Dapat ‘Surat Cinta’ Dari Porsche, Singer Hapus ACS dari Daftar Mobil yang Dipajang di Situs Resminya

JAKARTA, CARVAGANZA - Singer Vehicle Design dikenal sebagai rumah modifikasi penghasil mobil Porsche custom yang sangat luar biasa. Mereka berhasil merestorasi banyak sekali Porsche tua secara sempurna. Tak sedikit pula yang mendapat modifikasi secara brilian sehingga terlihat bahkan lebih memikat ketimbang versi aslinya.

Salah satu karya terbarunya adalah ACS (All-terrain Competition Study). Mengambil inspirasi dari Porsche 959 dan Porsche Safari 911s, Porsche membuat mobil rally dari Porsche klasik. Dibantu oleh Porsche rally expert Richard Tuthill, Singer desain mengonversi Porsche 964 menjadi monster rally yang begitu hebat.

Singer ACS Porsche

Namun belum lama ini Singer mendapat ‘Surat Cinta’ dari Porsche berisi teguran keras kepada Singer untuk menghapus logo dan tulisan nama brand Porsche dari mobilnya itu. Seperti yang kami kutip dari Carscoops, perwakilan Porsche mengatakan, “Kami senang komunitas penggemar Porsche terus bertumbuh. Merekalah yang menjadikan mobil-mobil Porsche lawas masih bisa dinikmati di jalanan hingga kini. Tapi kami juga punya tanggung jawab kepada setiap konsumen kami untuk memastikan bahwa produk yang kami desain dan rancang dapat dikenali dengan mudah dan jelas. Itu sebabnya kami hanya membolehkan produk buatan kami sendiri atau produk yang telah mendapat lisensi dari kami untuk memakai nama Porsche.”

Akibat teguran ini, Singer Vehicle Design terpaksa menghapus ACS dari daftar mobil yang dipajang di situs resminya. Hingga kini memang belum ada tanggapan dari pihak Singer kepada Carscoops mengenai masalah ini. Mungkin bila Singer ingin kembali memajang produknya itu di situs resminya, Singer wajib menghapus nama Porsche dari mobilnya. Masalahnya, nama Porsche dipahat di salah satu panel di bagian sisi mobil modifikasinya itu. Sehingga menghapus nama Porsche di mobil itu tidak semudah dan secepat yang dibayangkan.

Singer ACS Porsche

Menariknya, ACS bukanlah satu-satunya hasil modifikasi Singer yang mengemban nama Porsche di badan mobilnya. Banyak hasil konversi Porsche 911 klasik buatan mereka yang mendapat tulisan Porsche di bodi mobil. Bagaimana dengan nasib mobil-mobil itu? Karena nama Porsche di mobil-mobil itu bukan sekedar tempelan stiker belaka.

Belum lagi, teguran ini menjadi sinyal kalau mulai saat ini Singer dilarang secara permanen menggunakan nama Porsche lagi pada mobil-mobil modifikasi karya mereka. Padahal setiap produk karya Singer Vehicle Design seluruhnya adalah pesanan konsumen. Tak terkecuali dengan ACS yang dipesan oleh dua orang konsumen penggemar berat Porsche.

ACS Dibekali dengan mesin 6-silinder segaris yang bertenaga 450 hp. Tenaganya itu disalurkan ke keempat roda melalui transmisi 5-speed sekuensial dan three limited-slip differentials. Monster rally klasik hasil modifikasi Singer dengan performa offroad yang dapat diandalkan ini bisa dimiliki dengan harga yang tentunya tidak murah. Sayangnya, uang tersebut tak cukup untuk menebus emblem Porsche di bodi mobil.

Singer All-Terrain Competition Study (ACS)

Singer ACS Porsche

Singer All-Terrain Competition Study (ACS), membawa image tangguh dan kasar ala pejuang reli dakar. Belakangan ini mungkin sering ditemukan 911 yang dibikin jangkung dan bersepatu kasar. Alirannya disebut “Safari”, menyuntikkan ketangguhan mobil segala medan di tubuh Neunelfer.

Memang bukan hal asing di keluarga Porsche sebab dalam sejarahnya ada hubungan platonis dengan medan tak beraspal. Terutama di era 1980-an saat 911 SC/RS dan 959 berjuang di ranahnya masing-masing yakni reli Group B dan Paris Dakar. Pun mundur lagi ke belakang, 911 perdana berkompetisi di ajang Monte Carlo Rally 1965.

Namun, Singer ACS tampak membuat gaya modifikasi Safari terlihat culun. Tidak tanggung-tanggung, wujudnya seolah terinspirasi dari 959 legendaris Paris Dakar Rally. Terutama pada area buritan, pahatan spoiler terintegrasi fender menutup punggung bongkok 911 sehingga tampil memanjang bak 959. Proporsinya jelas berubah, dibikin jangkung dan terpasang sepatu gambot di balik coakan sepatbor yang membesar. Terlihat lucu sekaligus gahar.

Tentu bukan sekadar gaya, eksekusi modifikasi mendukung fungsionalitasnya sebagai kontestan dalam pertarungan di medan berat – contohnya Baja 1000. Rancang bangun monokok model 911 generasi 964 keluaran 1990 diperkuat untuk keperluan off road. Di samping itu, Panel bodi diganti ke bahan serat karbon yang mudah dilepas-pasang sekaligus memberikan akses mudah ke kolong. Dari situ, semua elemen pendukung diterapkan.

Dapat dilihat di bumper depan melekat komponen seperti kumis samping atau kaki anjing laut. Bagian ini berguna sebagai mud guard, mencegah cipratan air terlempar ke bodi saat ia menceburkan diri ke genangan. Pun di belakang, sayap tinggi bantu mengalirkan ke mesin flat six berpendingin udara. Postur tubuh bertambah lewat suspensi dengan ayunan panjang berikut twin 5-way adjustable damper di setiap sisi. Sudah jangkung, pelek 16 inci terbungkus ban BF Goodrich All-Terrain mengisi ruang sepatbor. Menutup komponen penghela laju berupa monoblock steel disc brake dengan gigitan dari kaliper empat piston. Komplet rem tangan hidrolis pula demi kemudahan bermanuver di trek.

Urusan pemacu dan potensi tidak dilupakan. Unit flat-six 3,6 liter berpendingin udara disokong twin turbo dan dapat disetting sesuai keperluan. Basisnya kuat, minimal siap hidangkan tenaga sebesar 450 hp dan torsi puncak 560 Nm. Penyaluran kekuatan terlaksana menuju empat roda secara permanen via girboks sequential 5 percepatan. Bukan itu saja, tersemat Limited Slip Differential (LSD) untuk membatasi diferensiasi putaran antara dua sisi penyaluran. Terpasang di tengah, poros depan, dan poros belakang demi traksi maksimum di seluruh roda.

Singer ACS Porsche

Perlengkapan khusus pun diboyong untuk memberikan kapabilitas tinggi saat berkompetisi. Termasuk di dalamnya tangki bensin jarak jauh dan dua ban cadangan. Pilot dan co-pilot dilindungi oleh roll cage serta bangku bucket seat yang sesuai dengan spesifikasi regulasi FIA. Sebagai tambahan, sistem rehidrasi disediakan untuk pengemudi dan navigator plus sistem GPS khusus balap. Dalam mengembangkan All-Terrain Competition Study ini Singer tidak bekerja sendiri. Mereka gandeng spesialis kompetisi offroad Richard Tuthill demi memenuhi keinginan sang pelanggan. Prestasinya tentu tidak dapat dipandang sebelah mata. Pada 2019 East Africa Safari Classic ia bungkus posisi keempat melewati 5.000 km di sekitar Kenya dan Tanzania. Kesuksesan ini dibarengi dengan keahlian dari dunia WRC dan Paris-Dakar.

Cocok dengan tujuan pembuatan Singer ACS. Modifikasi ditujukan sesuai keinginan pelanggan agar dapat berkompetisi di balap off-road sekaligus mendemonstrasikan kemampuan melibas segala medan dalam jarak jauh. Well, sang pelanggan misterius itu bahkan memesan dua versi. Model berkelir Parallax White dibuat untuk reli kecepatan tinggi di gurun pasir. Sementara itu, satu lagi dalam balutan Corsica Red ditujukan untuk event di atas aspal.

Tentang Singer Vehicle Design

Singer Vehicle Design Porsche

Tukang restorasi Porsche ini tentu tidak asing. Didirikan oleh Rob Dickinson (ya, Rob Dickinson sang penyanyi), SVD fokus restorasi dan modifikasi Porsche 911 964, dengan prinsip ‘Semuanya Penting!’ Perhatian terhadap detail setiap komponen yang dikerjakan membuat Singer sulit ditandingi dan sanggup membungkam mulut para purist Porsche.

Prosesnya dimulai saat memesan. Mobil donor bisa dibawa sendiri oleh konsumen, atau dicarikan oleh SVD. Dari situ, proses panjang restorasi dan modifikasi bergerak. SVD akan membuat komponen body dari bahan carbon fiber untuk memangkas bobot. Interior dipasangi jok sesuai keinginan empunya mobil, dengan kualitas tingkat dewa ala Singer.

Kelar urusan pilih tema desain, beralih ke buritan mobil. Kualitas dan detail pengerjaan juga berlaku untuk mesin dan suspensi. Untuk mesin, Singer menggandeng Cosworth, Ed Pink Injector (penyuka modifikasi pasti paham siapa Ed Pink). Terakhir, setelah melihat kualitas mobil Singer, Williams Engineering ikut andil dalam rekayasa. Dan mobil yang ikut didesain oleh Williams jadi yang paling mahal. Bicara mahal, Singer tentu tidak mematok harga, karena semua tergantung mau seperti apa bentuk akhir 911. Tapi rumor yang beredar, paling murah adalah US $475 ribu. Termahal menyentuh US $1,1 jutaan. CARVAGANZA / RS

Artikel yang direkomendasikan untuk anda