan Kesehatan pengendara saat di dalam kabin Ghost 2021. Apalagi saat kondisi belakangan yang kurang kondusif akibat pandemic COVID-19, Ghost terbaru disematkan dengan Micro-Environment Purification System (MEPS). Teknologi penyaring udara yang lebih sempurna dengan Highly sensitive Impurity Detection Sensors dan mampu mendeteksi kualitas udara dalam kabin.

Rolls-Royce Ghost 2021

Fitur ini bisa meminimalisir virus COVID-19 dengan menjaga kualitas udara di kokpit. Bila tertangkap adanya kejanggalan, sistem langsung mengubah ke mode recirculation. Seluruh udara dialirkan melalui nanofleece filter, dapat menyaring partikel sangat kecil. Membuat udara dalam kabin menjadi bersih dalam waktu kurang dari 2 menit.

8. Mesin 

Jantung mekanis diseting Rolls-Royce sesuai keinginan konsumen. Banyak input agar unit menghasilkan torsi instan. Permintaan pun diwujudkan lewat mesin V12 turbocharger ganda berkubikasi 6,75 liter. Disetel agar berakselerasi cepat. Keluaran tenaga tertingginya 563 hp dan torsi maksimal 850 Nm yang sudah menendang pada putaran 1.600 rpm.

Sedan berbobot lebih dari 2,5 ton itu mampu sprint dari 0 km/jam sampai 100 km/jam dalam 4,8 detik. Sayangnya kecepatan puncak dibatasi, sampai 250 m/jam saja. Seluruh tenaga disalurkan ke seluruh roda melalui transmisi otomatis 8-percepatan. Selain itu tesedia pula Satellite Aided Transmission, fitur ini memanfaatkan data GPS untuk menentukan gear paling optimal untuk menghadapi tikungan di depan secara otomatis.

9. Sistem Suspensi Planar

Tim ahli Rolls Royce mendesain ulang suspense yang terdapat pada Ghost dengan Planar Suspension System. Terdapat penyesuaian pada Upper Wishbone Damper yang dipasangkan pada suspensi depan yang dihubungkan dengan sistem pendeteksi jalanan. Sistem secara otomatis akan membaca kondisi jalan, kemudian mengirimkan ke komputer untuk menyiapkan performa suspensi yang lembih saat melaluinya. Pada bagian belakang tertanam model five-link yang dapat diatur ketinggiannya.

Rolls-Royce Ghost 2021

10. Fitur canggih

Selain fitur hiburan yang tertanam pada kabinnya juga tersedia fitur-fitur yang memanjakan saat berada di balik kemudinya. Salah satunya adalah sistem pencahayaan dengan LED berteknologi laser yang mampu menyorotkan cahaya sampai 600 meter ke depan.

Selain itu tersedia pula Vision Assist yang dapat mendeteksi keberadaan objek di depan kendaraan (hewan dan pejalan kaki) baik siang maupun malam hari. Sehingga pengendara dapat menghindari terjadinya kecelakaan atau menabrak objek di depan saat berkendara. 

Rolls-Royce Ghost juga memiliki fitur Camera Panoramic View yang memudahkan pengendara saat parkir dan melewati jalanan sempit. Kamera tersebut akan menampilkan kondisi di sekeliling kendaraan ke layar hiburan di dalam kabin. Bahkan jika dibutuhkan, Rolls Royce Ghost 2021 juga dilengkapi dengan self parking yang memungkinkan kendaraan parkir secara otonom. Begitu pula saat Anda melakukan perjalanan jauh yang dapat menggunakan fitur semi otonom Active Cruise Control. Bahkan terselip head-up display agar pengalaman mengemudi lebih nyaman. Fitur keselamatan diperkuat Collision Warning, Cross Traffic Warning, Lane Departure dan Lane Change Warning.
(ALVANDO NOYA / WH)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda