Ditawarkan Mulai Rp 869,9 Juta, Apa Yang Berubah Dari Mazda CX-9 Terbaru?

JAKARTA, Carvaganza – Selain merilis CX-5 GT 2021, pada kesempatan yang sama Mazda Indonesia juga meluncurkan ke publik CX-9 paling anyar. Hadir dengan penampakan yang lebih segar baik untuk yang varian 2WD maupun yang AWD (All-Wheel Drive). Perubahan yang paling kentara dari tampilan adalah grille depan dengan bilah vertical berlapis kromium.

Unit penyegaran terbaru di varian New Mazda CX-9 AWD mendapatkan tambahan fitur berupa paddle shift sebagai standar. Kemudian wireless smartphone charger plus sistem koneksi nirkabel Apple CarPlay. Kemudian pelek berukuran sama, namun desain serta warna baru. Di bagian belakang, tersisip tailpipe lebih besar. Sementara di kabin, ia mendapatkan ubahan desain di bagian samping jok dan beberapa sentuhan baru pada bagian panel interior.

Agar konsumen tambah nyaman. Di dalam kabin New Mazda CX-9 diberi material Nappa Leather berwarna coklat pada keseluruhan bagian jok. Serta penggunaan Real Wood Panel pada beberapa bagian interior, agar mempertegas sentuhan kemewahan di dalam mobil. Semuanya itu masih diimbuhi sistem audio premium BOSE® 12 buah speaker. Lengkap dengan surround sound system Centerpoint 2® maupun ambient noise compensation AudioPilot 2® yang sudah dapat terintegrasi dengan smartphone.

New Mazda CX-9 AWD maupun 2WD menggunakan mesin bensin 2,5 liter plus induksi turbocharger di balik kap mesinnya. Teknologi mesin SKYACTV-G 2.5T diklaim sanggup memberi performa istimewa untuk berkendara sehari-hari. Ia dipadu transmisi pintar Skyactive-Drive 6 percepatan. Sebagaimana varian 2WD, dalam kondisi normal. Sistem penggerak CX-9 AWD dibilang sanggup meneruskan 100 persen tenaga ke roda depan. Namun saat terjadi selip, secara otomatis sistem AWD sontak membagi energi ke roda belakang secara simultan sesuai dengan traksi yang dibutuhkan.

Mazda CX-9 2021

Soal pengendaliannya, sebagaimana di model Mazda lain. CX-9 mendapatkan fitur G-Vectoring Control Plus atau GVC+. Dalam laju kendaraan serta ketangkasan, klaim Mazda, sangat membantu pengendaraan istimewa di berbagai kondisi jalan. Hal ini juga terkait dengan jaminan keselamatan bagi pengguna, berupa teknologi canggih pada i-Activsense.

Fitur-fitur keselamatan itu kalau dibedah lebih detail amat beragam. Antara lain mulai dari sistem pengereman ABS, EBD dan Brake Assist (BA), Dynamic Stability Control dan Traction Control, Hill Launch Assist (HLA) dan Emergency Stop Signal (ESS). Termasuk juga perangkat keselamatan pasif berupa enam titik airbag, ISOFIX dan juga struktur rangka kuat SKYACTIV-BODY. Selain itu masih ada pula Adaptive Front-lighting System (AFS), Blind Sport Monitoring (BSM) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Smart City Brake Support (SCBS) dan Driver Attention Alert (DAA).

Lalu bagian penghibur telinga. Rasa premium itu terdengar pula dari sistem konektivitas dan infotainment garapan BOSE. Itu sudah sangat mumpuni, jadi Anda tak perlu lagi membawanya ke instalatur audio. Perangkat terkandung 12-speaker tersebar sudut kabin. Hiburan berpusat pada head unit layar sentuh 8 inci di tengah. Di dalamnya tersisip MZD Connect untuk berbagai sambungan.

Mazda CX-9 2021

“Meski pandemi Covid-19 belum usai. Kami tetap berkomitmen untuk terus memberikan produk terbaik bagi konsumen Mazda di Indonesia. Setelah diluncurkan pada 2018 dan mendapatkan tambahan varian pada 2020. New Mazda CX-9 terus mendapatkan sambutan luar biasa dari konsumen otomotif Indonesia. Untuk itu kami kembali melakukan penyegaran dan menambahkan fitur terkini pada New Mazda CX-9 AWD sebagai SUV termewah Mazda di Indonesia,” ucap Ricky Thio, Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia.

Lantas berapa harga baru yang ditaging untuk SUV bongsor ini? Untuk versi 2WD seharga Rp 869,9 juta dan untuk versi AWD dilepas Rp 998,8 juta on the road Jakarta. (ANJAR LEKSANA/EZ)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda